Home / Militer

Rabu, 17 Agustus 2022 - 16:25 WIB

Semangat Perjuangan Amankan Batas NKRI, Satgas Yonif 126/KC Laksanakan Patroli Patok di Perbatasan RI-PNG

Foto: Satgas Pamtas Yonif 126/KC

Foto: Satgas Pamtas Yonif 126/KC

NYATANYA.COM, Keerom – Dalam rangka mempertahankan keutuhan wilayah dan menegakan kedaulatan negara di perbatasan RI-PNG, personel Satgas Yonif 126/KC yang dipimpin langsung oleh Dansatgas Yonif 126/KC Letkol Inf Dwi Widodo, S.H., M.Han. melaksanakan Patroli Patok yang berada di Kampung Banda, Distrik Waris, Kabupaten Keerom.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif 126/Kala Cakti, Letkol Inf Dwi Widodo, S.H., M.Han. dalam rilis tertulisnya di Distrik Senggi, Papua, Rabu (17/8/2022).

Dansatgas Pamtas Yonif 126/KC Letkol Inf Dwi Widodo mengatakan, kegiatan patroli ke tapal batas Negara ini adalah merupakan salah satu tugas pokok Satgas Pamtas Yonif 126/Kala Cakti yaitu memastikan tidak begesernya patok perbatasan antara Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan Papua New Guinea (PNG).

Baca juga   KPK Tetapkan Dua Tersangka Suap Proyek di Papua, Salah Satunya Gubernur Dua Periode
Foto: Satgas Pamtas Yonif 126/KC

Selain itu dengan kegiatan patroli menuju patok perbatasan negara ini diharapkan dapat meminimalisir atau mencegah dan mengatasi apabila terdapat ancaman dari pihak asing maupun kegiatan kriminalitas lintas batas di wilayah perbatasan antar kedua negara.

“Salah satu tugas Satgas Pengamanan Perbatasan RI-PNG Yonif 126/Kala Cakti adalah menjaga keutuhan wilayah perbatasan negara serta menghadapi kemungkinan timbulnya segala bentuk ancaman terhadap kedaulatan Negara yaitu dengan melaksanakan patroli patok perbatasan Negara,” jelas Dansatgas.

Baca juga   Komandan Korem 072/Pamungkas Terima Tim BPK RI

Ditambahkan, kegiatan ini dilaksanakan sekaligus untuk mengetahui dan memastikan kondisi Patok Batas Negara tidak bergeser ataupun rusak, karena hal ini menyangkut tentang keutuhan wilayah NKRI,” ucap Dansatgas.

Di akhir kegiatan, Dansatgas Yonif 126/KC mengucapkan DIRGAHAYU KE-77 REPUBLIK INDONESIA dan berterima kasih kepada anggotanya yang telah ikut dalam melaksanakan patroli tersebut.

“Terima kasih kepada rekan-rekan Satgas Yonif 126/KC atas pelaksanaan patroli patok ini, kita akan laksanakan kegiatan ini secara rutin dalam upaya menjaga stabilitas keamanan di wilayah perbatasan serta menjaga patok tersebut dari kerusakan,” tutup Dansatgas. (*)

Share :

Baca Juga

Foto: Satgas Yonif Mekanis 203/AK

Militer

Minimnya Tenaga Pendidik di Pegunungan Tengah, Satgas Yonif Mekanis 203/AK Jadi Guru di Sekolah
Foto: Pen Kodim 1710/Mimika

Militer

Kerja Nyata! Babinsa Koramil 1710-07/Mapurujaya Bantu Pembangunan Rumah Warga
Danrem 072/Pamungkas (Danrem 072/Pmk) Brigjen TNI Afianto mengikuti upacara peringatan HUT ke-76 TNI di wilayah DIY secara virtual di Akademi Angkatan Udara. (Foto: Penrem 072)

Militer

Danrem 072/Pamungkas Ikuti Upacara Peringatan HUT ke-76 TNI Secara Virtual
Foto: Satgas Yonif Raider 142/KJ

Militer

Membangun Papua, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 142/KJ Lakukan Komsos dengan Tomas
Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman menerima penganugerahan tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Utama dari Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Foto: Dispenad

Militer

Kasad Terima Bintang Bhayangkara Utama dari Polri
Wadan Ramil 05/Pakualaman memberikan Wawasan Kebangsaan Tentang Penguatan Nilai Pancasila kepada pegawai Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Wirogunan Yogyakarta, Sabtu (18/6/2022). Foto: Ist

Militer

Wadan Ramil 05/Pakualaman Memberikan Wawasan Kebangsaan Tentang Penguatan Nilai Pancasila
Satgas Yonif Raider 142/KJ melakukan kegiatan anjangsana di Puskesmas Dabra, Kampung Dabra, Distrik Mamberamo Hulu, Kabupaten Mamberamo Raya, Provinsi Papua Pegunungan, Senin (2/1/2023). Foto: Satgas Yonif Raider 142/KJ

Militer

Satgas Yonif Raider 142/KJ Lakukan Anjangsana ke Puskesmas Dabra, Ini yang Dilakukan
Prajurit Yon 512/QY berikan pelajaran tambahan anak-anak perbatasan. (Foto: Penerangan Yon 512/QY)

Militer

Satgas Yonmek 512/QY Berikan Pelajaran Tambahan Kepada Anak-Anak di Perbatasan Papua