Home / Panggung

Rabu, 5 Januari 2022 - 10:02 WIB

Seni dan Budaya Donoharjo Kembali Menggeliat

Lantunan Panembrama Sekar Ageng Kenya Kediri Ketawang Kinanti Soba Kastawa Slendro 9 ciptaan Sudarmin Kertodikromo pada acara sarasehan Seni Budaya dan Nembang Panembromo di Kalurahan Donoharjo, Kapanewon Ngaglik, Kabupaten Sleman, Senin (3/1/2022). (Foto:Upik Wahyuni/KIM Donoharjo)

Lantunan Panembrama Sekar Ageng Kenya Kediri Ketawang Kinanti Soba Kastawa Slendro 9 ciptaan Sudarmin Kertodikromo pada acara sarasehan Seni Budaya dan Nembang Panembromo di Kalurahan Donoharjo, Kapanewon Ngaglik, Kabupaten Sleman, Senin (3/1/2022). (Foto:Upik Wahyuni/KIM Donoharjo)

NYATANYA.COM, Sleman – Pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak Maret 2020 membawa banyak efek negatif bagi masyarakat. Adanya pembatasan-pembatasan aktivitas untuk mencegah penularan memberi dampak yang sangat terasa. Salah satu sektor yang paling terdampak adalah seni dan budaya.

“Banyak kegiatan terhenti. Pementasan dan latihan tidak bisa dilakukan sehingga pengembangan seni budaya menjadi terhambat. Setelah vakum sekitar 2 tahun kita akan bangkitkan kembali kegiatan tersebut,” ujar Sudarmin Kertodikromo, pemilik sanggar seni Kertodikromo saat berbicara di Sarasehan Seni Budaya dan Nembang Panembromo di Kalurahan Donoharjo, Kapanewon Ngaglik, Kabupaten Sleman, Senin (3/1/2022).

Purnawirawan TNI AL ini mengaku senang dengan digelarnya sarasehan seni budaya ini.

“Membuktikan bahwa pemerintah kalurahan sangat responsif untuk menggali dan mendukung seluruh bentuk aktivitas seni budaya,” ungkapnya.

Baca juga   Roadshow Keroncong Svaranusa Digelar di Balkondes Wanurejo

Sudarmin mengatakan, sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan seni budaya, Sanggar Seni Kertodikromo sangat terbuka kepada siapa saja untuk berlatih seni peran, ketoprak, karawitan, wayang orang, gejog lesung, tari, menulis naskah, belajar makeup, tata busana, tata panggung untuk pementasan dan lain-lain.

“Sanggar kami terbuka untuk belajar seni budaya tanpa dipungut biaya. Silakan datang bersama komunitas baik itu para pemuda, ibu-ibu, bapak-bapak, pamong kalurahan, atau siapa saja bisa latihan di sanggar kami,” ajak Sudarmin.

Hadi Rintoko, Lurah Donoharjo menyampaikan bahwa seni budaya adalah salah satu potensi unggulan di wilayahnya. Hari ini digelar sarasehan untuk menggali seni dan budaya yang sejak dahulu Donoharjo dikenal sebagai gudangnya para seniman.

Baca juga   Super Moon Festival Digelar Daring di Omah Mbudur

Pihaknya, akan bangkitkan kembali kejayaan itu agar membawa banyak manfaat ke depannya. Dengan sarasehan ini diharapkan menjadi terobosan untuk menggugah kesadaran terutama generasi muda akan pentingnya budaya dan budi pekerti bangsa yang merupakan warisan para leluhur dan jati diri bangsa.

“Selain itu dengan acara ini akan menciptakan kebersamaan dalam melestarikan seni budaya di Donoharjo. Kalau bukan kita siapa lagi yang akan melestarikan warisan yang adiluhung ini,” tegas Hadi Rintoko.

Sarasehan diakhiri dengan lantunan Panembrama Sekar Ageng Kenya Kediri Ketawang Kinanti Soba Kastawa Slendro 9 ciptaan Sudarmin Kertodikromo sendiri. Tembang ini menceritakan sejarah awal berdirinya Kalurahan Donoharjo dan gambaran kemakmuran warganya yang senantiasa hidup rukun di bawah lindungan Tuhan.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Ganjar Pranowo mengunjungi rumah sekaligus studio Mbah Tris dan Mbah Ning di Solo. Foto: Humas Jateng

Panggung

Maestro Wayang Beber Hadiahi Ganjar Pranowo ‘Cindelaras’ karena Alasan Ini
Penampilan Tari Sumringah dari Srikandi Dance Squad. Foto: Dok.MKF 2022

Panggung

From Hands to Something, MKF 2022 Masa Depan Kriya dalam Metaverse
Ilustrasi pentas musik. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menegaskan penyelenggaraan ajang musik dan ekonomi kreatif sudah dapat digelar dengan syarat menerapkan protokol kesehatan (prokes) serta vaksinasi lengkap karena situasi pandemi Covid-19 semakin terkendali.(Foto: Agoes Jumianto)

Panggung

Menparekraf Tegaskan Ajang Musik Sudah Dapat Digelar, Tapi Ada Syaratnya
Via Vallen. Foto: nyatanya.com/Instagram viavallen

Panggung

Via Vallen Curi Perhatian dengan Baju NKRI Harga Mati
Yossie Riyani dan Anang GSG. (Foto: Dokumentasi pribadi)

Panggung

Sukses dengan “Kenyo Yogya” Yossie Riyani Rilis “Selalu Bahagia”
Sound of Borobudur. (Foto: nyatanya.com/media_twc)

Panggung

Sound Of Borobudur-Music Over Nations: Menggali Jejak Persaudaraan Lintas Bangsa Melalui Musik
Devina Bertha berbagi inspirasi modelingnya dalam Jakarta X Beauty yang digelar di Jakarta Convention Centre. Foto: Dok.NET

Panggung

NET Buka Pendaftaran Indonesia’s Next Top Model Cycle 3, Devina Buka Rahasia Sukses Tembus Ajang Ini
Talk Show Launching Gendhing Soran Volume 1 dan Beksan Anak Keraton Yogyakarta. (Foto:kratonjogja.id)

Panggung

Talk Show Launching Gendhing Soran Volume 1 dan Beksan Anak Keraton Yogyakarta