Home / Peristiwa

Selasa, 19 Juli 2022 - 09:48 WIB

Sensor Alarm Gagalkan Upaya Pelarian Narapidana di Padang

Foto: ANTARA

Foto: ANTARA

NYATANYA.COM, Padang – Sistem sensor alarm di Rumah Tahanan Anak Air di Padang, Sumatera Barat, dapat menggagalkan pelarian narapidana bernama Richard, pada Senin (18/7/2022) sekira pukul 17.00 WIB.

Warga binaan pemasyarakatan itu diciduk oleh petugas saat sedang sembunyi di luar blok hunian, dan hendak memanjat tembok pembatas rumah tahanan.

“Saat mendekati tembok pembatas, pergerakannya tertangkap oleh alat sensor yang langsung membunyikan alarm,” kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manisia (Kemenkumham) Sumatera Barat, R Andika D Prasetya, yang didampingi Kepala Rumah Tahanan Padang, Muhammad Mehdi, di Padang, Senin (18/7/2022).

Mendapati bunyi alarm, kata Andika, maka komandan tim jaga beserta petugas piket langsung mendatangi titik lokasi sensor untuk memeriksa.

“Saat itu didapati R sedang bersembunyi di dekat tembok yang diduga kuat tengah mencari akal untuk memanjat tembok rumah tahanan, ia langsung ditangkap petugas,” katanya.

Baca juga   Hiu Paus Botubarani Diberi Nama Sandiaga Salahudin Uno

Saat diinterogasi petugas, akhirnya R yang berasal dari daerah Jambi mengakui dia memang berniat untuk kabur dari rumah tahanan sore itu.

Ia beralasan nekat kabur karena ada kasus baru yang kembali menjerat dia yaitu penggelapan sepeda motor, sementara hukuman untuk kasus pencurian selama satu tahun yang sedang dijalani saat ini belum habis.

“Jadi yang bersangkutan kabur karena ada kasus baru yang menjerat dirinya, dia takut akan lebih lama di dalam penjara,” katanya.

Mehdi mengatakan, akan menjatuhkan sanksi terhadap R yang hendak melarikan diri, karena tergolong pelanggaran berat.

Beberapa sanksi itu yaitu memasukkan R ke instalasi F tempat sel isolasi atau pengasingan, serta mencabut hak-hak warga binaan seperti pengurangan hukuman (remisi), pembebasan bersyarat, cuti bersyarat, dan lainnya.

Baca juga   Wkwkwk, Anggota Paskibraka Ini Curhat ke Ganjar Tak Bisa Cuci Baju

Ia menceritakan upaya R untuk melarikan diri dilakukan saat ia keluar dari blok hunian bersama warga binaan lain saat shalat Ashar berjemaah di masjid dalam lingkungan rumah tahanan.

Alih-alih shalat berjemaah, ia malah melompat ke belakang masjid dan berusaha melarikan diri dari Rumah Tahanan Padang.

Beruntung sistem keamanan berbasis teknologi yang diterapkan di Rumah Tahanan Padang berhasil mendeteksi pergerakan R, sehingga upayanya kabur berhasil digagalkan.

Prasetya mengatakan pemanfaatan teknologi memang sengaja diterapkan untuk mendukung tugas pengamanan serta pengawasan di Rumah Tahanan Padang.

“Alat sensor sudah dipasang di berbagai titik, saat ada yang lewat maka langsung terdeteksi sekaligus memicu alarm peringatan. Jangankan manusia, burung pun akan tertangkap oleh sensor,” katanya.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Bantuan paket sembako bagi pelaku wisata di wilayah Magelang sektor selatan. (Foto:nyatanya.com/Humas Magelang)

Peristiwa

Pelaku Wisata Kabupaten Magelang Selatan Terima Bantuan Sembako
Taksi yang terlibat kecelakaan di Jalan Yogya-Wates dievakuasi Tim Rescue Basarnas Yogyakarta. (Foto: Dok.Basarnas)

Peristiwa

Adu Banteng Taksi vs Minibus di Kulon Progo, Dua Penumpang Terjepit Kendaraan
Sinergi BUMN Peduli menyerahkan 325 ponsel bagi siswa-siswi SD sampai SMA di DIY dan Jateng. (Foto: dokumentasi media_twc)

Peristiwa

Sinergi BUMN Peduli Pendidikan, Serahkan Ponsel Bagi Pelajar di DIY Jateng
Sembari gowes pagi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyempatkan mampir, meninjau pelaksanaan vaksinasi. (Foto:Humas Jateng)

Peristiwa

Sejumlah Difabel Antusias Ikuti Vaksinasi
Ganjar Pranowo cukur gundul sebagai dukungan pada anak-anak pejuang kanker saat merayakan Hari Kanker Anak Sedunia. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Cukur Gundul untuk Semangati Anak Penyintas Kanker, Ganjar: Bangun Solidaritas Lebih Penting
(ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/rwa)

Peristiwa

Vaksinasi Covid-19 Anak Secara Lantatur
Para pekerja seni di Grobogan menerima bantuan sembako. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Jika Diizinkan Manggung, Pekerja Seni Grobogan Siap Jalankan Prokes Ketat
Penandatanganan naskah kerjasama BPJS dengan UNY dan UPN. (Foto: Dedy Herdito)

Peristiwa

BPJS Kesehatan Tandatangani Kerjasama dengan UNY dan UPN