Home / Peristiwa

Jumat, 14 Oktober 2022 - 22:12 WIB

Sepanjang 2022, Polda Jateng Ungkap 23 Penambangan Ilegal dan Amankan 22 Tersangka

Sejumlah alat berat disita polisi terkait penambangan ilegal di wilayah Jawa Tengah. Foto: Humas Polda Jateng/Tribratanews

Sejumlah alat berat disita polisi terkait penambangan ilegal di wilayah Jawa Tengah. Foto: Humas Polda Jateng/Tribratanews

NYATANYA.COM, Semarang – Sepanjang 2022, Satgas Puser Bumi Polda Jawa Tengah mengungkap aksi illegal mining atau penambangan liar, dan berhasil menangkap 22 tersangka. Tidak hanya itu, polisi juga menyita 26 alat berat dan 43 truk.

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan 23 kasus yang diungkap jajarannya itu berasal dari Polres Pati, Polres Magelang, Polres Klaten dan juga Ditreskrimsus.

Baca juga   Dua Ribu Warga Lereng Merapi Terima Vaksinasi Pertama

Pernyataan itu dikatakan saat berada di Mako Brimob Satbrimob Polda Jateng di Pati, Kamis (13/10/2022).

Kapolda Jateng menjelaskan illegal mining merusak lingkungan sekitar dan mengancam masa depan bangsa. Sehingga, harus dilakukan penegakan hukum sesuai aturan yang berlaku.

“Bahwa lingkungan hidup itu menjadi perhatian dari pemerintah. Tidak hanya bapak presiden, bahkan DPR/MPR juga menjadi pemerhati terkait lingkungan hidup. Ini penting sekali, karena dampaknya pada generasi yang akan datang. Oleh karena itu, jajaran Polda Jawa Tengah berkomitmen untuk melakukan operasi dengan kita bentuk Satgas Puser Bumi,” terang Ahmad Luthfi.

Baca juga   Festival Bonsai Jadi Media Promosikan Blora

Para tersangka dikenakan UU Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara ancaman hukuman maksimal lima tahun penjara dan denda paling banyak Rp100 miliar. (*)

Share :

Baca Juga

Permintaan pasar jamur tiram di wilayah Magelang cukup tinggi, yakni mencapai 500 ton lebih setiap minggunya. Sedangkan produksi jamur tiram dari para petani hanya sekitar 50 kilogram per hari. (Foto: humas/beritamagelang)

Peristiwa

Petani Jamur Magelang Kewalahan Penuhi Permintaan Pasar

Peristiwa

Kobarkan Api Perjuangan, Bacaleg PDIP Jogja Kunjungi Rumah Kelahiran Bung Karno
Foto: Puspenkum

Peristiwa

Dua Tersangka Korupsi Tabungan Perumahan TNI AD Siap Disidang
Truk yang disopiri Nyamin (36) warga Rejosari, Kadenan, Grobogan, Jawa Tengah terjebak banjir lahar dingin. (Foto: Istimewa)

Peristiwa

Truk Penambang Pasir Terjebak Banjir Lahar Dingin di Sungai Gendol Cangkringan, Sopir Selamat
Danramil Tegalrejo Mayor Asil memberikan ucapan HUT ke-75 kepada Kapolsek. (Foto: nyatanya.com/istimewa)

Peristiwa

Geruduk Polsek, Prajurit Koramil Tegalrejo Beri Ucapan HUT ke-75 Bhayangkara
Wali Kota Salatiga Yuliyanto memberikan legalitas aset (sertifikat) kepada 50 pelaku UMKM yang ada di Salatiga. (Foto: MC Kota Salatiga)

Peristiwa

50 pelaku UMKM Kota Salatiga Terima Sertifikat Hak Atas Tanah
Dinas Lingkungan Hidup bersama komunitas relawan SAR Grabag menanam ribuan pohon di lereng Gunung Andong di Desa Tirto, Kecamatan Grabag, Jumat (25/2/2022). (Foto: humas/beritamagelang)

Peristiwa

Kurangi Emisi Gas Rumah Kaca, 5.000 Pohon Ditanam di Lereng Andong
Banjir yang terjadi di wilayah Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur, mengakibatkan satu orang meninggal dunia. (Foto: BPBD Kabupaten Jember)

Peristiwa

Banjir Landa Jember, Satu Warga Meninggal dan 1 Lainnya Dilaporkan Hilang