Home / Wisata

Minggu, 19 September 2021 - 21:30 WIB

Sepeda Elektrik dan Scooter Ramaikan Wisata Malam Candi Borobudur

Para pelaku dan pegiat pariwisata saat mencoba sepeda elektrik dan scooter, dengan latar belakang Candi Pawon. (Foto: Humas/beritamagelang)

Para pelaku dan pegiat pariwisata saat mencoba sepeda elektrik dan scooter, dengan latar belakang Candi Pawon. (Foto: Humas/beritamagelang)

NYATANYA.COM, Magelang – Transportasi wisata di Kabupaten Magelang, terutama di sekitar Candi Borobudur, semakin lengkap dengan kehadiran Borobudur Scooter Electrik (BSE).

Sebelumnya sudah ada aneka jenis sepeda, andong, jeep dan VW, saat ini bertambah armada baru berupa 40 sepeda elektrik dan 20 scooter. Dalam waktu dekat, akan datang kembali sebanyak 20 scooter dari Singapura.

Borobudur Scooter Electrik digagas oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Borobudur. Salah satu tujuannya, adalah untuk meramaikan wisata malam di sekitar Kawasan Candi Borobudur.

“Kami hadir untuk menambah alternatif armada wisata di sekitar Borobudur. Terutama untuk armada wisata saat malam hari,” kata Anang Sipon, Ketua Pokdarwis Desa Borobudur yang juga salah satu pendiri Borobudur Scooter Electrik (BSE), saat launching BSE di TIC Borobudur, Minggu (19/9/2021).

Baca juga   Dinas Kominfo Magelang Klarifikasi Isu Peretasan LPSE Kudus

Pihaknya berharap, melalui armada BSE ini, wisatawan yang datang untuk berlibur di sekitar Candi Borobudur bisa semakin betah.

“Kami berharap, tambahan variasi armada wisata ini, membuat wisatawan semakin kerasan tinggal berlama-lama di Borobudur. Dengan begitu, akan banyak uang yang dibelanjakan di sini. Pada akhirnya, kesejahteraan masyarakat semakin meningkat,” harapnya.

Kepala Bidang Promosi dan Kelembagaan Pariwisata Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang, Gunawan Andi mengapresiasi apa yang dilakukan Pokdarwis Desa Borobudur tersebut.

Baca juga   Kapolres Magelang AKBP Sajarod Dorong Peningkatan Layanan Masyarakat

“Kami sangat mengapresiasi hal ini. Inovasi dan kreativitas seperti inilah yang patut dicontoh. Pandemi Covid-19 jangan membuat kita lemah dan nglokro (putus asa), justru harus optimis, berkreasi dan berinovasi,” imbuhnya.

Pihaknya optimis, inovasi yang dilakukan Pokdarwis Desa Borobudur akan memperkaya atraksi wisata di sekitar Borobudur. Dengan beragam atraksi wisata tersebut, diharapkan semakin membuat wisatawan semakin berlama-lama tinggal di Borobudur.

“Kami yakin, melalui armada ini akan membuat wisatawan yang berkunjung ke Borobudur, semakin kerasan. Hal-hal seperti ini (inovasi dan kreativitas) harus selalu dilakukan oleh para pelaku dan pegiat pariwisata,” pungkasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso dan manajemen PT TWC saat ujicoba penggunaan Aplikasi PeduliLindungi di Candi Borobudur. (Foto: Humas/beritamagelang)

Wisata

Candi Borobudur Gelar Simulasi Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi
Pelaku wisata di Bukit Cinta menerima bantuan sembako dari Pemkab Semarang. (Foto:Diskominfo Kab Semarang)

Wisata

Pelaku Wisata di Bukit Cinta Terima Bantuan Sembako
Ternyata belum semua wisatawan menginstal plikasi PeduliLindungi sebagai syarat mengunjungi Candi Borobudur. (Foto: Humas/beritamagelang)

Wisata

Masih Banyak Wisatawan Belum Instal Aplikasi PeduliLindungi
Grafis: nyatanya.com

Wisata

Jogja International Batik Biennale Kembali Digelar
Pendataan situs di Candimulyo oleh Disdikbud Kabupaten Magelang. (Foto: HUmas/beritamagelang)

Wisata

Disdikbud Magelang Data Sejumlah Situs Kuno Candimulyo
(nyatanya.com/Media Center Keraton Yogyakarta)

Wisata

Penutupan Wisata Keraton Yogyakarta Diperpanjang
Wisata Adventure Lembah Tapal Batas Mesir hadir untuk wisatawan yang menyukai tantangan. (Foto: Humas/beritamagelang)

Wisata

Baru di Magelang, Wisata Adventure Lembah Tapal Batas Mesir
Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menerima secara simbolis bantuan posko Gumaton dari Pertamina. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wisata

Dukung Pariwisata Yogya, Pertamina Serahkan Posko Gumaton