Home / Peristiwa

Senin, 28 Juni 2021 - 12:32 WIB

Sepuluh Desa dan Kelurahan di Jateng ini Bersih Narkoba

Ganjar Pranowo hadiri Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2021 di kantornya. (Foto: nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Ganjar Pranowo hadiri Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2021 di kantornya. (Foto: nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

NYATANYA.COM, Semarang – Sepuluh desa dan kelurahan di Jawa Tengah didapuk jadi Desa Bersih dari Narkoba (Bersinar). Ini kesepuluh desa dan kelurahan yang ‘Bersinar’ : Kelurahan Sekayu (Kota Semarang), Kelurahan Kraton (Kota Tegal), Desa Gandasuli (Purbalingga), Desa Gombolharjo (Cilacap), Desa Blondo (Kabupaten Magelang), Kelurahan Manding (Temanggung), Desa Kecepak (Batang), Desa Sumberejo (Kendal), Desa Karangtengah (Banyumas), dan Kelurahan Baluwarti (Surakarta).

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, berharap gerakan ini direplikasi untuk mempersempit ruang gerak peredaran barang haram itu di wilayahnya.
Menurutnya, desa-desa tersebut diharapkan jadi pionir untuk desa lain dalam penangkalan penyebaran narkoba. Dalam dialognya bersama para pemangku wilayah itu, Ganjar mengungkapkan keprihatinan akan penyalahgunaan narkoba.

“Ternyata di desa itu ada jenis narkoba baru yang saya juga baru dengar, seperti pil anjing, pil buto ijo. Mereka kebanyakan meramu sendiri. Mereka mencoba-coba obat batuk, obat pusing, yang diramu dengan minuman keras, itu sudah masuk ke anak-anak. Ini serius. Maka saya sambut baik, dari BNN dan BNNP gerakan di level desa dengan gerakan Desa Bersinar,” ungkap Ganjar Pranowo seusai menghadiri peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2021 di kantornya, Senin (28/6/2021).

Baca juga   Korban PHK PT Woneel Midlas Leathers Berharap Diberi Pesangon yang Sesuai
Brigjend Polisi Purwo Cahyoko. (Foto: nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Ganjar berharap, inisiasi Desa Bersinar dapat ditiru oleh desa atau kelurahan lain di Jateng. Sehingga, hal ini dapat menangkal peredaran narkoba di pelosok desa dan menyelamatkan generasi muda.

Ia berharap, antarkepala desa dan lurah bisa berbagi pengalaman untuk menghambat peredaran narkoba di wilayah masing-masing. Ganjar mengaku salut dengan beberapa kades dan lurah yang proaktif, dan memanfaatkan media sosial untuk sosialisasi.

Seperti yang diterapkan Lurah Sekayu Kota Semarang, Teguh Budi Raharjo yang memanfaatkan media Whatsapp untuk sosialisasi. Selain itu, di kelurahan tersebut juga menerapkan penandatanganan komitmen untuk menolak peredaran narkoba.

“Teman-teman kades, lurah bisa berbagi pengalaman mereka. Bahkan mereka tahu yang pakai (di wilayah mereka) siapa, jenis-jenisnya, bisa mengklasifikasikan yang elit pakai sabu, yang endek-endekan pakai pil anjing, buto ijo. Ketika sudah tahu, maka kita gerakkan berbagai tokoh yang berkepentingan, seperti ulama, pemerintah. Ajak keluarga, anak muda untuk lakukan pencegahan. Kalau sudah terlibat, kita bina, treatment untuk tinggalkan narkoba,” ujarnya.

Baca juga   Meski Tak Gampang Jadi Paskibraka, Namun Ada Nilai dan Kebanggaan Luar Biasa Dirasakan Arsi

Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Tengah Brigjend Polisi Purwo Cahyoko mengatakan, program Desa Bersinar akan direplikasi di wilayah lain. Pada 2021, ia berharap akan ada 50 desa atau kelurahan yang akan menjadi “Bersinar”.

“Harapan kita dengan adanya Desa Bersinar, desa itu bisa membentengi dari jaringan narkoba yang beredar di desa. Target saya untuk selama 2021 bisa tercapai masing-masing kabupaten yang sudah dibina BNK-nya itu tambah empat (desa), jadi lima (desa). Harapannya bisa lima kali lipat, 50 (desa) lah,” paparnya.

Ditambahkan, berdasar pengalaman BNNP Jateng, desa atau kelurahan yang berpotensi disasar peredaran narkoba memiliki ciri tersendiri. Di antaranya, banyak hiburan malam, seperti karaoke, tempat pijat yang disasar oleh pengedar. Namun demikian, jika masyarakat dan aparat bersinergi menangkal, hal itu dapat ditangkal.(*)

Share :

Baca Juga

Burung haruai yang diamankan dari salah satu warga di Kelurhan Belimbing Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong. (Foto: MC Tabalong/Dano Nafarin)

Peristiwa

Burung Langka Haruai Berhasil Diamankan KPH Tabalong
Foto: Humas Jateng

Peristiwa

Tradisi Yaa Qowiyyu Meriah, Ganjar: Kita Kangen Suasana Seperti Ini
Risma mengunjungi keluarga korban KKB di Jalan Gubeng Masjid, Surabaya, Senin (7/3/2022). (Foto: selalu.id)

Peristiwa

Mensos Risma Kunjungi Keluarga Korban Kerusuhan Papua di Surabaya
Tersangka FR (21) dan DF (18) yang menghabisi nyawa Bayu Samudera atau BS (21) dihadirkan dalam konferensi pers yang digelar Polda Metro Jaya. Foto: Ist

Peristiwa

Sejoli di Tangerang Bunuh Mantan Pacar Gara-gara Sering Ajak Hubungan Intim
Untuk mempertahankan dan mengembangkan usaha yang berjalan dengan sistem daring, mengelola informasi agar terhindar dari hoaks dan disinformasi dinilai sebagai sesuatu yang perlu. (Foto: InfoPublik.id)

Peristiwa

Menarik Manfaat Teknologi Informasi pada Masa Pandemi Covid-19
PT Angkasa Pura/AP II berhasil mencapai penilaian sangat baik dari Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam kategori tata kelola perusahaan (Good Corporate Governance/GCG). (Foto: AP II)

Peristiwa

AP II Dapat Nilai Sangat Baik dalam Tata Kelola Perusahaan dari BPKP
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Sri Sultan Berharap Aset Negara Beri Manfaat Ekonomi dan Sosial
Satgas Covid-19 Baturraden bubarkan kerumunan di hari pertama PPKM Darurat. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Patroli PPKM Darurat, Satgas Covid-19 Baturraden Bubarkan Keramaian