Home / News

Rabu, 2 Maret 2022 - 22:56 WIB

Sepuluh Puskesmas di Blora Siap Layani Pengobatan Penderita HIV

Sebanyak sepuluh pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Blora kini sudah bisa melayani pengobatan warga yang menderita penyakit HIV (human immunodeficiency virus). (Foto: MC Kab.Blora/Teguh)

Sebanyak sepuluh pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Blora kini sudah bisa melayani pengobatan warga yang menderita penyakit HIV (human immunodeficiency virus). (Foto: MC Kab.Blora/Teguh)

NYATANYA.COM, Blora – Sebanyak sepuluh pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Blora kini sudah bisa melayani pengobatan warga yang menderita penyakit HIV (human immunodeficiency virus).

Puskesmas yang melayani pengobatan warga dengan penyakit HIV di antaranya Puskesmas Japah, Tunjungan, Ngawen, Doplang, Menden, Jiken dan Puskesmas Sambong.

“Di sepuluh puskesmas itu sudah ada petugas pelayanan pengobatan termasuk konseling bagi penderita HIV,”’ ujar Kepala Dinas Kesehatan Blora Edi Widayat, melalui Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Sutik, Rabu (2/3/2022).

Bagi yang dinyatakan positif HIV, Sutik meminta mereka melakukan pengobatan rutin dengan mengonsumsi obat antiretroviral (ARV).

Obat yang diberikan gratis tersebut bisa diperoleh di puskesmas maupun di rumah sakit. Sutik menjelaskan, HIV yang tidak segera ditangani akan berkembang menjadi kondisi serius yang disebut AIDS (acquired immunodeficiency syndrome).

Baca juga   Jelang Nataru, Petugas Gabungan Pantau Stok Pangan dan Harga Sembako

AIDS adalah stadium akhir dari infeksi HIV. Pada tahap ini, kemampuan tubuh untuk melawan infeksi sudah hilang sepenuhnya.

“Dengan pengobatan ARV ini kalau penderita HIV hamil, kemungkinan besar tidak akan menularkan penyakitnya pada bayi yang dikandungnya. Selain itu, daya tahan tubuh akan semakin meningkat,’’ tandas Sutik.

Lebih lanjut Sutik menjelaskan, Dinas Kesehatan Blora bersama puskesmas, selama ini aktif melakukan deteksi dini penderita HIV. Salah satunya dengan menggelar kegiatan voluntary counselling and testing (VCT) mobile. Dia mengungkapkan, dari kegiatan VCT mobile yang dilakukan pada Ferbuari 2022, ditemukan 17 orang penderita baru HIV.

Baca juga   Hari Kesaktian Pancasila, Veteran Blora Dapat Voucher Pertamax dari Pertamina

Menurutnya, sasaran VCT adalah kelompok yang rentan tertular penyakit HIV/AIDS. Yakni, para pekerja seks komersial (PSK) serta warga binaan atau narapidana di rumah tahanan negara (Rutan) Blora.

“Kegiatan digelar rutin setiap tahun.Pada bulan Februari lalu kami memeriksa 239 orang dalam VCT mobile. Mereka adalah para PSK dan warga binaan rutan. Dari kegiatan itu ditemukan sebanyak 17 orang penderita HIV,” ungkap Sutik.

Dia menambahkan, jumlah tersebut mengalami penurunan dibanding temuan tahun lalu yang mencapai sebanyak 27 orang.

(N1)

Share :

Baca Juga

Pemkot Yogya dan PT Tokopedia melaksanakan penandatanganan kesepakatan kerjasama tentang kerja sama pembangunan ekonomi daerah, penyelenggaraan layanan publik dan pengembangan ekosistem digital di Kota Yogyakarta. Foto: Humas Pemkot Yogya

News

Tandatangani MoU dengan Pemkot Yogya, Tokopedia Bantu UMKM Kembangkan Pasar Digital
Foto: Diskominfo Wonosobo

News

Ingat Lur, Jangan Gampang Terjebak Investasi Bodong Nggih
Ilustrasi:nyatanya.com

News

Di Klaten Positif Covid-19 Tembus 665 Kasus Perhari
Letusan Merapi pada 2021 dimulai sejak 4 Januari 2021 dan berlangsung hingga saat ini berupa pertumbuhan kubah lava, pembentukan awan panas dan guguran lava. (Foto: BPPTKG)

News

BPPTKG: Status Siaga, Belum Ada Tanda Letusan Gunung Merapi Berakhir
Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat Yogyakarta melalui Tepas Panitikisma selaku penanggungjawab aset-aset Keraton, tengah melakukan pemuliaan Alun-alun Utara dengan melakukan penggantian pasir. (Foto: Istimewa)

News

Keraton Yogyakarta Lakukan Pemuliaan Alun-alun Utara, Begini Penjelasan Tepas Panitikisma
Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Tengah Haerudin. Foto: Diskominfo Jateng

News

Jateng Terus Antisipasi Penyebaran Khilafatul Muslimin, Begini Kata Kepala Kesbangpol Haerudin
Presiden Jokowi. Foto: BPMI Setpres

News

Soal Kasus Brigadir J, Presiden: Usut Tuntas Tanpa Keraguan
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo membuka Pelatihan Pengelolaan Parkir dan Penyerahan Sarana Pendukung Parkir. (MC Kab.Sleman)

News

Tarik Tarif saat Idulfitri, Bupati Sleman Minta Pengelola dan Juru Parkir Tertib pada Aturan