Home / Peristiwa

Selasa, 19 Juli 2022 - 10:00 WIB

Sepuluh Satwa Endemik Asal Papua Dipulangkan dari Jawa Tengah

Sepuluh ekor satwa liar dilindungi hasil penyerahan masyarakat, dipulangkan atau ditranslokasi kembali ke Papua Barat oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah. Foto: Biro Humas KLHK

Sepuluh ekor satwa liar dilindungi hasil penyerahan masyarakat, dipulangkan atau ditranslokasi kembali ke Papua Barat oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah. Foto: Biro Humas KLHK

NYATANYA.COM, Semarang – Sepuluh ekor satwa liar dilindungi hasil penyerahan masyarakat, dipulangkan atau ditranslokasi kembali ke Papua Barat oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah.

“Tujuan translokasi satwa disesuaikan dengan asal habitatnya, yaitu provinsi Papua Barat melalui Balai Besar KSDA Papua Barat di Sorong,” ujar Kepala Balai KSDA Jawa Tengah, Darmanto, dalam keterangan resminya, Senin (18/7/2022).

Menurut Darmanto, sepuluh satwa tersebut antara lain satu ekor Kasturi Kepala Hitam (Lorius Lory), satu ekor Nuri Bayan (Eclectus Roratus), enam ekor Kakatua Koki (Cacatua Galerita), dan dua ekor Kakatua Raja (Probosciger Aterrimus).

Penyerahan satwa dilindungi dari masyarakat kepada pemerintah ini dinilai perlu mendapatkan apresiasi yang sebesar-besarnya karena merupakan bentuk partisipasi masyarakat membantu pemerintah dalam upaya pelestarian satwa.

Baca juga   Diskominfo Sukoharjo dan The Park Mall Solo Baru Gelar Workshop Digital Anantara

“Balai KSDA Jawa Tengah terus menggalakkan kegiatan sosialisasi dan penyuluhan tentang perlindungan dan pelestarian jenis tumbuhan dan satwa liar kepada masyarakat di Jawa Tengah, baik secara formal maupun melalui media sosial serta meningkatkan koordinasi dan kerja sama dengan instansi terkait dalam hal pengawasan peredaran tumbuhan satwa liar di Povinsi Jawa Tengah,” jelasnya.

Lebih lanjut Darmanto menjelaskan, proses translokasi satwa melibatkan sejumlah pihak, yaitu Balai Karantina Pertanian Kelas I Semarang, Dinas Pertanian Kota Semarang, Balai Veteriner Kelas A Semarang, Balai Besar KSDA Papua Barat, PT Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani Semarang, PT Garuda Indonesia CSC Semarang, serta mendapat dukungan penuh dari Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem melalui Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati di Jakarta.

Baca juga   Ribuan Anak SD di Yogya Sikat Gigi Serentak Peringati HKGN 2022

Translokasi satwa ke Provinsi Papua Barat itu menggunakan pesawat Garuda Indonesia dan dalam pengangkutannya telah dilengkapi dengan berbagai dokumen pendukung, seperti hasil uji PCR dan uji serologis dari Balai Veteriner Kelas A Semarang yang menyatakan bahwa semua satwa kondisi sehat/ bebas flu burung (Avian Influenza); Surat Keterangan Kesehatan Satwa (SKKH) dari Dinas Pertanian Kota Semarang; Sertifikat Kesehatan dari Balai Karantina Pertanian Kelas I Semarang; dan Surat Angkut Tumbuhan Satwa Liar Dalam Negeri (SATS-DN) dari Balai KSDA Jawa Tengah.

“Kegiatan translokasi ini merupakan rangkaian Road to Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) Tahun 2022 dengan tema: “Bhavana Satya Alam Budaya Nusantara: Memupuk Kecintaan Pada Alam dan Budaya Nusantara”,” katanya menandaskan.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat membuka program Bunda Mengajar 4 di Balai Kota. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

SGM dan HI DIY Perluas Program ‘Bunda Mengajar’ di Tiga Kelurahan Ini
Pelaku curanmor RB digelandang petugas. Pelaku akan dijerat dengan Pasal 363 KUHP juncto Pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara. (Foto: Dok.Polres Kulon Progo)

Peristiwa

Curi Motor di Kulon Progo, Warga Temanggung Ditangkap di Banjarnegara
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/aww.

Peristiwa

Foto: Operasi Patuh Agung 2022 di Bali
Hujan dengan intensitas tinggi dan angin kencang terjadi di wilayah Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo, pada Sabtu (8/1/2022). Hujan lebat juga memicu terjadinya longsor hingga merusak satu unit jembatan. (Foto: BNPB)

Peristiwa

Hujan Lebat, Satu Jembatan di Pohuwato Gorontalo Ambrol
Dirpoilairud Polda Kaltara, Kombes Pol. B. Wirawan. Foto: tribratanews

Peristiwa

Langgar Batas Negara, Polda Kaltara Amankan Enam WNA di Perairan Sebatik
Musyawarah Cabang Kagama Sleman di Grha Sarina Vidi, Selasa (25/10/2022). Foto: Ist

Peristiwa

Eka Suryo Prihantoro, Ketua Kagama Sleman Masa Bakti 2022-2027
Enam orang nelayan asal Sumatra Utara yang ditangkap oleh Otoritas Malaysia dipulangkan melalui Pelabuhan Penyeberangan Internasional Batam Centre, sedangkan 2 nelayan lainnya dipulangkan melalui Bandara Soekarno-Hatta. (Foto: Dok.KKP)

Peristiwa

Delapan Nelayan Indonesia yang Ditangkap Otoritas Malaysia Dipulangkan
Operasi Zebra Candi 2021 Polres Blora diisi dengan kegiatan bakti sosial. (Foto: MC Kab. Blora/Teguh)

Peristiwa

Operasi Zebra Candi 2021, Polres Blora Buka Gerai Masker dan Baksos