Home / News

Selasa, 5 September 2023 - 00:22 WIB

Serahkan Petisi ke Pj Walikota, PSI Kota Yogyakarta Desak Pemkot Segera Atasi Problem Sampah

Kader PSI Kota Yogyakarta sampaikan petisi soal sampah kepada Pj Walikota Singgih Raharjo. (Foto: Istimewa)

Kader PSI Kota Yogyakarta sampaikan petisi soal sampah kepada Pj Walikota Singgih Raharjo. (Foto: Istimewa)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Sembilan kader PSI (Partai Solidaritas Indonesia) Kota Yogyakarta menemui Pj Walikota Yogyakarta, Singgih Rahardjo, Senin (4/9/2023).

Mereka datang ke Balaikota untuk menyampaikan hal yang berkaitan dengan problem sampah yang masih menjadi persoalan serius di Yogyakarta.

Para kader PSI yang dikoordinasi oleh ketua DPD Kota Yogyakarta, Denny Irawan SH ini membacakan dan menyerahkan petisi tentang problem sampah yang tak kunjung usai selama lebih dari 10 tahun di Kota Jogja.

Para kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Yogyakarta ini merupakan representasi suara dan aspirasi dari ribuan warga di Kota Yogyakarta sehingga mempunyai tugas, fungsi serta tanggungjawab moral sosial untuk menyampaikan dan memperjuangkan aspirasi dari warga masyarakat yang disampaikan kepada Pemerintah Kota Yogyakarta.

Dalam pertemuan sekitar satu jam itu PSI mendesak Pj Walikota Yogyakarta yang terumuskan dalam 3 poin penting.

Pertama, Pemerintah kota didesak untuk segera merealisasikan langkah-langkah penanganan yang bersifat lebih progresif dan komprehensif dan selambatnya dalam waktu 1 tahun ke depan untuk menyediakan sarana dan prasarana yang didukung dengan peralatan teknologi canggih untuk melakukan proses pengolahan dan daur ulang sampah dengan skala besar secara memadai.

Baca juga   Hari ini 16 warga Kecamatan Secang Magelang Meninggal Covid-19

Kedua, persoalan sampah di DIY khususnya di Kota Yogyakarta ini dianggap telah menjadi permasalahan extra-ordinary dan sangat fundamental khususnya bagi citra wajah Yogyakarta.

Oleh karena itu PSI mendesak Pemerintah Kota Yogyakarta untuk segera membentuk Tim Khusus Penanganan Sampah guna memastikan seluruh unsur aparatur yang ada di dalam Dinas Pemerintahan Kota Yogyakarta menjalankan Tupoksinya dengan lebih serius, efektif dan maksimal.

Dengan demikian, diharapkan tidak ada lagi aktivitas atau pelaksanaan program Pemerintah yang hanya bersifat seremonial atau formalitas di tengah masyarakat, dan apalagi membebankan solusinya hanya kepada masyarakat.

Sebab penanganan masalah sampah ini harus dilakukan secara sistematis, menyeluruh dan berkesinambungan dimana Pemerintah Daerah/Kota-lah yang memiliki wewenang dan tanggung jawab besar untuk memimpin penyelesaiannya bersama warga.

Baca juga   Prambanan Jazz 2023, dari Dewa 19 sampai Gipsy Kings by Andre Reyes, Ini Line Up Lengkapnya

Ketiga, PSI mendesak Pemerintahan Kota Yogyakarta beserta Dinas terkait di Kota Yogyakarta segera menjalankan semua aturan, kebijakan dan regulasi yang telah ada, bukan dengan cara-cara yang normatif namun secara lebih progresif, efektif dan efisien.

Dalam responnya Singgih Rahardjo menerima dengan sangat positif petisi dari PSI tersebut dan menganggap hal itu sebagai masukan penting untuk jajarannya yang segera akan direspons dan ditindaklanjuti.

Dalam kesempatan itu terjadi perbincangan yang serius dan fokus antara Pj Walikota dan para kader PSI.

Adapun perwakilan kader PSI Kota Yogyakarta itu antara lain Denny Irawan SH, Wahyu Suwarsih, Rio Prista, Wahyu arianto, Norma Prasetyarini, Sulisdiyanto, Yosua Lapudooh, Hendro Nugroho, dan Kuss Indarto. (N1)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi: nyatanya.com

News

Per Jumat 11 Februari 2022, Kasus Sembuh Covid-19 Tambah 15.767 Orang, Meninggal 100 Orang
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Foto: Tribratanews

News

Survei LSI: Mayoritas Publik Puas Kinerja Polri Tangani Kasus Brigadir J
(MC Diskominfo Prov Jatim)

News

OJK Luncurkan Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia 2021 – 2025
Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Kecamatan Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, memicu terjadinya luapan Sungai Cisunggalah, Rabu (10/11/2021) yang menyebabkan sebagian permukiman warga terendam banjir. (Foto: BPBD Kabupaten Bandung)

News

Bandung Banjir, Waspada! Hujan Lebat Masih Berpotensi Sampai Besok
Foto: Angkasa Pura I

News

Penumpang di Bandara Adisutjipto Yogyakarta Melonjak, Ternyata Ini Penyebabnya
Penampakan awan panas guguran Gunung Merapi, Selasa (17/8/2021) pukul 07.01 WIB. (Foto:BPPTKG)

News

Gunung Merapi Erupsi, Meluncur ke Arah Kali Bebeng
Foto: Istimewa

News

Kebut Digitalisasi, Telkom Buka Lowongan 11 Bidang Pekerjaan untuk 250 Posisi
Konsultasi Publik Proyek jalan tol Yogyakarta - Bawen di Desa Tampir Kulon, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang, Selasa (18/1/2022). (Foto: Diskominfo Jateng)

News

Ganti Rugi Jalan Tol Yogyakarta – Bawen, Ini Komponen dan Tahap-tahapnya