Home / Olga

Minggu, 6 Maret 2022 - 13:16 WIB

Serangan Umum 1 Maret 1949, RAPI Wilayah 05 Gelar Fun Bike Hari Penegakan Kedaulatan Negara

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo melepas bendera start peserta RAPI Fun Bike 2022 di Stadion Maguwoharjo, Minggu (6/3/2022). (Foto: Slamet)

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo melepas bendera start peserta RAPI Fun Bike 2022 di Stadion Maguwoharjo, Minggu (6/3/2022). (Foto: Slamet)

NYATANYA.COM, Sleman – Kekalahan Jepang atas Sekutu dalam Perang Dunia Kedua, telah membuka kesempatan bagi bangsa Indonesia untuk memproklamasikan dirinya pada tanggal 17 Agustus 1945 menjadi bangsa yang merdeka dan bedaulat dalam suatu Negara kesatuan Republik Indonesia.

Namun kemerdekaan dan kedaulatan bangsa Indonesia tersebut mengalami banyak tantangan dan berjalan penuh dengan perjuangan, sebab bangsa Belanda menolak kedaulatan Republik Indonesia dan bermaksud menguasai kembali wilayah RI, membonceng tentara Sekutu yang bertugas melucuti senjata dan memulangkan bala-tentara Jepang.

Serangan Umum 1 Maret 1949 menyasar Kota Yogyakarta yang saat itu dikuasai Belanda. Selama enam jam, pasukan Indonesia berhasil menduduki Yogyakarta.

Melalui serangan tersebut, TNI dan Republik Indonesia berhasil menunjukkan eksistensinya di dunia internasional.

Momen Serangan Umum 1 Maret 1949 telah menginspirasi kita sebagai warga negara Republik Indonesia tentang sebuah kerelawanan dan kegigihan dalam sebuah perjuangan tanpa mengenal pamrih dalam mencapai sebuah tujuan mulia.

Baca juga   Pebulutangkis Asal Papua Chico Aura Juara Tunggal Putra Malaysia Masters 2022

Hal inilah yang mendasari Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Wilayah 05 dalam memperingati dan menghayati peristiwa bersejarah tersebut menggelar sejumlah agenda kegiatan, salah satunya Fun Bike.

RAPI Fun Bike 2022, Minggu (6/3/2022). (Foto: Slamet)

Mengambil tajuk Serangan Umum 1 Maret 1949 RAPI Fun Bike 2022, dengan tag line “Dari Jogja, NKRI Tetap Berdaulat”, event yang digelar Minggu (6/3/2022) pagi tadi diikuti sekitar 1.500 orang.

Digelar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, kegiatan RAPI Fun Bike 2022 dilepas oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dengan mengibarkan bendera start di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Ketua Panitia RAPI Fun Bike 2022, Yohanes Suhardi berharap, kegiatan fun bike ini menjadi ruang untu penanaman nilai-nilai kepahlawanan, keperintisan, serta kerelawanan.

Baca juga   Rumah Pesinden Kondang Anik Sunyahni Dirusak DC, Anaknya Dianiaya

“Kegiatan RAPI Wilayah 05 Kabupaten Sleman ini merupakan prakarsa bersama dalam rangka tasyakuran dengan dikukuhkannya tanggal 1 Maret sebagai Hari Penegakkan Kedaulatan Negara dan akan menjadi agenda tahunan RAPI Wilayah 05 Kabupaten Sleman,” terang Suhardi.

RAPI saat ini, sebagai organisasi nirlaba yang diakui pemerintah yang bergerak dalam bidang komunikasi radio, anggotanya harus selalu siap dan tanggap untuk ikut serta membantu pemerintah dan masyarakat dalam penanggulangan bencana alam maupun bencana sosial sesuai kompetensinya di bidang informasi dan komunikasi.

“Anggota RAPI adalah manisfestasi dari pahlawan di masa sekarang, dimana kita harus menjaga spirit kepahlawanan dari para pahlawan yang kita wujudkan dengan kerja nyata melayani masyarakat, pungkas Suhardi.

(Aja)

Share :

Baca Juga

Wapres Ma'ruf Amin secara resmi membuka Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua yang dilakukan di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua pada Jumat (5/11/2021) malam. (Foto: Tangkapan Layar Youtube/Untung Sutomo/InfoPublik)

Olga

Wapres Optimis Peparnas Sukses Digelar Seperti PON Papua
Ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu melaju ke perempat final cabang bulutangkis Olimpiade Tokyo 2020. (Foto:nyatanya.com/noc indonesia)

Olga

Greysia/Apriyani Melaju ke Perempat Final Olimpiade Tokyo 2020
Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menguji lampu Stadion Jatidiri Kota Semarang, Kamis (10/2/2022) malam. Lampu berkekuatan 2.500 lux telah mampu menerangi seluruh sudut stadion. (Foto: Diskominfo Jateng)

Olga

Diuji Coba, Lampu Berkekuatan 2.500 Lux Kini Terangi Stadion Jatidiri Semarang
Orang-orang melintasi layar yang menampilkan logo Piala Dunia Qatar 2022, di jalanan New Arbat, pusat kota Moskow di Rusia, Selasa (3/9/2019). Logo tersebut ditampilkan di ruang publik di Qatar dan kota-kota besar seluruh dunia. (AP Photo/Pavel Golovkin)

Olga

Resmi! Emtek Group Pegang Hak Siar Piala Dunia Qatar 2022
Kemenpora beri bonus untuk PBSI, PABSI dan NPC atas sejumlah prestasi yang diraihnya. (Foto: Bagus/Humas Kemenpora)

Olga

Kemenpora Beri Bonus untuk PBSI, PABSI dan NPC
Ilustrasi. Pembalap Mario Aji bersalaman dengan Presiden Jokowi, ia mendapatkan surprise ucapan selamat ulang tahun. Ia juga mendapatkan pesan khusus dari Presiden Joko Widodo. (Foto:istimewa/selalu.id)

Olga

Presiden Jokowi Akan Serahkan Trofi MotoGP di Sirkuit Mandalika
Ketua Harian PB PON XX Papua Yunus Wonda. (Foto : Humas PB PON/Erwin)

Olga

Kisruh di Sasana Tinju, PB PON XX Papua Minta Maaf
Pelatih timnas Vietnam Dinh The Nam dan pelatih timnas Hongkong, Cheung Kin Fung saat konferensi pers di di Hotel Platinum, Surabaya, Selasa (13/9/2022). Foto: selalu.id

Olga

Kontra Hongkong, Vietnam Ambisi Raih Poin Penuh di Kualifikasi Piala AFC U20