Home / Peristiwa

Rabu, 25 Agustus 2021 - 13:14 WIB

Serap Dana Rp720 Juta, Empat Proyek PSU Wukirsari Diserahkan

Wakil Bupati Bantul, Joko B. Purnomo menghadiri serah terima proyek insfrastruktur PSU (Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum) dari Dinas PUP-ESDM Pemda DIY di Kalurahan Wukirsari. (Foto: Humas Kab Bantul)

Wakil Bupati Bantul, Joko B. Purnomo menghadiri serah terima proyek insfrastruktur PSU (Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum) dari Dinas PUP-ESDM Pemda DIY di Kalurahan Wukirsari. (Foto: Humas Kab Bantul)

NYATANYA.COM, Bantul – Wakil Bupati Bantul, Joko B. Purnomo hari ini menghadiri serah terima proyek insfrastruktur PSU (Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum) dari Dinas PUP-ESDM Pemda DIY di Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Imogiri, Kabupaten Bantul, Senin (23/8/2021).

Proyek insfrastruktur tersebut berasal dari program Pokok Pikiran Aspirasi Anggota DPRD DIY periode 2019-2024, Tustiyani. Dalam sambutannya, Tustiyani berharap dari 4 titik PSU yang dilakukan di Kalurahan Wukirsari semoga kedepannya dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Menanggapi serah terima PSU dengan alokasi dana Rp 180 juta per titik tersebut, Wakil Bupati menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi karena dengan adanya pembangunan empat titik PSU yang berasal dari program aspirasi Anggota DPRD DIY dapat membantu dalam mencukupi kebutuhan insfrastruktur pedesaan.

“Menyerahkan program pembangunan ini difasilitasi APBD Pemda DIY, apa yang nanti akam kita terima ini mari kita syukuri dan terima kasih khususnya Ibu Tustiyani karena melalui program pokok-pokok pikiran anggota dewan yang akhirnya dapat merealisasikan aspirasi masyarakat.” kata Wakil Bupati.

Baca juga   BPPTKG: Status Siaga, Belum Ada Tanda Letusan Gunung Merapi Berakhir

Selanjutnya Wakil Bupati mengatakan bahwa pemerintah itu akan memprioritaskan pembangunan bagi daerah-daerah yang membutuhkan pembangunan dan disitu ada sinergi yang baik antara masyarakat dan pemrintahnya.

“Saat ini program pembangunan sudah berubah sistemnya setelah reformasi yang tidak lagi bottom up, maka dipelukan simbiosis dan komunikasi yang baik antara masyarakat melalui lurah dengan stake holder,” kata Wakil Bupati.

Selanjutnya Wakil Bupati meminta kepada masyarakat untuk bisa-bisa membedakan antara kapan kita berbicara politik praktis dan kapan kita bicara pembangunan yang disitu tidak boleh dilakukan dikotomi dan digoreng menjadi sebuah isu.

“Karena program pokok pikiran anggota dewan atau program aspirasi anggota dewan ini juga dilindungi oleh Undang-undang,” tambah Wakil Bupati.

Baca juga   Hadirkan Tri Utami dan Endah Laras, Kuaetnika Gelar Musik 'Umbul Donga' Nyewu Djaduk Ferianto

Pembangunan PSU berupa pengecoran jalan di padukuhan Nogosari 1 dan Nogosari 2 yang masing-masing dengan total sepanjang 600 meter, proyek drainase sepanjang 224 meter di Padukuhan Dengkeng dan pembuatan talud sepanjang 26 meter setinggi 5 meter dan panjang 17 meter tinggi 2 meter di padukuhan Karang Talun, telah selesai dikerjakan.

Wakil Bupati berpesan agar masyarakat juga meningkatkan kesadarannya dalam menjaga dan merawat insfrastruktur yang telah ada.

“Setelah selesai pembangunan semoga masyarakat juga turut serta memelihara hasil pembangunan. Jangan melupakan pemeliharaan mari kita rubah karakter masyarakat yang juga peduli terhadap hasil pembangunan dengan menjaga dan memelihara. Seperti jalan yang sudah diperbaiki dijaga dipelihara jangan membiarkan kendaraan yang melebihi tonase lewat karena biaya perbaikan bisa lebih mahal daripada biaya yang didapatkan dari hasil pengoperasian jalan tersebut.” kata Wakil Bupati. (*)

Share :

Baca Juga

Restorasi Sosial Berbasis Bahasa Jawa di Aula Kalurahan Sukoharjo, Kapanewon Ngaglik, Kabupaten Sleman, Kamis (9/12/2021). (Foto: MC Kab Sleman)

Peristiwa

Restorasi Sosial Berbasis Bahasa Jawa
Perwakilan Komnas Ham RI usai pertemuan dengan Bupati dan pejabat setempat menyampaikan bakal mengumpulkan fakta-fakta di lapangan dan akan membantu selesaikan konflik di Wadas. (Foto: BBWS DIY)

Peristiwa

Beragam Pelanggaran HAM Dilakukan Warga Penolak Proyek Nasional, Komnas HAM Akhirnya Turun Tangan
Pengurus Ormas PEKAT IB membuat laporan ke Polda DIY. (Foto: istimewa)

Peristiwa

Gelar Demo Kibarkan Bendera Bintang Kejora, PEKAT IB Buat Laporan ke Polda DIY
Tim Tabur Kejaksaan Tinggi Kalteng bersama dengan Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Katingan mengamankan Wanto Sripo (42) yang merupakan buronan korupsi Dana Desa Kruing, Kabupaten Katingan. (Foto: dok. Puspenkum)

Peristiwa

Tim Tabur Kejaksaan Tinggi Kalteng Tangkap Buronan Korupsi Dana Desa
Acara 100 Tahun Karya Penerbit dan Percetakan Kanisius "Cita dan Karya Warnai Indonesia", Kamis (27/1/2022) di Ballroom Indraprasta, Sahid Jaya Hotel & Convention Yogyakarta. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Percetakan Kanisius Turut Andil Cerdaskan Kehidupan Bangsa
Ganjar Pranowo melihat pelaksanaan vaksinasi massal di GOR Tenis Indor dr Soetomo Cilacap. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Kasus Covid-19 di Cilacap Sudah Landai, Ganjar Minta Jangan Lengah
Tim tangkap buronan (Tabur) Kejaksaan Agung (Kejagung), bersama Tim Tabur Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan dan Tim Tabur Kejaksaan Negeri Makassar mengamankan Isman Lewa, buronan tindak pidana turut serta menggunakan akta yang dipalsukan. (Foto: Puspenkum Kejagung)

Peristiwa

Kejagung Tangkap Buronan Kasus Penggunaan Akta Palsu
Gudang perabotan rumah tangga yang menjadi tempat terduga teroris, di Jalan Margomulyo Indah Permai Blok A Nomor 44, Surabaya. Foto: selalu.id

Peristiwa

Polisi Geledah Gudang Tempat Bekerja Terduga Teroris di Surabaya