Home / Olga

Selasa, 5 Oktober 2021 - 14:33 WIB

Seratus Atlet Catur Memperebutkan 15 Medali Emas PON Papua

Sebanyak 15 medali emas akan diperebutkan dalam cabor catur PON XX. (Foto:McMrk)

Sebanyak 15 medali emas akan diperebutkan dalam cabor catur PON XX. (Foto:McMrk)

NYATANYA.COM, Merauke – Pertandingan Cabor Catur PON XX Papua mulai digelar di swiss Belhotel Merauke, Senin (4/10/2021), sebanyak 100 atlet dari 23 provinsi, akan memperebutkan 15 medali emas.

Pertandingan ini dibuka langsung oleh Bupati Merauke Romanus Mbaraka, bersama Kapolda Papua Irjen Polisi Mathius D. Pakiri.

Ketua Panpel Cabor Catur, Sonny Ropa kepada wartawan mengungkapkan bahwa, pertandingan yang diikuti 100 atlet dari 23 provinsi ini memperebutkan 15 medali emas dengan menggunakan sistem bertanding sampai habis.

Baca juga   DIY Targetkan 11 Medali di PON XX 2021 Papua

Menurutnya, pertandingan pertama dimulai dengan catur kilat dalam waktu 5 menit. Setelah itu dilanjutkan dengan catur cepat. Lalu catur beregu dan terakhir perorangan.

Sony Ropa mengaku bahwa, setiap atlet yang mewakili daerahnya dalam PON XX Papua ini dilakukan seleksi secara ketat. Diawali dari seleksi tingkat kecamatan, lalu kabupaten selanjutnya provinsi. Seleksi terakhir lewat Pra PON.

Berkaitan dengan peta persaingan, Sony Ropa menjelaskan bahwa, pemain yang tampil pada PON ini rata-rata sudah pernah membawa nama provinsi bahkan menjadi atlet nasional.

Baca juga   Satu Atlet PON Papua Klater Mimika Positif Covid-19

“Rata-rata yang datang ke sini memiliki kemampuan yang sama. Pertandingan ini sangat ketat dan sangat seru. Karena atlet yang ikuti pertandingan ini adalah atlet yang berkompeten dan yang seleksi dari awal sampai akhir provinsi,” terang dia.

Meski begitu, diakui Sony Ropa bahwa, ada beberapa kontingen yang sedikit menonjol seperti DKI Jakarta, Jawa Timur, Jabar termasuk Papua.

“Rata-rata bagus. Tapi tergantung kemampuan fisik dari atlet yang bertanding sekarang ini,” tambahnya. (*)

Share :

Baca Juga

Keluarnya izin Liga 1 dan 2 oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menurut Menpora Zainudin Amali salah satunya untuk mempersiapkan pembentukan timnas menuju FIFA World Cup U-20 tahun 2023. (Foto:Div Humas Mabes Polri)

Olga

Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 Digelar Tanpa Penonton dan Prokes Ketat
Menteri PUPR menyerahkan medali kepada para kontingen yang berhasil meraih pada final cabor Dayung di PON XX Papua. (Foto: Kementerian PUPR)

Olga

Venue Dayung PON Papua Diharap Cetak Atlet Kelas Dunia
Zoura Nebulani dan tim Wushu Jawa Barat. (Foto:MC Merauke)

Olga

Jabar Sabet Medali Emas Pertama dari Cabor Wushu
Tim kriket putri Papua akhirnya berhasil meraih medali emas pertama Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di nomor super sixes, setelah mengalahkan tim kuat Bali dengan skor 45-44 di laga final yang berlangsung di arena kriket Doyo Baru, Kabupaten Jayapura, Minggu (26/9/2021) sore. (Foto:Rayki/kemenpora.go.id)

Olga

Tim Kriket Putri Papua Sukses Sumbangkan Medali Emas Pertama PON XX
Acara bincang-bincang "Pengalaman Manis Kontingen PON XX" yang digelar secara daring dari Media Center Kominfo PON Papua di Klaster Jayapura, Kamis (14/10/2021). (Foto:Media Center Kominfo PON Papua)

Olga

Bayangan Suram tentang Papua Sirna Selama PON XX
Menpora Amali dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo. (Foto:Div Humas Mabes Polri)

Olga

Kapolri Keluarkan Izin Rekomendasi Liga 1 dan Liga 2
Seluruh Capaska yang mengikuti Diklat Paskibrakanas di PPPON Cibubur mengikuti vaksinasi ke-2. (Foto:rayki/kemenpora.go.id)

Olga

Jalani Vaksinasi ke-2, Kemenpora Ingin Capaska Jadi Contoh bagi Masyarakat
Ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan medali emas kemenangannya di Olimpiade 2020 Tokyo. (Foto: @Kemenag_RI)

Olga

Ternyata Segini Harga Rumah di PIK 2 untuk Greysia Polii/Apriyani Rahayu