Home / Peristiwa

Jumat, 27 Agustus 2021 - 05:00 WIB

Setelah Menunggu 21 Tahun, Ratusan Petani P3TR Bakal Miliki Sertifikat Tanah

Kepala BPN Kabupaten Semarang Arya Widya Wasista saat mendampingi kunjungan kerja Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) RI di Bandungan. (Foto: Diskominfo Kab Semarang)

Kepala BPN Kabupaten Semarang Arya Widya Wasista saat mendampingi kunjungan kerja Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) RI di Bandungan. (Foto: Diskominfo Kab Semarang)

NYATANYA.COM, Semarang – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Semarang akan menyelesaikan penerbitan sertifikat hak milik (SHM) atas 3.261 bidang tanah seluas 154,1 hektare yang digarap oleh petani anggota Paguyuban Petani Penggarap Tanah Rakyat (P3TR) di Kecamatan Bandungan.

Kepala BPN Kabupaten Semarang Arya Widya Wasista mengatakan, penyelesaian akan dilakukan bertahap sampai dengan akhir tahun ini.

“Proses penyelesaian tergantung pada kesiapan data pendukung,” kata Arya di sela-sela mendampingi kunjungan kerja Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) RI dalam rangka mengecek pelaksanaan redistribusi tanah di Desa Candi dan Kenteng Kecamatan Bandungan di Dusun Gintungan, Bandungan, Kamis (26/8/2021).

Baca juga   Bupati: Tingkatkan Ketrampilan Mitigasi Bencana untuk Kabupaten Bantul Tangguh Bencana

Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) RI Surya Candra mengatakan, kasus agraria di Bandungan merupakan salah satu dari 137 lokasi prioritas reforma agraria sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo. Penyelesaian kasus ini, menurut Wamen sangat penting, karena masyarakat sudah menunggu 21 tahun.

“Sebenarnya sudah digarap lama oleh masyarakat. Sudah efektif dan produktif dan Kita memberikan legalisasi terhadap apa yang sudah mereka miliki secara fisik,” terangnya.

Baca juga   Bantu Percepatan, DPRD Temanggung Gelar Vaksinasi Massal

Bupati Semarang Ngesti Nugraha, mendukung reforma agraria dan redistribusi tanah itu.

“Harapannya dapat meningkatkan kesejahteraan warga,” ujarnya.

Seperti diketahui, ratusan petani tergabung dalam P3TR dipimpin Sutrisno (Mbah Tris) menuntut hak pengelolaan tanah negara sejak 2000. Sebelumnya, tanah negara itu dikuasai PT Sinar Kartasura dengan hak guna usaha (HGU) yang berakhir pada 1998. (*)

Share :

Baca Juga

Para tersangka pelaku pencurian mobil pikup ditangkap Polres Bantul. Foto: Instagram @polresbantuldiy

Peristiwa

Komplotan Pencuri Mobil Pikup Asal Malang Didor Polisi Bantul
Warga negara Malaysia sekaligus General Manager PT Sawit Graha Manunggal atau SGM, Mohamed Bin Maidin (62) yang meninggal dunia di RSUD Tamiang Layang Minggu (6/2/2022) dan dinyantakan positif Covid-19, diduga terpapar virus tersebut di Banjarmasin. (Foto: mitra diskominfo kalteng/ely)

Peristiwa

Diduga Terpapar Covid-19 di Banjarmasin, Warga Malaysia Meninggal Dunia di Tamiang Layang
Bupati Sukoharjo, Etik Suryani saat meninjau pelaksanaan vaksinasi untuk lansia. Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng

Peristiwa

Sukoharjo Genjot Vaksinasi untuk Lansia
Workshop Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) #6 di Hotel The Alana Malioboro. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Wayang Jogja Night Carnival #6 Digelar dengan Prokes Ketat
Konsultasi Publik Pengadaan Tanah untuk kepentingan publik, di Aula Balai Desa Kandangan, Kabupaten Semarang, Senin (7/3/2022). (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Berkali-kali Terdampak Proyek Tol, Warga Kandangan Tetap Ikhlas Tanahnya untuk Tol Yogyakarta-Bawen
Sejumlah warga Desa Rejosari, Gondangrejo, Karanganyar berkumpul menunggu perkembangan sejumlah warga yang keracunan nasi box bukber Pucangsawit. (Foto:Ist)

Peristiwa

Korban Keracunan Bukber di Pucangsawit Solo Meluas ke Karanganyar, Begini Ceritanya
Danramil Tegalrejo menyambangi satpam SMUN 2 Yogya berikan motivasi dan semangat melalui Komsos. Foto:nyatanya.com/istimewa

Peristiwa

Melalui Komsos, Danramil Tegalrejo Berikan Motivasi Penjaga Sekolah
Pemerintah Kota Yogyakarta meraih penghargaan Top Digital Award 2021 terkait penerapan dan pemanfaatan teknologi informasi atau digital. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogyakarta Raih Penghargaan Top Digital Award 2021