Home / Peristiwa

Kamis, 9 September 2021 - 22:18 WIB

SGM dan HI DIY Perluas Program ‘Bunda Mengajar’ di Tiga Kelurahan Ini

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat membuka program Bunda Mengajar 4 di Balai Kota. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat membuka program Bunda Mengajar 4 di Balai Kota. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi membuka program pemberdayaan masyarakat Bunda Mengajar tahun ke-4, dalam rangka meningkatkan kapasitas kader untuk mengedukasi masyarakat di bidang kesehatan dan gizi.

Program yang digagas PT Sarihusada Generasi Mahardhika (SGM) dengan Human Initiative (HI) DIY itu pada tahun ini diperluas di tiga kelurahan di Kota Yogyakarta, Kelurahan Bumijo, Kelurahan Kricak dan Kelurahan Wirobrajan.

“Semoga gerakan Bunda Mengajar yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kapasitas ibu-ibu PKK dan kader di masyarakat juga mampu memberikan pemahaman kepada para ibu-ibu muda yang mempunyai balita dan bayi bisa hidup lebih sehat,” kata Heroe saat membuka program Bunda Mengajar 4 di Balai Kota Yogyakarta, Kamis (9/9/2021).

Wawali mengucapkan terima kasih kepada PT Sarihusada grup Danone dan HI DIY yang sudah menjalankan program itu sejak lama di Kota Yogyakarta. Heroe menilai program tersebut berdampak baik untuk Kota Yogyakarta, terutama terkait mengentaskan masalah stunting.

“Stunting menjadi salah satu PR yang harus dikerjakan. Sudah turun (angkanya) tapi menjadi komitmen kami agar tidak boleh ada lagi stunting tumbuh di Yogya. Segala upaya dilakukan untuk zero stunting di Yogya,” paparnya.

Baca juga   Demi Herd Immunity, Walikota Berharap Satu Keluarga Tervaksin Semua

Heroe menyatakan selain stunting, persoalan demam berdarah dan tuberculosis juga menjadi masalah. Untuk mengatasi tiga hal itu, lanjutnya, yang pertama dilakukan adalah penataan lingkungan yang bersih dan baik.

Oleh karena itu pihaknya meminta masing-masing perangkat daerah Pemkot Yogyakarta untuk mengkonsolidasikan bahwa penataan kawasan menjadi prioritas untuk mengentaskan masyarakat.

“Korporasi seperti PT Sarihusada dan komunitas seperti HI sudah masuk. Kampus juga akan diajak masuk untuk mengatasi persoalan stunting. Maka Pemkot Yogya harus hadir untuk menutup semua yang belum dan memperkuat yang sudah dilakukan. Ini adalah gerakan sinergi Gandeng Gendong,” terang Heroe.

Pihaknya juga mendorong Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta untuk terus memberikan informasi dan edukasi kepada para ibu hamil dan ibu yang memiliki bayi serta balita terkait stunting dengan memanfaatkan grup- grup komunikasi di telepon selular. Termasuk upaya pengembangan nutrisi agar bisa terpenuhi.

Baca juga   Tekan Kasus Covid-19, Pemerintah Akan Terbitkan Juklak Iduladha

Sementara itu Arif Sosiawan, Plant Manager Sarihusada Jogja Factory mengatakan program Bunda Mengajar berawal dari program Rumah Srikandi pada tahun 2010 di Rw 11 Kampung Badran Kelurahan Bumijo Kota Yogyakarta.

Pada tahun ini program Bunda Mengajar diperluas di 3 kelurahan Kota Yogyakarta yakni Kelurahan Bumijo, Kelurahan Kricak dan Kelurahan Wirobrajan. Target peserta Bunda Mengajar adalah kader posyandu atau kelurahan dengan 100 penerima manfaat dan ibu balita atau posyandu sebanyak 120 penerima manfaat.

“Program Bunda Mengajar adalah pusat pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan, gizi, perilaku hidup bersih dan sehat serta akses pangan keluarga. Program dalam wujud peningkatan kapasitas kader dengan pelatihan- pelatihan dengan harapan kader lebih lebih kompetensi untuk membangun wilayah masing-masing,” jelas Arif.

Sustainability Director-Danone Indonesia, Karyanto Wibowo menambahkan kasus stunting, kekurangan gizi dan air bersih menjadi perhatian korporasinya. Oleh sebab itu Danone Indonesia melalui PT SGM bersama pemerintah setempat mengatasi persoalan tersebut. (*)

Share :

Baca Juga

Gibran Rakabuming menerima bantuan CSR dari PT Jasa Raharja Cabang Jawa Tengah berupa 785 bibit tanaman. (Foto: nyatanya.com/Humas Pemkot Solo)

Peristiwa

Jasa Raharja Serahkan 785 Bibit Tanaman untuk Hijaukan Solo
Ribuan telur rebus siap dibagikan kepada nakes dan relawan Covid-19. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Ribuan Telur Rebus Dibagikan untuk Nakes dan Relawan Covid-19 Temanggung
Ilustrasi aktivitas PKL dan pertokoan di Malioboro mulai bergeliat, meski masih sepi. Foto diambil hari pertama PPKM Darurat diberlakukan 3 Juli 2021. (Foto:nyatanya.com/Agoes Jumianto)

Peristiwa

PKL Malioboro Mulai ‘Dodolan’, Aturan PPKM Level 4 Tetap Berlaku
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming menerima bantuan 1.000 paket bantuan telur dan ayam dari dari Japfa PT Ciomas Adisatwa. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Pemkot Surakarta Terima Bantuan 1.000 Paket Telur dan Ayam
Rama Adi Prasetya sudah harus menanggung sakit serius sejak lahir 8 Agustus 2021. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Bayi Penderita Hidrosefalus di Sawangan Butuh Bantuan
Wali kota Yogyakarta meninjau pelaksanaan vaksinasi masal yang digelar di klinik Bidokes Polda DIY Klitren, Gondokusuman. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Jasa Raharja dan Polda DIY Dukung Penuh ‘Jogja Merdeka Vaksin’
Vaksinasi yang digelar Pemkot Yogyakarta di SMPN 8, Senin (19/7/2021). (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Targetkan Agustus Seluruh Warga Yogya Telah Divaksin
Prajurit Kopassus BKO Kodim Yogya evakuasi warga terpapar Covid ke Isoter Asrama UNY. (Foto : dokumentasi Kodim Yogya)

Peristiwa

Kopassus Evakuasi Pasien Isoman ke Isoter Asrama UNY