Home / News

Jumat, 18 Maret 2022 - 14:53 WIB

Siaga Merapi, BPBD Klaten Pastikan Tiga Selter Pengungsian Siap Ditempati

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klaten memastikan tiga selter untuk tempat pengungsian siap ditempati. (Foto: Diskominfo Klt)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klaten memastikan tiga selter untuk tempat pengungsian siap ditempati. (Foto: Diskominfo Klt)

NYATANYA.COM, Klaten – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klaten memastikan tiga selter untuk tempat pengungsian siap ditempati.

Selter tersebut disiapkan, mengingat status Gunung Merapi masih siaga dengan aktivitas relatif tinggi karena sering mengeluarkan lava pijar dan awan panas.

Kepala BPBD Klaten Sri Winoto mengatakan, tiga selter pengungsian atau Tempat Evakuasi Akhir (TEA) yang disiapkan oleh BPBD Klaten meliputi selter Kebondalem Lor (Kecamatan Prambanan), selter Menden (Kecamatan Kebonarum), dan selter Demakijo (Kecamatan Karangnongko).

Di ketiga tempat tersebut, sarana dan prasarana seperti air bersih, lampu penerangan, dan toilet, sudah berfungsi dengan baik.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klaten memastikan tiga selter untuk tempat pengungsian siap ditempati. (Foto: Diskominfo Klt)

Ditambahkan, pola luncuran awan panas dan curahan lava pijar Gunung Merapi dulunya cenderung ke arah barat. Namun sekarang cenderung ke arah barat daya, ke selatan atau tenggara, ke arah Kali Woro.

Baca juga   Pimpinam KPK disorot, Abraham Samad Menilai Sikap Itu Sangat Memalukan Terjadi di KPK

Pihaknya bersama Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), terus memantau dan mengimbau masyarakat untuk menghentikan aktivitas di daerah-daerah yang bahaya. Misalnya di jalur Kali Woro, jalur Kali Gendol, Kali Gubeng.

“Khususnya saat terjadi luncuran awan panas dan pada saat di lereng Merapi, puncak Merapi terjadi hujan deras juga bisa mengancam adanya bahaya terjadinya (banjir) lahar dingin. Sehingga kita mengimbau pada saat-saat semacam itu masyarakat untuk sementara menghentikan kegiatannya di sepanjang alur sungai itu,” ujar Sri Winoto, dalam keterangan resminya, Jumat (18/3/2022)

Baca juga   Indonesia-Singapura Sambut Baik Peningkatan Kerja Sama Bilateral

Ia menyampaikan, dalam kegiatan kesiapsiagaan masyarakat beberapa waktu lalu, sudah dilakukan simulasi evakuasi mandiri ke Balai Desa, karena belajar dari pengalaman dan melihat aktivitas merapi. BPBD Klaten juga sudah melakukan simulasi dalam rangka penanganan pengungsi.

“Sehingga teman-teman sesuai dengan posisi yang sudah kita plot skenarionya. Mereka akan memosisikan itu di selter Kebondalem Lor untuk jalur Balerante, kemudian di Demakijo untuk jalur Sidorejo, untuk Tegalmulyo di selter yang Menden. Sehingga, manakala terjadi pengungsian kita sudah siap penanganan pengungsi,” pungkasnya.

(N1)

Share :

Baca Juga

Kapolres Sukoharjo AKBP Sigit memimpin upacara kenaikan pangkat. (Foto:Dokumen Polres Sukoharjo)

News

Kapolres Sukoharjo Pimpin Kenaikkan Pangkat 37 Personil 
Kabar penyebab wabah Omicron melalui chemtrails beredar di media sosial masyarakat. Salah satunya video yang menampilkan awan mirip sisa pesawat yang direkam warganet di Buah Batu, Kota Bandung, Jawa Barat, pada 7 Februari 2022. (Foto:BMKG/shutter stock)

News

Isu Fenomena Chemtrails yang Akibatkan Mewabahnya Omicron, Begini Penjelasan Lengkap BMKG
Bupati Klaten Sri Mulyani memimpin salah satu tim mengunjungi SDN 3 Klaten, SMPN 6 Klaten, dan SDN 1 Klaten. (Foto: Diskominfo Klaten)

News

Cegah Klaster PTM, Pemkab Klaten Terjunkan Tim Khusus Pantau Prokes
PMI Kabupaten Klaten menyampaikan klarifikasi terkait informasi pejabat Pemerintah Kabupaten Klaten yang mendapatkan vaksin Covid-19 dosis ketiga. (Foto: Diskominfo Klaten)

News

PMI Bantah Beri Vaksin ke Pejabat Pemkab Klaten
Ilustrasi bandara. Foto: Angkasa Pura II

News

Catat, Ini Aturan Terbaru Pelaku Perjalanan Luar Negeri
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, I Gusti Ayu Bintang Puspayoga. (Foto: Tangkapan Layar Kanal Youtube Kemen PPPA/Untung S)

News

Peran Perempuan dan Kelompok Marginal Jadi Perhatian Utama Presidensi G20 Indonesia
Logo Pemda DIY. (nyatanya.com)

News

Ditegur Mendagri, Pemda DIY Realisasikan Insentif bagi Nakes
Kabid Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Jim Ghofur. (Foto:MC Riau)

News

Sejak Januari 1.285 Hektare Lahan di Riau Terbakar, Ini Rinciannya