Home / News

Minggu, 13 Februari 2022 - 01:01 WIB

Siap-siap Harga Tempe Naik, Pemerintah Jaga Stabilitas Harga Kedelai Nasional

Kementerian Perdagangan memastikan stok kedelai nasional aman meski terjadi kenaikan harga kedelai yang signifikan selama dua minggu terakhir. (Foto: MC Riau)

Kementerian Perdagangan memastikan stok kedelai nasional aman meski terjadi kenaikan harga kedelai yang signifikan selama dua minggu terakhir. (Foto: MC Riau)

NYATANYA.COM, Jakarta – Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Oke Nurwan mengungkapkan, Pemerintah terus berupaya menjaga stabilitas harga kedelai nasional. Koordinasi dengan importir kedelai serta perajin tahu dan tempe terus diperkuat.

Kementerian Perdagangan memastikan stok kedelai nasional aman meski terjadi kenaikan harga kedelai yang signifikan selama dua minggu terakhir.

Hal ini disampaikan Dirjen Oke dalam konferensi pers bersama Ketua Gabungan Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia (Gakoptindo) Aip Syarifuddin dan Sekjen Asosiasi Importir Kedelai Indonesia (Akindo) Hidayatullah Suralaga secara virtual pada Jumat (11/2/2022).

“Menyikapi harga kedelai dunia yang masih cukup tinggi, Kemendag bersama seluruh pelaku usaha kedelai nasional akan terus berupaya menyediakan stok kedelai cukup untuk memenuhi kebutuhan industri perajin tahu dan tempe menjelang puasa dan Lebaran 2022.

Pemerintah juga meminta dukungan importir kedelai untuk konsisten menjaga harga keekonomian kedelai impor tetap terjangkau di tingkat perajin tahu dan tempe,” tegas Oke.

Baca juga   Kinerja Makin Solid, Laba BSI di Kuartal III Tumbuh 42 Persen

Berdasarkan data Chicago Board of Trade (CBOT), harga kedelai pada minggu kedua Februari 2022 mencapai 15,77 USD/bushels. Harga ini diperkirakan terus naik hingga Mei yang mencapai 15,79 USD/bushels dan mulai turun pada Juli sebesar 15,74 USD/bushels.

Kenaikan harga disinyalir akibat adanya kenaikan inflasi di negara produsen yang berdampak pada kenaikan harga masukan produksi, terjadi kekurangan tenaga kerja, dan kenaikan biaya sewa lahan.

Selain itu, disebabkan ketidakpastian cuaca di negara produsen yang mendorong petani kedelai menaikkan harga.

Sementara itu, total stok yang dimiliki Akindo tercatat 300.000 ton. Jumlah ini berasal dari stok awal Februari yang tercatat sebesar 160.000 ton ditambah pemasukan pada pertengahan Februari sebesar 140.000 ton.

Baca juga   Menkeu: Pemulihan Ekonomi Indonesia 2022 Terjaga Kuat

Jumlah tersebut diperkirakan cukup untuk memenuhi kebutuhan selama dua bulan ke depan (Februari – Maret 2022).

Akindo berkomitmen untuk menjaga harga kedelai di tingkat importir sebesar Rp10.500 – 11.500/kg pada Februari 2022 dan akan ditinjau kembali setiap akhir bulan berdasarkan perkembangan harga kedelai dunia.

Hal ini dilakukan guna memberikan kepastian harga kedelai kepada perajin tempe dan tahu serta menjaga situasi kondusif di tengah ketidakpastian harga kedelai dunia.

Pemerintah berharap masyarakat dapat memaklumi dan menerima kenaikan harga tempe dan tahu guna menjaga keberlangsungan usaha perajin tempe dan tahu serta pelaku usaha kedelai lainnya.

“Mari bersama saling bahu membahu dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional, terutama pada saat pandemi Covid-19 saat ini,” kata Oke.

(N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo deklarasi Generasi Muda Sleman Berinovasi dan Kreatif (Idaman Asik) di Lapangan Pemda Kabupaten Sleman, Kalurahan Tridadi, Sleman, Jumat (25/3/2022). Foto: Humas Sleman

News

Deklarasi Idaman Asik Demi Generasi Muda Sleman Inovatif dan Kreatif
Pasukan gabungan dari Angkasa Pura, TNI, Polri dan Dishub mengikuti apel gelar pasukan di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (19/12/2022). Apel pasukan gabungan tersebut untuk mengamankan arus mudik libur Natal dan Tahun Baru menggunakan pesawat terbang di bandara tersebut dan petugas juga mendirikan posko terpadu yang dilengkapi berbagai informasi untuk memberikan pelayanan dan kenyamanan pemudik. ANTARA FOTO/Umarul Faruq/aww.

News

Tiga Hari Lagi Polisi Gelar Operasi Lilin Serentak di Seluruh Wilayah, Amankan Nataru
Foto: Humas Pemda DIY

News

BI Nilai UMKM Ekspor dan Implementasi QRIS DIY Terbaik di Indonesia
Jalan Jenderal Sudirman pada 15 Juli 2023 ditutup total untuk peringatan HUT ke-77 Kabupaten Sukoharjo. (Foto:istimewa)

News

Peringatan HUT ke-77 Kabupaten Sukoharjo, Digelar Kirab 15 Juli 2023
Pertemuam pemantapan pengurus Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Daerah (LP3KD) Kabupaten Sleman. Foto: Ist

News

Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Daerah Kabupaten Sleman Pemantapan Pengurus
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. (Foto: InfoPublik)

News

Menko Airlangga: UU Cipta Kerja Tetap Berlaku Secara Konstitusional
Sekretaris Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Ahmad Abdullah. Foto: Humas Kemenag

News

Jemaah Wafat di Arab Saudi akan Dibadalhajikan
Foto: MC Kab.Wonosobo

News

Pilkades Serentak di Wonosobo, Bupati Dorong Bebas Money Politic