Home / News

Rabu, 7 Juli 2021 - 14:34 WIB

Siapkan Rp95juta per 50 Orang untuk 14 Hari, Pemda DIY Sediakan 59 Shelter Isolasi

Seluruh biaya selama di shelter akan ditanggung Pemda DIY. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

Seluruh biaya selama di shelter akan ditanggung Pemda DIY. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemerintah Daerah (Pemda) DIY telah menyediakan 59 shelter yang dapat diakses masyarakat yang ingin melakukan isolasi akibat terjangkit Covid-19. Shelter-shelter ini tersebar di Kabupaten Sleman, Bantul, Gunungkidul, dan Kota Yogyakarta. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Sosial DIY, Endang Patmintarsih saat melakukan wawancara secara daring dengan para wartawan pada Selasa (6/7/2021).

Endang mengatakan, pengoperasian 59 shelter ini telah dimulai per 1 Juli 2021. Mengenai kapasitas, tiap shelter memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Namun total kapasitas dari 59 shelter tersebut ialah 856 orang.

“Shelter-shelter ini memang kami siapkan sebagai langkah antisipasi jika terjadi lonjakan penambahan positif Covid-19. Namun shelter ini dikhususkan bagi pasien positif Covid-19 yang tanpa gejala hingga yang bergejala ringan. Artinya, tidak memerlukan alat seperti oksigen dan yang lainnya,” jelasnya.

Baca juga   Tertangkap Basah Tengah Malam Tak Bermasker, 2 Pemuda Dihukum Push Up

Endang mengungkapkan, shelter yang disediakan Pemda DIY ini menempati gedung-gedung milik Pemda DIY sendiri yang sedang tidak dipakai, ada pula sekolah, puskesmas, ataupun gedung milik kecamatan atau kelurahan. Shelter dengan kapasitas terbanyak yakni 72 orang, merupakan gedung diklat milik Kementerian Sosial RI yang telah mendapaat izin untuk dipinjam.

“Untuk masuk ke shelter, masyarakat tinggal menghubungi hotline yang ada dan bisa dikontak melalui whatsapp. Dan tentu saja menunjukkan bukti dinyatakan positif baik dengan tes swab PCR atau swab antigen,” imbuhnya.

Endang pun menegaskan, biaya selama di shelter akan ditanggung Pemda DIY. Masyarakat yang melakukan isolasi di shelter akan memperoleh fasilitas makan tiga kali, snack dua kali, berbagai vitamin, mendapat peralatan mandi, serta pendampingan dokter dan tenaga medis selama 14 hari.

Baca juga   Pertamina Akan Produksi BBM dan Produk Petrokimia Berstandar Euro V

“Setiap shelter ada koordinatornya sehingga semua terpantau. Kami juga menyiapkan APD, masker, dan hand sanitizer di setiap shelter. Sampai Senin (5/7/2021) malam pukul 21.00 WIB, shelter yang telah terisi ada 14 dengan total pasien isolasi 211 orang,” katanya.

Endang menjelaskan, Pemda DIY telah menganggarkan sekitar Rp95juta per 50 orang untuk 14 hari. Terkait masyarakat yang melakukan isolasi mandiri di rumah, pembiayaan telah ditanggung oleh kabupaten/kota masing-masing.

Selain 59 shelter yang disediakan Pemda DIY, terdapat pula shelter yang disediakan oleh kabupaten/kota, perguruan tinggi, dan pihak perhotelan. Total keseluruhan shelter bagi masyarakat yang positif CoViD-19 di DIY, ada 77 shelter.

Mengenai kontak shelter, bisa dilihat di https://www.instagram.com/p/CQ2VAeDLRjy/?utm_source=ig_web_copy_link. (*)

Share :

Baca Juga

Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X berjalan di Keraton Yogyakarta, Senin (2/5/2022). Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana Joko Widodo bersilaturahmi ke Keraton Yogyakarta dan menghaturkan selamat Idulfitri kepada Sri Sultan Hamengkubuwono X, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, dan seluruh keluarga Keraton Yogyakarta. (ANTARA FOTO/HO/Biro Pers Setpres/Lukas/sgd/hp/InfoPublik.id)

News

Usai Salat Id Presiden Jokowi Kunjungi Sri Sultan, Ini yang Dibicarakan
Petugas dinas pariwisata memeriksa suhu peziarah di gerbang masuk Kawasan Wisata Makam Presiden Soekarno di Kota Blitar, Jawa Timur, Selasa (21/9/2021). Pemkot Blitar mulai mengujicoba pembukaan kawasan wisata tersebut dengan penerapan prokes ketat seperti pemeriksaan sertifikat vaksin Covid-19 kepada para pengunjung atau peziarah, hingga pembatasan jumlah peziarah sebanyak 25 orang di dalam kawasan wisata, seiring menurunnya level PPKM di daerah itu menjadi level 2. (ANTARA FOTO/Irfan Anshori/wsj)

News

Kasus Covid-19 Turun Hingga 99 Persen, Menko Marves: Makin Terkendali
Salah satu peserta vaksinasi dosis 2 untuk pelaku wisata di Studio Alam Gamplong, Moyudan, Sleman. (Foto: Humas Pemda DIY)

News

Tinggal Tunggu Aba-aba dari Pusat, Semua Obwis di DIY Siap Buka
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Kasus Sembuh Covid-19 Bertambah 41.805 Orang, Pasien Baru 46.643 Orang
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Hari Ini Pasien Sembuh Covid-19 di DIY Bertambah 3.214 Orang
Wakil Presiden K.H Ma’ruf Amin. Foto: Humas Ekon

News

Ekonomi Syariah Terus Berkontribusi Terhadap Perekonomian Indonesia
Gubernur Ganjar Pranowo dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen Rapat evaluasi penanganan Covid-19, di ruang rapat Gedung A lantai 2, Pemprov Jateng, Senin (3/1/2022). (Foto: Humas Jateng)

News

Ada Laporan Kendala Vaksinasi, Taj Yasin Bakal Kawal Percepatan di Daerah
(Ilustrasi:nyatanya.com)

News

Hari Ini 2.121 Warga DI Yogyakarta Sembuh Covid-19