Home / News

Kamis, 3 November 2022 - 12:44 WIB

Siaran Televisi Analog Resmi Dihentikan, Tahap Pertama di 222 Titik

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

NYATANYA.COM, Jakarta – Siaran televisi analog secara bertahap resmi dihentikan mulai Rabu (2/11/2022) pukul 24.00 WIB. Penghentian itu berlaku di 222 titik, termasuk wilayah Jakarta-Depok-Bogor-Tanggerang-Bekasi (Jabodetabek).

Migrasi siaran televisi ke digital secara nasional tersebut dilakukan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Johnny G. Plate melalui acara hitung mundur yang digelar di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jakarta Pusat.

Kegiatan turut dihadiri Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD dan beberapa jajaran pejabat kedua kementerian.

Sebelum memulai perhitungan mundur, Menkominfo dan Menko Polhukam menyapa beberapa staf stasiun TV yang bertugas secara daring untuk menanyakan kesiapan mereka.

“Kami sudah siap untuk melakukan penghentian siaran analog. Untuk coverage, kami sudah sama dengan siaran analog sehingga pemirsa kami tidak akan kehilangan siaran kami,” ujar salah satu awak TransTV menjawab pertanyaan Menko Pohulkam.

Baca juga   Presiden: Stoknya Cukup, Tak Ada Alasan Vaksinasi Covid-19 Lambat

Demikian juga sejumlah stasiun TV lainnya seperti TVRI, Metro TV dan RTV yang menyatakan kesiapan mereka memasuki era baru siaran digital mulai dini hari ini.

Siaran analog pun resmi dimatikan secara nasional tepat pukul 24.00 WIB dengan penekanan tombol di layar besar oleh Menko Polhukam dan Menkominfo.

“Dengan teori migrasi siaran TV analog ke digital maka Indonesia akan memperoleh efisiensi frekuensi digital di bidang yang nantinya akan dimanfaatkan untuk teknologi akses internet berkecepatan tinggi dengan kecepatan tinggi 5G,” tutur Menkopolhukam.

Menurut Mahfud, digitalisasi siaran TV akan memberikan banyak manfaat kepada masyarakat, seperti memperoleh kualitas penyiaran yang lebih baik, dari sisi kualitas audio visualnya.

Selain itu, jumlah saluran televisi yang dapat diterima juga akan jauh lebih banyak lagi sehingga akan memacu pertumbuhan konten lokal dan mendorong keberagaman konten dari industri penyiaran dalam negeri.

Baca juga   Tekan Angka Kematian Covid-19, DIY Tambah Nakes Pendamping Pasien Isoman

“Seperti konten-konten yang bersifat edukatif dan kreatif serta berpotensi menumbuhkan ekosistem penyiaran baru di tingkat lokal atau di tingkat daerah. Migrasi siaran TV digital ini juga dapat mendukung industri elektronik di dalam negeri seperti produk televisi digital dan set top box (STB),” tutur dia.

Menkominfo pun mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh para pimpinan media televisi baik Lembaga Penyiaran Pemerintah (LPP) maupun Lembaga Penyiaran Swasta (LPS), yang telah mewujudkan pelaksanaan ASO ini.

Dukungan para pemangku kepentingan terhadap ASO diharapkan akan bisa memajukan kualitas pertelevisian nasional dan mastikan industri ini dapat hidup berdampingan di era digital.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerja sama dan usaha bersama untuk memajukan pertelevisian nasional. Untuk memastikan industri-industri ini dapat hidup berdampingan, konvergensi yang memadai seperti yang kita harapkan,” pungkasnya.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Ilustrasi, KPU Kota Yogyakarta memastikan tidak ada surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden yang sudah dalam kondisi tercoblos. Foto: Istimewa

News

Pemerintah Komitmen Jaga Netralitas ASN Saat Pemilu dan Pilkada
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat mengunjungi Gereja Katedral Semarang bertepatan pada malam Misa Natal, Jumat (24/12/2021) malam. (Foto: Diskominfo Jateng)

News

Pantau Misa Natal di Gereja Katedral, Ganjar Beberkan Indahnya Toleransi
Foto: Ist

News

Permendagri yang Baru, Penulisan Nama di Dokumen Kependudukan Tidak Boleh 1 Kata
KPK menahan AKBP Bambang Kayun (BK) Kepala Subbag Penerapan Pidana dan HAM Bagian Penerapan Hukum pada Biro Bantuan Hukum Divisi Hukum Mabes Polri, dalam dugaan tindak pidana korupsi berupa suap dan gratifikasi. Foto: Pasha Yudha Ernowo/ InfoPublik.id

News

KPK Tahan AKBP Bambang Kayun dalam Kasus Dugaan Suap dan Gratifikasi
PT Kereta Api Indonesia/KAI (Persero) meluncurkan Kereta Api baru KA Airlangga jurusan Pasar Senen - Surabaya Pasar Turi pergi-pulang. (Foto: PT KAI)

News

KAI Luncurkan KA Airlangga Rute Pasar Senen – Surabaya
Presiden Joko Widodo ketika membuka peringatan HUT Korpri 50 Tahun, pada Senin (29/11/2021). (Foto: Tangkapan Layar Kanal Youtube AKUI eKORPRI/InfoPublik/Istimewa)

News

HUT Korpri, Presiden: Kualitas ASN Harus Semakin Baik
Joko Widodo Jokowi ketika membuka Rakornas Transformasi Digital dan Pendataan Lengkap Koperasi dan UMKM pada Senin (28/3/2022). Foto: InfoPublik

News

Presiden Berharap Produk UMKM Membanjiri Marketplace
Ganjar Pranowo. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

News

‘Testing’ Jateng Lampaui Standar WHO, Ganjar Minta Terus Digenjot