Home / News

Kamis, 14 April 2022 - 11:31 WIB

Sinergitas Pemangku Kebijakan dengan Masyarakat Kunci Penanganan Kejahatan Jalanan

Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Bakesbangpol memfasilitasi FPK, FKUB, dan FKDN melakukan audiensi dengan Polresta Yogyakarta pada Rabu (13/4/2022) di Mapolresta Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Bakesbangpol memfasilitasi FPK, FKUB, dan FKDN melakukan audiensi dengan Polresta Yogyakarta pada Rabu (13/4/2022) di Mapolresta Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) memfasilitasi Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDN) melakukan audiensi dengan Polresta Yogyakarta pada Rabu (13/4/2022) di Mapolresta Yogyakarta.

Audiensi dipimpin Kepala Bidang Kesatuan Bangsa Bakesbangpol Kota Yogyakarta Bernadus Bayu Laksmono dan diterima Kasat Intelkam Polresta Yogyakarta Komisaris Polisi Agung Dwi Cahyanto beserta jajarannya.

Ketua FPK Wahyu Susanto mewakili rombongan menyampaikan keprihatinannya atas adanya kasus kejahatan jalanan yang dilakukan oleh anak-anak.

Ia juga menyampaikan komitmen bersama Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDN) yang berisi dukungan dan kesiapan melaksanakan Surat Edaran Gubernur Nomor 050/5082 Tentang Pencegahan dan Penanganan Kejahatan Jalanan.

Selain itu forum juga mendukung tindakan tegas kepolisian dalam menangani kejahatan jalanan dan meningkatkan kemitraan dengan masyarakat.

Baca juga   Pembahasan RAPBD 2023 Dinas Dikpora, Program Pembinaan Pendidikan Pancasila Perlu Segera Dilakukan

“Forum bersama tokoh masyarakat dan tokoh beragama akan melakukan kegiatan pembinaan dan pengawasan generasi muda di wilayah masing-masing,” kata Wahyu.

Dalam kesempatan itu Kasat Intelkam Polresta Yogyakarta Komisaris Polisi Agung Dwi Cahyanto mengapresiasi dan berterima kasih atas komitmen yang dibangun oleh forum dalam mendukung upaya para pihak dalam penanganan kejahatan jalanan yang dilakukan oleh anak-anak.

Dwi menyampaikan bahwa kepolisian telah bersikap tegas, tidak pandang bulu dan cermat dalam upaya penegakan hukum atas kenakalan jalanan tersebut.

Tindakan tersebut berupa upaya pencegahan melalui sosialisasi dan patroli sedangkan penegakan dilakukan dengan pemberlakuan proses hukum pada para pelaku.

“Melalui peningkatan kualitas dan kuantitas pelaksanaan upaya penanganan kejahatan jalanan berupa kemitraan dengan masyarakat akan menghasilkan penanganan yang lebih komprejhensif,” tutur Dwi.

Baca juga   Tinggal Tunggu Aba-aba dari Pusat, Semua Obwis di DIY Siap Buka

Sementara Kepala Bidang Kesatuan Bangsa Bakesbangpol Kota Yogyakarta Bernadus Bayu Laksmono menyampaikan dukungan Pemkot melalui Bakesbangpol dalam fasilitasi kegiatan penanganan kejahatan jalanan yang dilakukan oleh forum maupun organisasi kemasyarakatan.

“Sinergitas antara Pemkot, kepolisian dan para pemangku kebijakan dengan masyarakat akan melahirkan upaya penyadaran dan pembinaan masyarakat baik di lingkungan kampung maupun sekolah dalam kegiatan penangan kejahatan jalanan yang dilakukan anak-anak,” papar Bayu.

Bayu juga menyampaikan bahwa kegiatan ini tidak berhenti pada audiensi dan penyampaian komitmen semata tapi akan ditindak lanjuti dengan aksi nyata oleh forum.

Setelah berdiskusi melalui tanya jawab maka audiensi diakhiri dengan penyerahan komitmen oleh Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Wahyu Susanto kepada Kasat Intelkam Polresta Yogyakarta Komisaris Polisi Agung Dwi Cahyanto.

(Ant/N1)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi: nyatanya.com

News

99 Warga Mertoyudan Sembuh Covid-19
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BNI) melakukan sinergi dengan PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) dalam pengembangan bisnis dan rencana strategi perusahaan. Foto: BNI

News

BNI Kucurkan Fasilitas Pinjaman Rp1 Triliun untuk Kalbe Farma
Foto: Diskominfo Jateng

News

Tol Semarang – Demak Seksi II Diuji Coba, Warga: Lebih Cepat, Pemandangan Bagus
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

BOR Masih Rendah, Meski Angka Konfirmasi Positif Covid-19 Lebihi Delta
Presiden Joko Widodo. Foto: BPMI Setpres

News

Hari Pramuka, Presiden Apresiasi Pelaksanaan Jambore Nasional XI 2022
Ilustrasi masyarakat menggunakan aplikasi pedulilindungi. (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/hp)

News

Kabar Baik! Serifikat Vaksin Indonesia Berlaku Internasional, Begini Caranya
Foto: Istimewa

News

KPK dan IDI akan Periksa Kondisi Kesehatan Lukas Enembe di Papua
Wapres Ma’ruf Amin tiba di Sharm El Sheikh, Republik Arab Mesir, pada Minggu malam (6/7/2022). Foto: BPMI Setwapres

News

Wakili Presiden Jokowi, Wapres Hadiri KTT Perubahan Iklim PBB di Mesir