Home / Buku

Selasa, 15 November 2022 - 14:03 WIB

SMKN 2 Sewon Bantul Gelar Workshop Literasi bagi Guru

workshop Literasi Penulisan Cerpen dan Karya ilmiah populer di SMK Negeri 2 Sewon Bantul. Foto: Ist

workshop Literasi Penulisan Cerpen dan Karya ilmiah populer di SMK Negeri 2 Sewon Bantul. Foto: Ist

NYATANYA.COM, Bantul – Menulis merupakan kegiatan yang banyak memberi manfaat, bukan hanya bagi penulisnya saja tetapi juga bagi pembaca.

Hasil karya dari menulis bisa berupa buku atau karya sastra lainnya menjadi sesuatu yang penting bagai prasasti bagi penulisnya.

Demikian hal itu diungkap Fery Enita S.Pd., Kasie Layanan mewakili Kepala Balai Pendidikan (Baldik) dalam sambutan pembukaan Workshop Literasi bagi guru SMK Negeri 2 Sewon Bantul, Selasa (15/11/2022) di Aula sekolah setempat.

Menurut Fery, selain membaca kegiatan literasi juga memberikan peluang bagi para guru untuk lebih pandai dalam menulis. Sayangnya sedikit dari para guru yang mau memanfaatkan kesempatan untuk menulis.

Pada hal begitu menurut Fery, menulis merupakan sesuatu yang penting dan dapat menjadi sebagai prasasti bagi perjalanan karya tulis seseorang.

“Menulis itu dapat menjadi prasasti perjalanan karier seseorang dengan banyaknya jumlah karya yang dapat bermanfaat bagi masyarakat luas,” ucapnya.

Baca juga   Bunda Literasi Inggit Ajak Semua Pihak Dukung Sekolah Ramah Literasi

Sementara itu Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Sewon Bantul Suwarsidi S.Pd. di sela kegiatan mengungkapkan, pelaksanaan workshop diikuti oleh 42 guru dari sekolah yang dipimpinnya.

Untuk pelaksanaan selama dua hari Selasa (15/11/2022) dan Rabu (16/11/2022), untuk hari pertama dengan materi penulisan sastra Cerita Pendek (Cerpen) dan pada hari kedua akan diisi materi penulisan Karya Ilmiah Populer.

“Ini kegiatan suka rela, artinya tidak wajib tetapi pesertanya sangat antusias, karena ternyata banyak guru yang merasa belum dapat menuliskan gagasannya dengan baik. Dan kesempatan ini dimanfaatkan dengan baik,” ucap pemilik nama pena EsWe Sidi yang aktif menulis cerkak dan geguritan.

Menurut Suwarsidi seorang guru dalam meningkatkan kemampuan literasinya, sebaiknya disamping rajin membaca buku juga disertai dengan kemampuan dan kemauan untuk menulis.

Baca juga   Data Satelit Bisa Diperoleh Secara Gratis

Dengan banyak membaca berbagai buku pengetahuan dan sastra tentunya akan terasah dan memiliki banyak gagasan. Dengan memiliki kemampuan dan kemauan menulis seorang guru akan memilik nilai lebih tentunya.

Setelah workshop hasil penulisan direncanakan akan diterbitkan secara mandiri dalam bentuk antologi baik itu berupa Cerpen dan Karya Ilmiah Populer.

Peserta workshop akan mendapat bimbingan untuk menghasilakan karya dari sejumlah guru sejawat yang telah memiliki jam terbang menulis diberbagai media.

Mereka diantaranya Arifa Suryaningtyas S.Pd., MBA, Giriluhita Retno S.Pd., Cahyaningytas S.Sn dan EsWe Sidi.

“Kegiatan semacam ini akan terus kita kembangkan, karena para guru juga membutuhkan pengetahuan dan terus didorong kemauannya untuk terus menulis karya baik sastra maupun ilmiah populer,” pungkas dia.

(N3)

Share :

Baca Juga

Kepala Biro Kerjasama Luar Negeri (Kabiro KLN) KLHK, Dida Migfar Ridha. (Foto: Biro Humas KLHK)

Buku

KLHK: Artikel David Gaveau Soal Deforestasi Berisi Laporan Palsu
Vini Indriasari dan bukunya Citra Digital dengan Remote Sensing. (Ilustrasi grafis: nyatanya.com/Foto: dokumentasi Teknosain)

Buku

Data Satelit Bisa Diperoleh Secara Gratis
Bupati Sukoharjo, Etik Suryani membuka Gelar Buku dan Budaya pada Senin (31/10/2022) malam di Alun-alun Satya Negara. Gelar Buku dan Budaya akan berlangsung sampai 6 November 2022. Foto: MC Kab.Skh

Buku

Tingkatkan Literasi Masyarakat, Pemkab Sukoharjo Adakan Gelar Buku dan Budaya
Buku Kisah Lima Sahabat karangan Ratri Gunariyanti yang diterbitkan Pustaka Anak. (Foto:dokumentasi pustaka anak)

Buku

Bening, Gadis Rimba yang Luar Biasa
Gubernur Sulawesi Barat bertemu Menkominfo Johnny G. Plate di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Senin (24/1/2022). Dalam pertemuan ini Menkominfo mendorong pemerintah daerah (Pemda) ambil peran dalam peningkatan literasi digital masyarakat di daerah. (Foto:Biro Humas Kementerian Kominfo)

Buku

Menkominfo Dorong Pemda Dukung Program Literasi Digital
Desy Nur Aini Fajri dan buku Hubungan Kerjasama Indonesia dan Jepang yang ditulis bersama mahasiswanya. (Foto: dokumentasi graha ilmu)

Buku

RBI Online Tuntun Warga Jepang Mengenal Jakarta
SMA Negeri 1 Ngluwar, Kabupaten Magelang mendapat penghargaan dari Lembaga Prestasi Rekor Indonesia Dunia (Leprid). (Foto: humas/beritamagelang)

Buku

Luncurkan 66 Buku dalam Sehari, SMAN 1 Ngluwar Terima Penghargaan Leprid
Dalam acara Gebyar Pameran UKM bulan Ramadan 1443 Hijriah di Alun-alun Blora, Rabu (20/4/2022) sore, Dinas Pepustakaan dan Kearsipan menyampaikan edukasi, literasi dan penyemangat kepada warga masyarakat untuk gemar membaca. (Foto: MC Kab. Blora)

Buku

DPK Blora Hibur Masyarakat Sambil edukasi Gemar Membaca dan Pengelolaan Arsip