Home / Peristiwa

Sabtu, 19 Juni 2021 - 12:35 WIB

Soal Pembatalan Haji, Masyarakat dari Forum Aliansi Umat Islam Bersatu Audensi ke Kemenag DIY

Masyarakat dari FAUIB melakukan audensi di Kemenag DIY terkait haji.  FOTO: nyatanya.com/Prastyawan

Masyarakat dari FAUIB melakukan audensi di Kemenag DIY terkait haji. FOTO: nyatanya.com/Prastyawan

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Sebanyak 100 orang  dari Forum Aliansi Umat Islam Bersatu (FAUIB) Jateng dan DIY yang dipimpin Ustad Umar Said, Jumat (18/6/2021) mendatangi Kantor Kementerian Agama Provinsi DIY, di Jalan Sukonandi 8, Semaki, Umbulharjo,  Yogyakarta guna  lakukan audensi sekaligus meminta keterangan terkait pembatalan haji tahun 2021 serta soal dana haji yang telah disetorkan. 

Sebelum digelar audensi, peserta menggelar aksi damai di depan Kantor Kemetrian Agama DIY.  Dan orasi  yang disampikan oleh Anang Imamuddin  ( Ketua / Panglima Front Aliansi Umat Islam Bersatu (FA UIB) Jateng-DIY diantaranya  menuntut kepada pemerintah Indonesia khususnya Menteri Agama Republik Indonesia memberikan pertanggung jawaban secara moral dengan memberikan keterangan yang jujur terkait Pembatalan keberangkatan jamaah haji Indonesia tahun 2021.

Baca juga   Kuartal III 2021, Laba Bersih Konsolidasi BUMN Capai Rp61 Triliun

“Intinya kami  ummat Islam sangat kecewa dengan pernyataan bahwa dana haji milik umat Islam yang sudah dibayarkan digunakan untuk pembangunan infrstruktur padahal itu bukan hak pemerintah serta tidak sesuai niat peruntukannya. Uang tersebut diniatkan untuk membayar keberangkatan haji tidak untuk pembangunan infrastruktur seperti yang disampaikan Wakil Presiden Ma’ruf amin,” tegas Anang.

Dirinya juga menuntut untuk adanya diplomasi tingkat tinggi secara terhormat dan bermartabat terhadap pemerintah Arab Saudi sehingga jatah atau kuota haji Indonesia dapat dibuka dan diberangkatkan kembali.

Sementara, dalam gelar audensi, Kakanwil Kemenag menyampaikan bahwa pada prinsipnya  Kemenag harus membangun komunikasi, Insyaallah semuanya akan ada solusi. Ia memaklumi apa yang disampaikan perwakilan FKUB, ia juga merasa sedih, dari berbagai skenario tidak bisa memberangkatkan ibadah haji.

Baca juga   Kasus Cucu Bunuh Kakek di Parkiran McDonald's Yogya, Orang Tua Tersangka GK Bantah Anaknya Terlibat

“ Pengumuman dari Pemerintah Saudi tertanggal 12 juni 2021 tentang belum bisa menerima ibadah haji dari negara lain. Kecuali dari negara Arab Saudi dan yang tinggal di Arab Saudi dengan kapasitas maksimal 60 ribu jamaah hajì,” terang Kakanwil.

Dijelaskan pula bahwa pemerintah tidak melarang bagi calon jamaah haji untuk menarik uang yang disetorkan, namun konsekwensinya porsi haji akan hangus dan mengulang daftar dari awal lagi.   Penarikan setoran pelunasan haji tahun 2020 jamaah melunasi sebesar Rp. 10 juta porsi haji tetap aman dan tetap.    (N11)

Share :

Baca Juga

Dosen Prodi Desain Interior ISI Surakarta, Harmilyanti Sulistyani, S.T., M.Sc. meraih gelar Doktor dari Graduate School of Humanities-Vrije Universiteit Amsterdam. (Foto: Dok.ISI Surakarta)

Peristiwa

Kaji Arsitektur Stasiun Kereta Api di Jawa, Dosen ISI Surakarta Raih Gelar Doktor dari Vrije Universiteit Amsterdam
Sekda Kabupaten Magelang Adi waryanto saat membuka kegiatan Penyuluhan Keamanan Pangan Untuk UMK Pangan Siap Saji Di Kawasan Borobudur yang diadakan BPOM Semarang di Manohara Resto, komplek TWC Borobudur, Kamis (11/11/2021). (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Kualitas Jajanan dan Oleh-oleh di Destinasi Wisata Jadi Perhatian Pemerintah
Anggota DPR RI Fraksi Gerindra Andika Pandu Puragabaya mensosialisasikan Empat Pilar dan menekankan pentingnya menjaga persatuan dan persatuan. (Foto:istimewa)

Peristiwa

Sosialisasi 4 Pilar, Anggota DPR RI Andika Pandu Puragabaya Tekankan Pentingnya Persatuan dan Persatuan
Rusunawa Bener Tower II sudah mulai disewakan. Sementara Tower I sampai saat ini masih digunakan untuk selter isolasi terpadu pasien Covid-19. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Rusunawa Bener Tower II Mulai Disewakan, Begini Syaratnya

Peristiwa

PWI Malang Buka Donasi untuk Korban Erupsi Gunung Semeru
Kerusakan rumah akibat gempabumi dengan magnitudo (M)7,5 yang mengguncang wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Selasa (10/1/2023). Foto: Istimewa/ BNPB

Peristiwa

Puluhan Rumah Warga Kabupaten Kepulauan Tanimbar Rusak Akibat Gempa M7,5
Masyarakat antusias mengikuti Vaksinasi Massal Merdeka Candi. (Foto: Diskominfo Pekalongan)

Peristiwa

Ribuan Orang Ikuti Vaksinasi Massal Merdeka Candi
Rumah warga yang rusak akibat gempa berkekuatan M6,1 di Pasaman Barat pada Jumat (25/2/2022). (Foto: BNPB/Istimewa)

Peristiwa

Bayi Terdampak Gempa Pasbar di Palembayan Alami Luka Tujuh Jahitan