Home / Peristiwa

Rabu, 21 Juli 2021 - 15:28 WIB

Solusi Ternak Ayam di Tengah Kota ala Warga Terban

Warga Terban membuat peternakan ditengah perkotaan yang ramah lingkungan dan tidak menimbulkan bau. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Warga Terban membuat peternakan ditengah perkotaan yang ramah lingkungan dan tidak menimbulkan bau. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pandemi Covid-19 yang melanda Kota Yogyakarta telah mempengaruhi berbagai sektor kehidupan masyarakat, namun di tengah situasi tersebut, gairah warga untuk melirik perternakan diperkotaan memunculkan harapan baru.

Seperti yang dilakukan oleh warga Kelurahan Terban Gondokusuman Yogyakarta, mereka berinisiatif membuat peternakan ditengah perkotaan yang ramah lingkungan yaitu peternakan yang tidak menimbulkan bau.

“Dalam rangka memenuhi pangan dan meningkatkan perekonomian anggotanya, PKK Kelurahan Terban berinisiatif membuat perternakan yang ramah lingkungan mengingat di perkotaan cukup padat penduduk,” kata Lurah Terban, Narotama, Rabu (21/7/2021).

Ia mengungkap agar tidak menimbulkan bau yang menganggu tetangga sekitar, para peternak tersebut selalu menjaga kebersihan serta melakukan pengolahan yang baik terhadap kotoran hewannya.

Baca juga   PPKM Darurat Layanan Perpustakaan Kota Yogya Tutup

“Kotoran dari ternak tersebut mereka oleh menjadi pupuk, lalu kemudian digunakan untuk tanaman yang juga merupakan usaha dari kegiatan PKK ini,” ujarnya.

Karena, lanjutnya PKK Kelurahan Terban juga tengah mengembangkan tanaman herbal seperti puring dan jahe, sirih merah yang sangat bermanfaat khasiatnya untuk kesehatan, mereka memanfaatkan lahan kosong milik warga.

Berbagai macam hewan pun telah mereka ternakkan seperti kambing, bebek, ayam dan lain sebagainya.

“Selain itu warga Terban juga ada yang berternak ikan cupang atau betta, mereka tergabung dalam Comunitas Betta Terban atau Combet,” jelasnya.

Menurutnya bila digarap serius, warga kota pun dapat mengembangkan usaha peternakan, meski dengan segudang penyiasatan.

Baca juga   Sidak Penyaluran BPNT, Etik Suryani Ingatkan Jangan Ada Klaster Baru

“Hasil ternak tersebut kemudian dijual, ada yang dijual berwujud masih hidup maupun sudah matang atau dalam bentuk makanan,” beber Lurah Naro.

Pihaknya berharap agar warga masyarakat juga memanfaatkan teknologi untuk menjual hasil ternaknya tersebut karena dimasa pandemi ini, banyak orang mencari barang lewat online di media sosial.

“Saya berharap warga bisa memanfaatkan teknologi untuk berjualan secara online karena di masa pandemi ini, banyak orang mencari barang lewat online di media sosial. Harus kreatif memanfaatkan jualan online. Ini sebagai upaya menaikkan ekonomi,” katanya. (*)

Share :

Baca Juga

Bupati Klaten Sri Mulyani meminta masyarakat turut andil dalam percepatan vaksinasi untuk mencapai kekebalan komunal di Kota Bersinar. (Foto: Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Vaksinasi Klaten Tembus 78 Persen
Bupati Boyolali, M. Said Hidayat saat melihat vaksinasi siswa di SMP N 1 Boyolali, Jumat (23/07/2021). (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

Pemkab Boyolali Kebut Vaksinasi 33 Ribu Siswa SMP
Program CSR Japfa Peduli, bentuk sosial kepada masyarakat, dengan tujuan meringankan beban masyarakat karena adanya pandemi Covid-19. (Foto:Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Bantu Ayam dan Telur, Japfa Peduli Warga Isoman
Annisa sempat terkejut saat mengetahui orang yang menanyainya adalah Gubernur Ganjar. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Rezeki Nomplok, Annisa Dapat Sepeda dari Ganjar
Bidan Sri Susilowati sedang memeriksa dan memberikan bantuan terhadap pasien Covid-19 tanpa gejala yang lakukan isoman di Dukuh Jlegong, Desa Banyuurip, Kecamatan Klego. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

Bidan Desa Door to Door Pantau Pasien Covid-19
Masyarakat Karanganyar tak lagi kebingungan mencari oksigen. (Foto: Diskominfo Kab.Karanganyar)

Peristiwa

Pasokan Oksigen di Karanganyar Lancar Jaya Lur
Penonton mengamati para kru tim bersiaga di paddock saat balapan pertama (race 1) kelas WorldSSP di Pertamina Mandalika International Street Circuit saat balapan WSBK seri Indonesia 2021 di Lombok Tengah, NTB, Sabtu (20/11/2021). (ANTARA FOTO/Andika Wahyu/foc)

Peristiwa

Buruan Dikoleksi Lur, Perangko Khusus World Superbike Mandalika
Penerbangan perdana Citilink di Bandara Ngloram Blora. Jumat (26/11/2021) pukul 09.55 WIB pesawat lepas landas dari Halim Perdanakusuma Jakarta, dan mendarat dengan mulus di landasan Bandara Ngloram pukul 11.30 WIB. (Foto: MC Kab. Blora)

Peristiwa

Resmi Layani Penerbangan Komersial, Citilink Mendarat Mulus di Bandara Ngloram