Home / Peristiwa

Jumat, 24 Februari 2023 - 16:10 WIB

Sosialisasikan 4 Pilar, Andika Pandu Gelorakan Semangat Memperkokoh Nilai-nilai Kebangsaan

Anggota Komisi II DPR RI Andika Pandu Puragabaya memaparkan pentingnya memperkokoh nilai-nilai kebangsaan.  (Foto: Istimewa)

Anggota Komisi II DPR RI Andika Pandu Puragabaya memaparkan pentingnya memperkokoh nilai-nilai kebangsaan. (Foto: Istimewa)

NYATANYA.COM, Sleman – Andika Pandu Puragabaya S.Psi., M.Si, M.Sc anggota Komisi II DPR RI dari fraksi Gerindra yang mewakili daerah pemilihan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jumat (24/2/2023) menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan sekaligus kegiatan tersebut dipergunakannya sebagai wahana menyerap aspirasi masyarakat.

Dalam kegiatan yang dihelat di Balai Desa Kapanewon Minggir, Kabupaten Sleman tersebut dihadiri lapisan masyarakat, baik warga, tokoh masyarakat, tokoh agama, Forkopimca Minggir dan kalangan anak muda, bahkan juga perwakilan kelompok tani dan sejumlah LSM.

Dalam paparannya, politisi muda murah senyum, yang juga putra dari mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Djoko Santosa ini mengatakan, bahwa saat ini bangsa Indonesia tengah berada dalam kondisi ekonomi yang tidak menentu. Setelah beberapa waktu lalu dihantam Pandemi Covid-19 dan telah mengancam segala aspek kehidupan masyarakat dan menjadi permasalahan multidimensi yang harus diselesaikan oleh pemerintah. 

Baca juga   Pemkab Sukoharjo Siap Wujudkan Keluarga Bebas Stunting

“Sehingga, sudah barang tentu seharusnya dalam kondisi ini kita memperkokoh nilai-nilai kebangsaan melalui empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika,” kata Andika Pandu berapi-api.

Ditrambahkannya, bahwa semestinya seluruh komponen anak bangsa harus senantiasa menggelorakan rasa kebangsaan, semangat kebangsaan dan paham kebangsaan sebagai suatu terapi ideologis bagi upaya pembentukan tekad, sikap dan tindakan untuk menjamin tetap tegak dan lestarinya NKRI.

“Selain sebagai ideologi dan pandangan hidup bangsa Indonesia, Pancasila juga menjadi sumber dari segala sumber hukum. Hal itu mengamanatkan bahwa Pancasila adalah inti terdalam yang menjadi sumber penyusunan semua produk hukum. Sehingga semua peraturan perundang-undangan harus selaras, tunduk, dan tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila,”  tegas politisi Gerinda yang telah dipercaya warga juga untuk kali kedua duduk sebagai wakil rakyat di parlemen.

Baca juga   Sasaran Non Fisik TMMD Reg 113 Kodim Sleman Gelar Khitanan Massal

.

Sementara, dikatannya jika kegiatan seperti ini selain bertujuan membekali masyarakat akan pentingnya pengetahuan dasar negara dan ideologi, juga memberikan stimulan ekonomi melalui bantuan dan program pemberdayaan.

“Dengan adanya kegiatan ini, kita akan semakin memahami kedudukan Pancasila sebagai sumber segala sumber hukum. Sehingga semua produk hukum yang kita hasilkan tidak menyimpang apalagi bertentangan dengan Pancasila,” sambungnya.

Andika Pandu juga menjelaskan, sosialisasi empat pilar kebangsaan adalah program pemerintah yang cukup penting, dikarenakan berperan membangun kesadaran setiap warga negara untuk berbangsa dan memegang teguh ideologi negara. 

“Sebagai wakil rakyat juga tidak boleh luput untuk mengedepankan aspirasi masyarakat, ” tandasnya.  (N2)

Share :

Baca Juga

Tim Inafis dan anggota Polsek Kokap serta Temon mendatangi TKP Laka Kereta Api di lintasan rel kereta api Dusun Tapen, Kalurahan Hargomulyo Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Rabu (4/1/2023) siang. Foto: Polres Kulonprogo

Peristiwa

Terserempet KA Argo Lawu, Kakek Warga Temon Meninggal Dunia
Jajaran Polres Blora bekerja sama dengan Kodim 0721 dan Pemkab Blora aktif memantau ketersediaan bahan pangan serta perkembangan kenaikan harga sembako di pasaran. (Foto:MC Kab. Blora/Teguh)

Peristiwa

Jelang Nataru, Petugas Gabungan Pantau Stok Pangan dan Harga Sembako
Bupati Kulon Progo Sutedjo menerima audiensi dari Pasukan Amal Sholeh (PASKES) Yogyakarta. (Foto:MC Kab Kulon Progo)

Peristiwa

Bupati Dukung Gerakan Infak Beras di Kulon Progo
Ibu Iriana Joko Widodo menerima kedatangan Ibu Negara Republik Korea, Madam Kim Keon-hee, di Hotel The Apurva Kempinski, Bali, pada Senin, (14/11/2022). Foto: Dok.Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

Peristiwa

Meski Belum Ada Laporan, Polri Tegaskan Tetap Selidiki Akun Twitter yang Diduga Hina Ibu Negara
Ilustrasi: nyatanya.com

Peristiwa

Penganiayaan di Holywings, Polda DIY Periksa Oknum Polisi Diduga Lakukan Pelanggaran
Foto: MC.Tidore/Nhanu Tosofu/Arvan Rijal/G.Juna

Peristiwa

Foto: Festival Kampung Nelayan Tomalou
Guardrill yang tertabrak bus di Tol Kejapanan. Foto: selalu.id

Peristiwa

Tiga Orang Tewas dalam Kecelakaan Bus Pariwisata di Tol Kejapanan Arah Sidoarjo
Tim Kuasa Hukum dari Lembaga Bantuan Hukum Nyi Ageng Serang Wates Kulonprogo menunjukkan bukti surat laporan yang dilayangkan Jamil Rozi kepada Polres Purworejo. (Foto: nyatanya.com/istimewa)

Peristiwa

Diancam Dibunuh dan Dipenggal Lehernya, Warga Pendukung Proyek Bendungan Bener Minta Perlindungan Kapolres Purworejo