Home / Plus

Jumat, 17 Maret 2023 - 13:48 WIB

Sosialisasikan Aplikasi Samsat Digital Nasional lewat Event Signal Weekenders DIY di JEC

Beragam ecara mewarnai event Signal Weekenders mulai dari kontes motor, freeStyle, talkshow, Sunday Morning Ride, hingga bazar UMKM. Foto: Agoes Jumianto

Beragam ecara mewarnai event Signal Weekenders mulai dari kontes motor, freeStyle, talkshow, Sunday Morning Ride, hingga bazar UMKM. Foto: Agoes Jumianto

NYATANYA.COM, Bantul – Samsat Digital Nasional (SIGNAL) adalah salah satu terobosan yang telah dibangun oleh Pembina Samsat Nasional yang terdiri dari tiga instansi yaitu Polri (Korlantas Polri), Kemendagri (Bapenda) dan PT Jasa Raharja.

SIGNAL merupakan aplikasi penyelenggara proses layanan Pengesahan STNK Tahunan, Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Angkutan Jalan (SWDKLLJ) secara digital.

Aplikasi SIGNAL merupakan salah satu program unggulan Tim Pembina Samsat Nasional sebagai bukti nyata komitmen pemerintah bekerja sama dengan pihak perbankan dan pengelola modern channel payment yang sangat efektif dan memberikan manfaat bagi masyarakat lndonesia dalam melakukan kewajibannya.

Untuk lebih mengenalkan aplikasi SIGNAL kepada masyarakat kampanye dan sosialisasi dilakukan dalam sebuah event bertajuk Signal Weekenders DIY.

“Dengan satu aplikasi SIGNAL masyarakat kini semakin dipermudah dalam kepengurusan perpanjangan pajak kendaraannya hanya dalam satu genggaman,” terang Dirlantas Polda DIY, Kombes Pol Alfian Nurrizal S.H., S.I.K., M.Hum saat membuka Signal Weekenders DIY di JEC, Jumat 17 Maret 2023.

Seremonial pembukaan event Signal Weekenders DIY dilakukan bersama Kombes Pol Alfian Nurrizal, Kepala BPKA DIY Wiyos Santoso, S.E., M.Acc dan Kepala PT Jasa Raharja Cabang DIY Triadi SH dengan membuyikan terompet signal.

Baca juga   Paguyuban Jemparingan Hantu Maut 1948, Rayakat HUT dengan Gladhen Gagrak Mataram

Dijelaskan Alfian, masyarakat luas perlu mendapatkan edukasi dan sosialisasi terkait dengan pengesahan dan pembayaran pajak kendaraan bermotor secara digital melalui SIGNAL.

Signal Weekenders merupakan kegiatan sebagai dedikasi SIGNAL – Samsat Digital Nasional yang dirancang untuk menjadi wadah berkumpulnya masyarakat yang mempunyai kesamaan terkait kecintaan, tujuan dan pandangan dalam mewujudkan masyarakat taat pajak kendaraan bermotor.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengusung pesan bahwa pembayaran pajak kendaraan bermotor dapat dilaksanakan dengan mudah, secara online tanpa harus datang ke kantor samsat.

Signal Weekenders melibatkan UMKM yang bergerak dibidang jual beli sparepart dan aksesoris kendaraan bermotor yang tentunya dilengkapi dengan promo diskon yang sangat menarik.

Selain itu Signal Weekenders akan mempromosikan berbagai UMKM lokal DIY.

Para pengunjung juga dapat berpartisipasi dalam beragam program program menarik yang diadakan untuk menarik minat pengunjung dan komunitas, antara lain:

  1. Bazaar UKM dimana akan ada produk terkait barang barang produk lokal Jogja dan otomotif.
  2. Modif Show, yaitu Kontes motor-motor dari berbagai kategori mulai matic, bebek dan sport dimana sistem penilaian dan juri adalah dari para pemilik motor tersebut untuk lebih memberikan penilaian yang adil bagi para peserta. Target peserta 30 motor dan para peserta berhak untuk mendapatkan trophy dan uang tunai serta berbagai merchandise menarik.
  3. FreeStyle. Merupakan sebuah atraksi menarik dari para anak anak muda dalam melakukan sebuah keahlian dalam menggunakan sepeda motor.
  4. Sunday Morning Ride. Kegiatan minggu pagi yang lagi tren dikalangan anak anak muda yaitu berkeliling kota dengan menggunakan atribut dan kendaraan yang menarik. Berangkat dari titik tertentu dengan finish di lokasi acara Signal Weekender.
  5. Talkshow dan Kick Off Meeting terkait taat pajak yang akan sekaligus menjadi acara pembuka.
Baca juga   KESAN Semarakkan Malam Lailatul Qadar dengan Tabligh Akbar di Jakarta

Dalam event ini, tim SIGNAL akan hadir secara langsung untuk berkomunikasi dan berkoordinasi dalam menjawab pertanyaan para wajib pajak yang hadir dalam acara ini. (N1)

Share :

Baca Juga

Mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta yang diinisiasi oleh Komunikotavisual memperingati Hari Lahir Pancasila dengan unjuk karya doodle art. Foto: Dok.FSRD ISI Surakarta

Plus

Ajak Generasi Milenial, Komunikotavisual Peringati Hari Lahir Pancasila dengan Doodle Art
Mahasiswa Prodi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ISI Surakarta, memamerkan karya rebranding 20 start up di Jawa Tengah. Foto: Dok.ISI Surakarta

Plus

Mahasiswa DKV ISI Surakarta Pamerkan Karya Rebranding Start Up Jateng
Pembekalan Pilmapres (Pemilihan Mahasiswa Berprestasi) di internal Prodi DKV ISI Surakarta yang digelar online. Foto: Dok.ISI

Plus

DKV ISI Surakarta Beri Pembekalan Sambut Seleksi Pilmapres 2022
Souvenir pohon pisang dalam botol kreasi DPP Kota Yogyakarta yang unik. Foto: Humas Pemkot Yogya

Plus

Kreatif dan Inovatif, Souvenir Unik Pohon Pisang dalam Botol Buatan DPP Kota Yogya
Aksi sikat gigi anak serempak di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ar-Roudloh Dracik, Kabupaten Batang, Sabtu (24/9/2022). Foto: MC Kab.Batang

Plus

Aksi Sikat Gigi Serentak di Batang Pecahkan Rekor Muri Peserta Terbanyak
Dua tim Robotika ITS, ITS Champion in Robocup (Ichiro) dan ITS Robotics with Intelligent System (IRIS) juara di Thailand. Foto: Ist

Plus

Tim Robot ITS Juarai Laga Internasional RoboCup 2022 di Thailand, Begini Perjuangannya
Focus group discussion pengembangan ekonomi kreatif di pasar rakyat, di ruang ekonomi kreatif Pasar Prawirotaman, Rabu (12/10/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

Plus

Mantap! Ekonomi Kreatif Akan Dikembangkan di 3 Pasar Rakyat di Yogya
Dana Brata Fitriawan Kusuma dengan motor motor garapannya. Foto: Ist/YP

Plus

Dana Brata, Mahasiswa UNY Sabet Juara di Machine Nation 2022