Home / Peristiwa

Jumat, 25 Juni 2021 - 15:26 WIB

Sosialisasikan Prokes, Ganjar Blusukan ke Gang Sempit

Sembari Gowes, Ganjar Pranowo blusukan melakukan edukasi prokes ke warga. (Foto: nyatanya.com/Humas Jateng)

Sembari Gowes, Ganjar Pranowo blusukan melakukan edukasi prokes ke warga. (Foto: nyatanya.com/Humas Jateng)

NYATANYA.COM, Semarang – Orang nomor satu di Jawa Tengah, Ganjar Pranowo punya cara tersendiri dalam mensosialisasikan pentingnya protokol kesehatan ke warganya, termasuk yang mukim di tengah perkampungan sempit. Seperti yang dilakukan Ganjar Pranowo, Jumat (25/6/2021).

Sembari gowes, Ganjar blusukan ke kampung-kampung di Kota Semarang, menyusuri pasar-pasar tradisional melakukan edukasi tentang disiplin protokol kesehatan.

Membawa speaker portabel, Ganjar selalu mengingatkan warganya untuk memakai masker. Saat ada kerumunan orang yang tak pakai masker, ia berhenti untuk mengingatkan. Gang-gang sempit yang hanya cukup dilewati sepeda ia jelajahi. Meski terkadang harus memutar arah karena jalan di depannya buntu, atau digunakan untuk warga memasak nasi.

“Ayo bapak ibu, pakai maskernya. Hati-hati, sekarang Covidnya semakin ganas. Rumah sakit sudah penuh semua. Yang beli, yang jualan, semua wajib pakai masker,” kata Ganjar mengingatkan.

Baca juga   DIY Raih 3 Kategori Penghargaan BKN Award 2021
Ganjar Pranowo blusukan melakukan edukasi prokes ke warga. (Foto: nyatanya.com/Humas Jateng)

Ajudannya yang mendampingi sepedaan juga membawa tas berisi masker. Setelah Ganjar mengingatkan, ajudan langsung membagi-bagikan masker pada warga yang ditegur itu.

“Dipakai terus ya. Besok saya lewat sini lagi, kalau tidak dipakai awas ya,” ingat Ganjar.

Ternyata itu bukanlah omongan belaka. Seperti yang pernah terjadi, keesokan harinya, Ganjar akan lewat ke tempat-tempat yang sebelumnya ia sambangi. Dan benar saja, warga yang sebelumnya tak pakai masker, keesokan harinya sudah tertib pakai masker.

Kebiasaan Ganjar itu rupanya sudah dihafal oleh warga Kota Semarang. Setiap ada rombongan sepeda yang masuk ke perkampungan dan selalu mengingatkan tertib protokol kesehatan, warga sudah tahu jika itu Ganjar, meskipun dia selalu menutupi wajah menggunakan masker dan berkacamata.

“Pak Ganjar, mampir pak,” teriak warga ketika Ganjar melintas.

Baca juga   Percepat Vaksinasi, Pemda DIY Jalin Kerjasama Banyak Pihak
Ganjar Pranowo blusukan melakukan edukasi prokes ke warga. (Foto: nyatanya.com/Humas Jateng)

Seperti saat gowes pagi tadi, Ganjar menyambangi posko penanganan Covid-19 di kantor Dinkes Provinsi Jateng. Di tempat itu, Ganjar melihat tenaga kesehatan yang sedang bekerja sedang berolahraga.

“Tetap semangat, jaga terus kesehatannya. Saya tahu njenengan lelah, tapi ini akan jadi ibadah,” ucapnya setiap bertemu tenaga kesehatan.

Salah satu tenaga kesehatan di tempat itu, Sukamto merasa sangat senang dengan kunjungan Ganjar. Menurutnya, hal tersebut bisa menambah semangat sekaligus motivasi bagi mereka dalam bekerja.

“Dengan perhatian dari Pak Gubernur ini, kami jadi tambah semangat. Karena pandemi selama ini, tenaga kesehatan yang paling repot. Istilahnya kami kedungsangan, jadi kalau dapat perhatian seperti ini, motivasi kami jadi bertambah dalam melaksanakan tugas penanganan Covid,” ucap Sukamto. (*)

Share :

Baca Juga

Baznas terus menggencarkan program 'Kita Jaga Kyai' dengan melakukan vaksinasi bagi kyai dan santri. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Baznas Gelar Vaksinasi Bagi Kyai dan Santri
Ganjar Pranowo hadiri penutupan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) secara daring. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Dicurhati Pelajar SD, Ganjar Langsung Kirim Bantuan
Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X secara simbolis menanam pohon pencanangan Agroforestry di Alas Pengkol Sriharjo Imogiri Bantul. (Foto: Humas Bantul)

Peristiwa

Hutan Tematik Agroforestry Dibangun di Kawasan Alas Pengkol
Tim Damkar Kota Yogyakarta membantu evakuasi mobil BPBD Kota Yogya yang terlibat kecelakaan. (Foto:nyatanya.com/@damkarjogja113)

Peristiwa

Iringi Ambulans Covid-19, Mobil BPBD Yogya Kecelakaan di Simpang Galeria
Bupati Temanggung memberikan paparannya terkait meningkatnya kasus Covid-19. (Foto:nyatanya.com/Kominfo Jateng)

Peristiwa

Kasus Covid-19 Mencolok, Temanggung Selektif Berikan Izin Keramaian
Satgas Covid-19 Baturraden bubarkan kerumunan di hari pertama PPKM Darurat. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Patroli PPKM Darurat, Satgas Covid-19 Baturraden Bubarkan Keramaian
Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Boyolali Purwanto secara simbolis menyerahkan hadiah utama undian PBB-P2 yang berupa Rumah type 45/68 yang diterima Camat Boyolali Kota Gatot Murdiyanto dan satu unit mobil Avanza type 1.3 MT yang diterima Camat Karanggede Ari Wahyu Prabowo. (Foto:Diskominfo Kabupaten Boyolali)

Peristiwa

Bayar PBB Rp16.573 Suraji Dapat Hadiah Rumah
Bupati Semarang Ngesti Nugraha menyerahkan bantuan beras secara simbolis kepada perwakilan warga Desa Polobogo, Getasan. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Kab Semarang)

Peristiwa

Pemkab Semarang Salurkan 1.347 Ton Bantuan Beras PPKM