Home / News

Jumat, 8 Oktober 2021 - 11:10 WIB

Sri Sultan HB X Dukung Pemuliaan Candi Prambanan

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama RI Tri Handoko Seto didampingi Kakanwil Kemenag DIY saat audiensi ke Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. (Foto: Humas Pemda DIY)

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama RI Tri Handoko Seto didampingi Kakanwil Kemenag DIY saat audiensi ke Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. (Foto: Humas Pemda DIY)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mendukung rencana Kementerian Agama RI dalam pemuliaan dan pemanfaatan kembali Candi Prambanan sebagai tempat ibadah umat Hindu Nusantara dan Dunia.

Sri Sultan mendorong agar Kementerian Agama RI melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyakarat Hindu segera menginisiasi konsep untuk menjadikan Candi Prambanan tidak hanya sebagai tempat wisata tetapi juga sebagai tempat peribadatan.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama RI Tri Handoko Seto didampingi Kakanwil Kemenag DIY, Ketua Umum Tim Kerja Pemanfaatan Candi Prambanan dan Ketua PHDI DIY Untung Waluyo menyampaikan rencana pemanfaatan Candi Prambanan sesuai dengan amanat Undang-Undang No. 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya yang salah satunya untuk memperhatikan pemanfaatannya di bidang keagamaan.

Baca juga   Dibanding Negara Tetangga, Kasus Covid-19 Nasional dan Jawa-Bali Turun Hingga 96,4%

“Seperti yang Bung Karno pernah sampaikan, Ambil Apinya Jangan Abunya, jika kita mewarisi semangat Candi Prambanan itu maka kita bisa jadi bangsa yang besar,” terangnya saat ditemui usai audiensi dengan Gubernur DIY di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Kamis (7/10/2021).

Menurutnya, Candi Prambanan bukan hanya artefak tapi peninggalan luhur yang memiliki ruh semangat pembangunan. Pelestarian dan pemanfaatan Candi Prambanan akan memberi manfaat bagi masyarakat sekitar dan bangsa dan negara.

Baca juga   UWM Bakal Miliki Gedung Baru Kampus Berbasis Budaya

Tri Handoko mengaku pihaknya sedang menyusun konsep dan rincian program pemuliaan dan pemanfaatan Candi Prambanan ini dan akan segera dieksekusi.

“Tentunya juga (program) untuk bangkitkan pemberdayaan ekonomi umat di sekitar, harapannya Candi Prambanan semakin digandrungi sebagai destinasi wisata religi,” imbuhnya.

Pemanfaatan Candi Prambanan sebagai destinasi kunjungan religi dunia akan mampu menjadi pemantik banyak studi dari berbagai disiplin ilmu, memajukan bangsa sekaligus memperindah untaian keragaman budaya Nusantara.

Selain itu, penerapan norma religiusitas dan kesucian terkait dengan akses pengunjung serta mendukung partisipasi aktif dalam berbagai kegiatan dan literasi budaya. (*)

Share :

Baca Juga

Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar. (Foto: kemendagri.go.id)

News

Kemendagri: Pemilu 2024 Perlu Anggota KPU dan Bawaslu yang Paham Covid-19
Mobil ambulans milik Pemerintah Desa Menoreh berwarna pink yang imut dan centil. (Foto: Humas Magelang)

News

Gimana Perasaanmu Lur, Kalau Mobil Ambulans Warnanya Pink
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Positif Covid-19 di DIY Hari Ini Tambah 688 Kasus, Meninggal 21 Orang
Ganjar Pranowo dalam kunjungannya ke Rembang. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

News

Kasus Turun Hingga 40 Persen, Ganjar Pranowo Apresiasi Penanganan Covid-19 di Rembang
Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembajun Setyaningastutie. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

News

Terus Tambah Rumah Sakit Lapangan, Pemda Ajak Warga Tingkatkan Disiplin
(Ilustrasi:nyatanya.com)

News

Hari Ini Kasus Sembuh Covid-19 di DIY Bertambah 1.034 Orang
Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Mr Lars Bo Larsen berbincang dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Jateng)

News

Temui Ganjar, Dubes Denmark Siap Tingkatkan Investasi ke Jateng
Foto: Diskominfo Wonosobo

News

Ingat Lur, Jangan Gampang Terjebak Investasi Bodong Nggih