Home / Peristiwa

Selasa, 15 Juni 2021 - 20:15 WIB

Sri Sultan HB X Terima Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2020

Sri Sultan Hamengku Buwono X saat menerima penghargaan Nirwasita Tantra 2020 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI. (Foto:nyatanya.com/Humas DIY)

Sri Sultan Hamengku Buwono X saat menerima penghargaan Nirwasita Tantra 2020 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI. (Foto:nyatanya.com/Humas DIY)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2020 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, Selasa (15/6/2021) di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta. Penghargaan yang diberikan langsung oleh Menteri LHK RI, Siti Nurbaya Bakar ini adalah bentuk apresiasi atas kepemimpinan yang berorientasi deep green, demikian diberitakan Humas DIY dalam portal resmi Pemprov DIY, Selasa (15/6/2021).

Dijelaskan Sri Sultan, keselamatan bumi hanya bisa dimungkinkan dengan adanya kearifan dan kebijakan dari manusia. Ketika manusia tidak mengelola lingkungan dengan bijak, maka sudah bisa dipastikan, kelestarian lingkungan hanya akan menjadi impian. Dengan begitu, kelestarian lingkungan sebagai tiitpan dari anak cucu di masa depan, tidak akan bisa mereka nikmati.

Baca juga   Ini 8 Tempat Isolasi dan Perawatan OTG Terpusat di Solo

“Keserakahan manusia itu sendiri yang merusak. Ketika kita bicara lingkungan, tidak hanya soal sikap kita untuk menjaga, tapi juga harus menyelamatkan potensi yang kemungkinan akan rusak perlu dijaga kelangsungannya,” papar Sri Sultan.

Tradisi DIY yang terangkum dalam Hamemayu Hayuning Bawana ini mengakar dengan baik di masyarakat. Sehingga imbauan Gubernur DIY untuk bisa menyelamatkan lingkungan seperti kawasan Merapi, Gunung Seribu, Menoreh, Gunung Kidul, Gumuk Pasir dan lainnya bisa berjalan sesuai harapan.

Sri Sultan berharap lingkungan hidup menjadi perhatian utama bagi seluruh masyarakat dan pemerintah. Menjaga lingkungan harus benar-benar dilakukan dengan penuh kesadaran, tidak hanya sekedar di mulut, tapi benar-benar dilakukan sepenuh hati. Dengan begitu, kepedulian sosial akan tumbuh dan meningkat.

Baca juga   Gunung Merapi Kembali Bergolak, Hujan Abu di Sebagian Wilayah

Sementara itu, Siti Nurbaya Bakar menjelaskan, perspektif green telah melembaga dalam komunitas di dunia, demikian pula di Indonesia, dan bergerak sangat cepat, diantaranya sangat didukung oleh populasi penduduk usia muda. Melalui hal itu, pemerintah terus melakukan penyesuaian, sebagaimana kebutuhan sosiologis masyarakat, lokal, nasional maupun internasional, dengan arah dan aktualisasi sekarang secara nyata untuk green economy.

“Saya sampaikan apresiasi yang tinggi dengan penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra atas kinerja daerah dalam mengelola lingkungan hidup. Kita berharap akan makin terus berkembang jumlah para penerima penghargaan Nirwasita Tantra, dan secara kontinyu dan konsisten pengelolaan lingkungan hidup akan semakin baik,” tandas Menteri Siti Nurbaya. (N1)

Share :

Baca Juga

Pelaksanaan vaksinasi anak program Vaksinasi untuk Negeri dalam rangka menyambut HUT ke-76 RI yang digelar GPIB Salatiga. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

1.300 Anak di Salatiga Ikuti Vaksinasi GPIB
Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto saat mengunjungi pelaksanaan vaksin bagi pelaku UMKM. (Foto: Kominfo Kebumen)

Peristiwa

Pelaku UMKM di Kebumen Divaksin Moderna
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo melihat salah satu batik karya perajin batik Sleman yang dipajang di acara Gebyar Batik Sleman 2021. (Foto: MC Kab Sleman)

Peristiwa

Gebyar Batik Sleman, Bangkitkan Ekonomi Perajin di Tengah Pandemi
Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, menaruh perhatian terhadap isu perkawinan anak dan pencegahan dini stunting di Kabupaten Temanggung. (Foto:MC.TMG)

Peristiwa

Pernikahan Dini dan Stunting di Temanggung Butuh Perhatian Khusus
Selain terus memberikan edukasi akan pentingnya prokes, Pemkab Wonosobo juga memberikan bantuan sembako kepada warga masyarakat. (Foto: Humas Wonosobo)

Peristiwa

Pemkab Wonosobo Gencar Lakukan Edukasi Prokes Kepada Masyarakat
Sego Tiwul, Selangkah Go Online Teknologi Informasi Wonogiri Unggul, aplikasi baru yang diluncurkan BPN Wonogiri. (Foto: Diskominfo Wonogiri)

Peristiwa

“Sego Tiwul”, Aplikasi Layanan Pertanahan di Wonogiri
Gibran usai penandatanganan memorandum dengan Mr. Li Chong, Wakil Walikota Zhuhai, dilakukan secara virtual melalui zoom meeting, Kamis (19/8/2021). (Foto:Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Gibran Terima Bantuan 50 unit Hepa Ventilasi dari Pemerintah Kota Zhuhai
Tim SAR Gabungan melakukan penggalian di lokasi yang diduga lokasi korban. (Foto: humas/beritamagelang)

Peristiwa

Pencarian Korban Terseret Banjir Lahar Hujan Terus Dilakukan