Home / Peristiwa

Selasa, 15 Juni 2021 - 20:15 WIB

Sri Sultan HB X Terima Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2020

Sri Sultan Hamengku Buwono X saat menerima penghargaan Nirwasita Tantra 2020 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI. (Foto:nyatanya.com/Humas DIY)

Sri Sultan Hamengku Buwono X saat menerima penghargaan Nirwasita Tantra 2020 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI. (Foto:nyatanya.com/Humas DIY)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2020 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, Selasa (15/6/2021) di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta. Penghargaan yang diberikan langsung oleh Menteri LHK RI, Siti Nurbaya Bakar ini adalah bentuk apresiasi atas kepemimpinan yang berorientasi deep green, demikian diberitakan Humas DIY dalam portal resmi Pemprov DIY, Selasa (15/6/2021).

Dijelaskan Sri Sultan, keselamatan bumi hanya bisa dimungkinkan dengan adanya kearifan dan kebijakan dari manusia. Ketika manusia tidak mengelola lingkungan dengan bijak, maka sudah bisa dipastikan, kelestarian lingkungan hanya akan menjadi impian. Dengan begitu, kelestarian lingkungan sebagai tiitpan dari anak cucu di masa depan, tidak akan bisa mereka nikmati.

Baca juga   Danramil Gamping Hadiri Sosialisasi Bhineka Tunggal Ika

“Keserakahan manusia itu sendiri yang merusak. Ketika kita bicara lingkungan, tidak hanya soal sikap kita untuk menjaga, tapi juga harus menyelamatkan potensi yang kemungkinan akan rusak perlu dijaga kelangsungannya,” papar Sri Sultan.

Tradisi DIY yang terangkum dalam Hamemayu Hayuning Bawana ini mengakar dengan baik di masyarakat. Sehingga imbauan Gubernur DIY untuk bisa menyelamatkan lingkungan seperti kawasan Merapi, Gunung Seribu, Menoreh, Gunung Kidul, Gumuk Pasir dan lainnya bisa berjalan sesuai harapan.

Sri Sultan berharap lingkungan hidup menjadi perhatian utama bagi seluruh masyarakat dan pemerintah. Menjaga lingkungan harus benar-benar dilakukan dengan penuh kesadaran, tidak hanya sekedar di mulut, tapi benar-benar dilakukan sepenuh hati. Dengan begitu, kepedulian sosial akan tumbuh dan meningkat.

Baca juga   Corona DIY Kembali Melonjak, Positif Covid-19 Tambah 892 Kasus

Sementara itu, Siti Nurbaya Bakar menjelaskan, perspektif green telah melembaga dalam komunitas di dunia, demikian pula di Indonesia, dan bergerak sangat cepat, diantaranya sangat didukung oleh populasi penduduk usia muda. Melalui hal itu, pemerintah terus melakukan penyesuaian, sebagaimana kebutuhan sosiologis masyarakat, lokal, nasional maupun internasional, dengan arah dan aktualisasi sekarang secara nyata untuk green economy.

“Saya sampaikan apresiasi yang tinggi dengan penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra atas kinerja daerah dalam mengelola lingkungan hidup. Kita berharap akan makin terus berkembang jumlah para penerima penghargaan Nirwasita Tantra, dan secara kontinyu dan konsisten pengelolaan lingkungan hidup akan semakin baik,” tandas Menteri Siti Nurbaya. (N1)

Share :

Baca Juga

Vaksinasi bagi pelaku UMKM yang digelar di JEC. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Vaksinasi Bagi Pelaku UMKM dan Koperasi Digelar di JEC
Acara pembukaan TMMD Reguler Ke-111. (Foto:nyatanya.com/Penrem072/Pmk)

Peristiwa

TMMD Reguler Ke-111 Kodim 0734/Kota Yogyakarta Resmi Dibuka Walikota
Meski tak seramai dulu, usaha pigura di Jalan Sagan tetap menggeliat di tengah perpanjangan PPKM. (Foto: Agoes Jumianto)

Peristiwa

PPKM Level 4 Diperpanjang, Perajin Pigura Tetap Menggeliat
Penyerahan berita acara dari Wakil Bupati Sragen Suroto, kepada Kepala Staf Kodim 0725/Sragen Mayor Inf Wijiono. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Sragen)

Peristiwa

TMMD Guyub Rukun Sragen, Targetkan Buka Akses Jalan Antardukuh
Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta Suyana, dalam jumpa pers di Balai Kota, Jumat (16/7/2021). (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Di Luar RPH Giwangan, Panitia Kurban Diminta Lapor ke Dinas Pertanian dan Pangan
Bupati Grobogan Sri Sumarni, saat meninjau Mobile Swab PCR bantuan Mabes Polri. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Percepat Pemeriksaan, Grobogan Dapat Bantuan Mobile Swab PCR
Kelompok Wanita Tani Munawaroh Dusun Blederan, Desa Blederan Kecamatan Mojotengah Wonosobo dengan hasil pertaniannya. (Foto: Diskominfo Wonosobo)

Peristiwa

KWT Munawaroh Sukses Kembangkan Kampung Sayur Organik
Gibran Rakabuming Raka menerima bantuan tahap kedua dari Bank Indonesia. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

BI Kembali Salurkan Bantuan Tabung Oksigen untuk Surakarta