Home / Peristiwa

Senin, 2 Agustus 2021 - 10:27 WIB

Sri Sultan Pastikan Seluruh Penyandang Disabilitas Terima Vaksinasi

Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam Rapat Koordinasi Vaksinasi bagi Penyandang Disabilitas. (Foto: Humas Pemda DIY)

Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam Rapat Koordinasi Vaksinasi bagi Penyandang Disabilitas. (Foto: Humas Pemda DIY)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemda DIY akan memastikan seluruh penyandang disabilitas di DIY menerima vaksinasi sebanyak dua dosis. Hal ini disampaikan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam Rapat Koordinasi Vaksinasi bagi Penyandang Disabilitas, Sabtu (31/7/2021).

Rakor yang dilakukan secara daring ini diselenggarakan oleh Staf Khusus Bidang Sosial Presiden RI, Angkie Yudistia. Angkie ingin memastikan, vaksin yang dikhususkan bagi penyandang disabilitas telah diterima dan siap diberikan.

Menurut Sri Sultan, saat ini Pemda DIY melalui Dinas Sosial DIY telah memiliki data penyandang disabilitas yang dapat menerima vaksinasi. Total penyandang dasibilitas yang dihimpun Dinas Sosial DIY ialah 6.475 orang.

“Data ini sudah kami usulkan. Dan terlepas dari adanya bantuan dari suatu negara, kami sudah melakukan vaksinasi, di samping untuk anak sekolah juga untuk para difabel. Pagi tadi juga dilakukan dan besok masih ada,” ungkap Sri Sultan yang mengikuti rakor dari Gedhong Pracimosono, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Baca juga   Kawanan Kera Liar Satroni Rumah Warga di Desa Muntung

Sri Sultan mengungkapkan, dari informasi terakhir, sudah ada 1.545 penyandang disabilitas di DIY yang telah mendapat vaksin dosis pertama. Dengan adanya bantuan vaksin ini, diharapkan semakin banyak penyandang disabilitas yang mendapat vaksinasi.

Sementara itu, Staf Khusus Bidang Sosial Presiden RI, Angkie Yudistia menjelaskan, vaksin hibah Presiden RI bagi penyandang disabilitas ini merupakan bantuan vaksin dari Uni Emirat Arab kepada Indonesia. Pada awalnya, vaksin nerjenis Sinopharm ini diperuntukkan bagi calon jamaah haji.

“Dalam rapat bersama DPR RI, Menteri Kesehatan sudah menjelaskan, karena ada penundaan hingga pembatalan ibadah haji, maka Pak Presiden menginstruksikan agar vaksin ini diberikan kepada penyandang disabilitas yang ada di daerah-daerah zona merah,” jelasnya.

Baca juga   Godod Sutejo: Dhapur Keris dalam Estetika Seni Rupa

Dikatakan Angkie, penyaluran vaksin bagi penyandang disabilitas ini telah dilakukan dari Kemenkes RI dikirimkan ke daerah melalui Dinas Kesehatan di masing-masing pemerintah daerah. Jadi dalam hal ini, wewenang pemerintah daerah untuk memberikan vaksinasi sesuai dengan kebutuhannya.

“Vaksinasi hibah Presiden RI ini yang menerimanya ada beberapa provinsi, yaitu Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, dan Bali. Total target alokasi mencapai 450.000 dosis vaksin. Dan untuk DIY telah dialokasikam sebanyak 11.225 dosis vaksin,” paparnya. (*)

Share :

Baca Juga

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi saat Konferensi Pers Penanganan Covid-19 di Command Center Room, Jumat (11/2/2022). (Foto: humas/beritamagelang)

Peristiwa

Covid-19 Melonjak, Masyarakat Diimbau Disiplin Pakai Masker dan Vaksinasi
Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi. Foto: Humas Polda Sumut/Tribratanews

Peristiwa

Polda Sumut Berhasil Gagalkan Penyelundupan 71 Kg Ganja Asal Aceh
Kepala Kejaksaan Tinggi Jatim, Mia Aminati memberikan keterangan pers. Foto: selalu.id

Peristiwa

Kejati Jatim Siapkan 10 JPU Hadapi Kasus Pencabulan Ponpes Shiddiqiyyah Jombang
Foto: Ist/tribratanews

Peristiwa

Takut Tindak Pencurian yang Dilakukan Terbongkar, Teman Sendiri Dimutilasi
Salah satu kampung sayur di Kota Yogya. Tahun 2022 DPP Kota Yogyakarta akan menambah empat kampung sayur lagi sehingga total jumlah kampung sayur di Kota Yogyakarta mencapai 119 kampung. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Bantu Cakupan Gizi Anak, Pemkot Yogya Tambah Kampung Sayur
Tunjungan Plaza Surabaya terbakar. Hingga berita ini diturunkan belum ada keterangan resmi dari PMK Surabaya maupun pengelola gedung Tunjungan Plaza Surabaya. (Foto: Istimewa)

Peristiwa

Tunjungan Plaza Surabaya Terbakar, Pengunjung Panik, Api Berjatuhan dari Atas Gedung
Akses Jalan Bandongan Kaliangkrik kini diperlebar dari 4 meter menjadi 7 meter. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Jalan Bandongan Kaliangkrik Kini Lebar dan Mulus
Seribu tumpeng sebagai salah satu tanda syukur atas HUT ke-47 SMPN 15 dan juga HUT ke-266 Kota Yogyakarta. Foto: Humas Pemkot Yogya

Peristiwa

Seribu Tumpeng SMP Negeri 15 Yogya Sambut HUT ke-266 Kota Jogja