Home / Peristiwa

Senin, 2 Agustus 2021 - 10:27 WIB

Sri Sultan Pastikan Seluruh Penyandang Disabilitas Terima Vaksinasi

Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam Rapat Koordinasi Vaksinasi bagi Penyandang Disabilitas. (Foto: Humas Pemda DIY)

Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam Rapat Koordinasi Vaksinasi bagi Penyandang Disabilitas. (Foto: Humas Pemda DIY)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemda DIY akan memastikan seluruh penyandang disabilitas di DIY menerima vaksinasi sebanyak dua dosis. Hal ini disampaikan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam Rapat Koordinasi Vaksinasi bagi Penyandang Disabilitas, Sabtu (31/7/2021).

Rakor yang dilakukan secara daring ini diselenggarakan oleh Staf Khusus Bidang Sosial Presiden RI, Angkie Yudistia. Angkie ingin memastikan, vaksin yang dikhususkan bagi penyandang disabilitas telah diterima dan siap diberikan.

Menurut Sri Sultan, saat ini Pemda DIY melalui Dinas Sosial DIY telah memiliki data penyandang disabilitas yang dapat menerima vaksinasi. Total penyandang dasibilitas yang dihimpun Dinas Sosial DIY ialah 6.475 orang.

“Data ini sudah kami usulkan. Dan terlepas dari adanya bantuan dari suatu negara, kami sudah melakukan vaksinasi, di samping untuk anak sekolah juga untuk para difabel. Pagi tadi juga dilakukan dan besok masih ada,” ungkap Sri Sultan yang mengikuti rakor dari Gedhong Pracimosono, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Baca juga   Temanggung Data Anak yang Ortunya Meninggal Karena Covid-19

Sri Sultan mengungkapkan, dari informasi terakhir, sudah ada 1.545 penyandang disabilitas di DIY yang telah mendapat vaksin dosis pertama. Dengan adanya bantuan vaksin ini, diharapkan semakin banyak penyandang disabilitas yang mendapat vaksinasi.

Sementara itu, Staf Khusus Bidang Sosial Presiden RI, Angkie Yudistia menjelaskan, vaksin hibah Presiden RI bagi penyandang disabilitas ini merupakan bantuan vaksin dari Uni Emirat Arab kepada Indonesia. Pada awalnya, vaksin nerjenis Sinopharm ini diperuntukkan bagi calon jamaah haji.

“Dalam rapat bersama DPR RI, Menteri Kesehatan sudah menjelaskan, karena ada penundaan hingga pembatalan ibadah haji, maka Pak Presiden menginstruksikan agar vaksin ini diberikan kepada penyandang disabilitas yang ada di daerah-daerah zona merah,” jelasnya.

Baca juga   Tingkatkan Imun, Dinas Pertanian Bagikan Bingkisan Buah Segar untuk Para Nakes

Dikatakan Angkie, penyaluran vaksin bagi penyandang disabilitas ini telah dilakukan dari Kemenkes RI dikirimkan ke daerah melalui Dinas Kesehatan di masing-masing pemerintah daerah. Jadi dalam hal ini, wewenang pemerintah daerah untuk memberikan vaksinasi sesuai dengan kebutuhannya.

“Vaksinasi hibah Presiden RI ini yang menerimanya ada beberapa provinsi, yaitu Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, dan Bali. Total target alokasi mencapai 450.000 dosis vaksin. Dan untuk DIY telah dialokasikam sebanyak 11.225 dosis vaksin,” paparnya. (*)

Share :

Baca Juga

Ganjar Pranowo ikut hadir untuk menyerahkan secara simbolis bantuan sosial tunai yang diselenggarakan Dinas Sosial Provinsi Jateng, di Kantor Pos Semarang. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Serahkan BST, Ganjar: Gunakan Model Gotong Royong Insyaallah Semua Dapat
Paguyuban Pinsar Petelur Nasional Kabupaten Magelang memberikan bantuan sebanyak 650 kg telur bagi tenaga kesehatan. (Foto: Humas Kab. Magelang)

Peristiwa

Tambah Imun Nakes, PPN Magelang Bantu 650 Kg Telur
Walikota Semarang Hendrar Prihadi saat memberikan keterangan pers terkait aturan PPKM. (Foto:nyatanya.com/Humas Semarang)

Peristiwa

Makan di Simpanglima Sudah Tak Dilarang, Asal…
Bupati Sukoharjo, Hj Etik Suryani SE MM secara simbolis menyerahkan bantuan alsintan kepada kelompok tani. (Foto: Humas Pemkab Sukoharjo)

Peristiwa

Puan Maharani Bantu Alsintan Petani Sukoharjo
Vaksinasi massal Covid-19 dosis 1 di kantor DPD LDII Tirtosari, Sawangan. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Polres Magelang Gelar Vaksinasi Covid-19 di Sawangan
Bupati Klaten menyerahkan bantuan operasional Pos Aju. (Foto:nyatanya.com/Humas Klaten)

Peristiwa

Bupati Pastikan Pos Aju Siap Beroperasi
Pemkot Yogya berhasil meraih nilai tertinggi kategori Pemerintah Daerah Kota yang memiliki komitmen terhadap perlindungan Anak dan Pelaporan berbasis aplikasi Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi Pelaporan (SIMEP) Perlindungan Anak Tahun 2021. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogyakarta Terima Penghargaan KPAI 2021
Petugas gabungan Weru intensifkan imbauan prokes. (Foto:nyatanya.com/Humas Sukoharjo)

Peristiwa

PPKM Level 4, Petugas Gabungan Weru Intensifkan Imbauan Prokes