Home / Panggung

Rabu, 16 November 2022 - 16:36 WIB

SSPO UMY Siap Dendangkan “Derap Berkemajuan” di Pembukaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Solo

SSPO UMY saat tampil memeriahkan suatu acara di Sportorium UMY, belum lama ini. Foto: Ist

SSPO UMY saat tampil memeriahkan suatu acara di Sportorium UMY, belum lama ini. Foto: Ist

NYATANYA.COM, Bantul – Sang Surya Philharmonic Orchestra(SSPO) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) bakal tampil dalam pembukaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Solo, Sabtu (19/11/2022).

Tim orkestra milik UMY tersebut akan melantunkan beberapa lagu, seperti Indonesia Raya, Mars Muhammadiyah (Sang Surya), Mars Aisyiyah serta medley sejumlah lagu daerah seperti asal Sumatera, Jawa, Bali dan Papua.

Tak ketinggalan juga theme song Muktamar ke-48 Muhammadiyah-Aisyiyah, Derap Berkemajuan. Lirik ditulis Prof Dr KH Haedar Nashir MSi dan lagu Eross Candra Sheila on7.

Di Solo jalin ukhuwah/ Muktamar satukan langkah/ Bersama majukan Indonesia/ Di Solo jalin ukhuwah/ Muktamar satukan langkah/ Bersama cerahkan semesta/ Sang surya suluh peradaban….// demikian penggalan lagu Derap Berkemajuan.

Baca juga   Seniman dan Budayawan ini Peroleh Penghargaan dari Pemkot Yogya
SSPO UMY saat latihan bersama, akhir pekan lalu. Foto: Ist

Menurut Muhammad Muttaqien SI Kom MSn selaku koordinator lapangan sekaligus wakil ketua panitia internal persiapan Muktamar ke-48 Muhammadiyah UMY menjelaskan, PP Muhammadiyah menunjuk UMY menjadi salah satu pengisi acara Muktamar tersebut pada Mei 2022 silam.

“Selain Sang Surya Philharmonic Orchestra-SSPO UMY, kami juga akan menampilkan kelompok paduan suara, Sunshine Voice dan Drum Corps UMY,” terangnya.

Ditambahkan Muttaqien yang akrab disapa Angki, beberapa Perguruan Tinggi Muhammadiyah-Aisyiyah (PTMA) di Indonesia juga ditunjuk untuk ikut memeriahkan Muktamar ke-48 Muhammadiyah-Aisyiyah di Solo.

PTMA itu diantaranya Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Universitas Aisyiah Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Universitas Muhammadiyah Semarang, Universitas Muhammadiyah Magelang, Universitas Ahmad Dahlan, ITS PKU Surakarta, dan Universitas Aisyah Surakarta.

Baca juga   100 Karya Hasil OTS 30 Seniman Dipamerkan di Joglo Kademangan Widarakandhang

“Belum lama ini, tim gabungan penampil Muktamar ke-48 Muhammadiyah-Aisyiyah melakukan latihan bersama di UMY dan Jogja Expo Center,” jelas Angki.

Menurutnya, sebagai tuan rumah untuk latihan bersama, UMY berusaha memberikan pelayanan terbaik dan tahapan latihan bersama bisa berjalan lancar.

“Kami memfasilitasi seperti dari segi SDM, fasilitas, alat penampil, transportasi, tempat penginapan sampai tim kesehatan dalam rangkaian latihan bersama itu,” paparnya.

Segenap tim penampil dari UMY dan PTMA lainnya, sebut Angki, sudah berkumpul di Solo pada Rabu (16/11/2022) untuk karantina terlebih dahulu.

“Kami akan berusaha tampil semaksimal mungkin di pembukaan Muktamar. Khususnya tim orkestra milik UMY, SSPO menjadi satu-satunya orkestra yang akan tampil dalam Muktamar ke-48 Muhammadiyah-Aisyiyah,” tandas Angki.

(*/N3)

Share :

Baca Juga

(Foto: Instagram @happy_asmara77)

Panggung

Lirik Lagu “Tanpo Aku” Happy Asmara yang Gamon Alias Gagal Move On
Ganjar Pranowo membuka Festival Kota Lama 2022. Foto: Humas Jateng

Panggung

Buka Festival Kota Lama Semarang, Ganjar: Keren, Konsepnya Beda
Penampilan R-Plus di Koesplusan Jenggleng Cafe & Resto, Jumat (18/6/2022). Foto: Agoes Jumianto

Panggung

Menikmati Hangatnya “Aku dan Dirimu” bersama R-Plus
Kepala TBY Dra Purwiati (tengah) bersama komposer dan tim penyusun materi Gelar Karawitan Ndang Tak Gong 2024 saat press conference, Selasa (5/3/2024). Foto: Agoes Jumianto

Panggung

Tiga Komposer Muda Unjuk Konser Karawitan ‘Ndang Tak Gong’ di Concert Hall TBY Kamis 7 Maret 2024
Kazuki Takahashi dan komik "Yu-Gi-Oh!"/ Foto: Ist

Panggung

Komikus “Yu-Gi-Oh!” Ditemukan Meninggal di Laut, Ada Bekas Luka Gigitan Hiu
Maria Ozawa alias Miyabi. Foto:Ist

Panggung

Banyak yang Kecewa Nih, Gala Dinner dengan Miyabi Batal Digelar
Karya berjudul ‘Capricornalter’ terpilih menjadi karya terbaik pada pagelaran Matra Kriya Festival 2022 (MKF 2022), ‘From Hands to Something-Hasta Makirtya Rupa. Foto: Dok.MKF 2022

Panggung

Penghargaan MKF 2022 Hasta Makirtya Rupa Diserahkan, ‘Capricornalter’ Jadi Karya Terbaik
Parade Gangsa yang digelar di Plaza Monumen Satu Maret, Senin (27/11/2023). Foto: Agoes Jumianto

Panggung

Parade Gangsa Sukses Digelar Hangatkan Malam di Kota Yogya, Jadi Hiburan Warga dan Wisatawan