Home / News

Minggu, 19 Desember 2021 - 20:15 WIB

Status Siaga, Gunung Semeru Kembali Luncurkan Awan Panas Sejauh 3 Kilometer

Gunung Semeru kembali meluncurkan awan panas guguran sejauh 3 kilometer pada Minggu (19/12/2021). (Foto: ANTARA)

Gunung Semeru kembali meluncurkan awan panas guguran sejauh 3 kilometer pada Minggu (19/12/2021). (Foto: ANTARA)

NYATANYA.COM, Lumajang – Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl) di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur, kembali meluncurkan awan panas guguran sejauh 3 kilometer pada Minggu (19/12/2021).

“Berdasarkan pengamatan secara visual pada periode Minggu pukul 00.00-06.00 WIB dari Pos Pengamatan Gunung Semeru di Gunung Sawur terpantau awan panas guguran yang dengan jarak luncur sejauh 3 kilometer ke arah Besuk Kobokan,” kata Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Barat Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Nia Khaerani, melalui keterangan tertulisnya, Minggu (19/12/2021).

Secara visual juga teramati awan panas guguran dengan jarak luncur 3.000 meter mengarah ke tenggara dan teramati api diam, serta sinar api saat visual gunung terlihat jelas.

“Untuk aktivitas kegempaan tercatat awan panas guguran sebanyak satu kali dengan amplitudo 20 mm selama 720 detik, kemudian terjadi delapan kali guguran dengan amplitudo 2-8 mm selama 30-60 detik,” tuturnya.

Baca juga   Sidang Perdana Ferdy Sambo, Sebanyak 16 JPU Bacakan Dakwaan

Gunung Semeru juga mengalami gempa embusan sebanyak satu kali dengan amplitudo 7 mm selama 65 detik dan gempa tektonik jauh sebanyak satu kali dengan amplitudo 7 mm selama 120 detik.

“Awan panas guguran Gunung Semeru berasal dari dua sumber yakni bagian atas pertumbuhan kubah lava dan dari bawah ujung lidah lava,” katanya.

Sementara aktivitas Gunung Semeru pada periode pengamatan Minggu pukul 06.00-12.00 WIB terpantau secara visual gunung tertinggi di Pulau Jawa itu terlihat jelas dan terjadi satu kali guguran dengan jarak luncur 200 meter ke arah Curah Kobokan.

Untuk aktivitas kegempaan tercatat guguran terjadi sebanyak tujuh kali dengan amplitudo 7-22 mm selama 42-125 detik dan gempa vulkanik dangkal sebanyak satu kali dengan amplitudo 10 mm selama 13 detik.

“Status Gunung Semeru berada pada level III atau siaga, sehingga masyarakat diimbau tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara sepanjang Besuk Kobokan sejauh 13 kilometer dari puncak (pusat erupsi),” ujarnya.

Baca juga   Bantu Korban Semeru, UMKM Batang Buka Lapak Peduli

Di luar jarak tersebut, lanjut dia, masyarakat tidak boleh melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak.

“Masyarakat juga dilarang beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah/puncak Gunung Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu (pijar),” katanya.

Masyarakat juga harus mewaspadai potensi awan panas guguran (APG), guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Semeru, terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Pemerintah mendatangkan lebih 20 juta vaksin dalam empat hari terakhir. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya keras pemerintah dalam memenuhi kebutuhan vaksin bagi masyarakat Indonesia. (Foto: InfoPublik)

News

Dalam Empat Hari, Lebih 20 Juta Vaksin Tiba di Tanah Air
Foto: InfoPublik

News

Begini Penampakan Mobil Mushola yang Disediakan BSI dan ASDP untuk Pemudik di Empat Pelabuhan
Ilustrasi proses likuidasi bank oleh Lembaga Penjamin Simpanan. Foto: Dok LPS

News

LPS Gugat BPR Tripilar Arthajaya Yogyakarta, Nama Ova Emilia Ikut Disebut
Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Jateng)

News

Banyak Vaksin Kedaluwarsa 13 Januari, Ganjar Minta Bupati/Walikota Genjot Vaksinasi
Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Timor Leste Jose Ramos-Horta. Foto: BPMI Setpres

News

Indonesia – Timor Leste Sepakat Perkuat Kerja Sama Ekonomi
dokter Junaidi Wibawa. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

News

Waspada Hoaks! Jangan Mudah Percaya Info Obat Covid-19
Pejabat Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah menyatakan pihaknya sampai sekarang ini belum menerima secara resmi Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup Kehutanan (LHK) Nomor: SK.01/MENLHK/SETJEN/KUM.1/1/2022, 5 Januari 2022 tentang Pencabutan Izin Konsesi Kawasan Hutan. (Foto: Antara)

News

Hingga Kini Dishut Kalteng Belum Terima SK Pencabutan Konsesi Kawasan Hutan
Vaksin Covid-19 AstraZeneca donasi pemerintah Australia kembali tiba di tanah air Kamis (11/11/2021) dalam kedatangan tahap ke-120 berjumlah 1,2 juta dosis vaksin jadi. (Foto: InfoPublik)

News

Pemerintah Apresiasi Donasi Vaksin AstraZeneca dari Australia