Home / News

Kamis, 24 Februari 2022 - 16:57 WIB

Stok Kebutuhan Bahan Pokok, Aman Jelang Puasa dan Lebaran

Irjen Helmy Santika ketika memberikan keterangan pers secara virtual, Kamis (24/2/2022). (Foto: Tangkapan Layar Video Divhumas Polri)

Irjen Helmy Santika ketika memberikan keterangan pers secara virtual, Kamis (24/2/2022). (Foto: Tangkapan Layar Video Divhumas Polri)

NYATANYA.COM, Jakarta – Kepala Satuan Tugas (Satgas) Pangan Kepolisian RI (Polri) Irjen Pol Helmy Santika menyatakan bahwa stok untuk kebutuhan bahan pokok masyarakat menjelang bulan Ramadhan (Puasa) dan Idul Fitri (Lebaran) 2022, dipastikan cukup dan aman.

Satgas Pangan Polri pun telah melakukan rapat koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan stakeholder dibidang pangan, dalam upaya kesiapan menjelang Puasa dan Lebaran.

“Dalam rapat koordinasi tersebut sudah dipaparkan tentang kondisi stok ketersediaan, distribusi dan harga bahan pokok atau sembako yang ada pada saat ini. Dari beberapa penyampaian termasuk tadi sudah disampaikan juga bahwa secara umum stok kebutuhan bahan pokok itu cukup,” kata Irjen Helmy Santika ketika memberikan keterangan pers secara virtual, Kamis (24/2/2022).

Baca juga   Berbagai Negara Dukung Presidensi G20 Indonesia

Kebutuhan bahan pokok yang dimaksud diantaranya, beras, gula, daging sapi, ayam, telur, minyak goreng dan lain sebagainya.

Menurut Helmy, hal ini dilakukan untuk meyakinkan masyarakat bahwa menjelang Puasa dan Lebaran, stok bahan pokok aman.

Hal ini dilakukan agar tidak adanya kepanikan atau panic buying dengan membeli bahan pokok dalam jumlah melebihi batas. Apalagi sampai dengan ada upaya untuk mengambil keuntungan pada situasi sekarang ini.

Pihaknya pun akan melakukan rapat lanjutan terkait hal ini. Selain dengan para pemangku kepentingan, rapat juga akan dihadiri oleh para regulator, operator, dan produsen bahan pokok.

Sehingga dapat diketahui secara rill terkait jumlah produksi, pemenuhan, hingga area pendistribusian bahan pokok tersebut.

Baca juga   Rakor SIM, Korlantas Polri Akan Bagi Golongan SIM C 250 cc

“Ini adalah langkah awal dalam upaya mengantisipasi bulan Puasa dan Lebaran. Jangan sampai terjadi gejolak harga, kelangkaan barang, apalagi kemudian ada hambatan-hambatan dalam upaya pendistribusianya,” ujar Helmy.

Satgas Pangan Polri pun berkomitmen akan mendukung dan mendorong agar tidak terjadi hambatan dalam pendistribusian bahan pokok jelang Puasa dan Lebaran.

“Walaupun saat ini sedang masa pandemi, sudah ada kebijakan pemerintah untuk hal-hal yang masuk dalam sektor esensial itu tidak boleh terhambat. Kita berdoa bersama mudah-mudahan juga cuaca mendukung.Tidak ada gangguan yang diakibatkan oleh faktor cuaca, sehingga menjadi terhambat pasokan-pasokan itu menuju atau dari produsen ke konsumen,” kata Helmy.

(N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Penanganan bencana alam di Jembatan Jagung KMPKL 28+300 ruas Kebonagung-Kesesi, Kabupaten Pekalongan. Foto: dok DPUBMCK

News

Antisipasi Kerusakan Jalan Akibat Longsor dan Banjir, Ini yang Dilakukan Pemprov Jateng
Menurut Haryati, bahan pangan yang mengalami fluktuasi harga di antaranya adalah cabai rawit dan minyak goreng. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

News

Jelang Idul Adha, Stok Pangan Dipastikan Aman
(Ilustrasi/nyatanya.com)

News

Bertahan Tinggi, Hari Ini 662 Kasus Positif Covid-19 di DIY
Pertamina (Persero) menyatakan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite tidak naik, meski harga minyak mentah dunia terus melonjak akibat konflik politik antara Rusia dengan Ukraina. (Foto: ANTARA)

News

Pertamina Tegaskan Harga Pertalite Tidak Naik, Meski Harga Minyak Mentah Dunia Melonjak
Abdullah Azwar Anas. Foto: BPMI Setpres

News

Presiden Lantik Abdullah Azwar Anas Menjadi Menteri PANRB
Ilustrasi: nyatanya.com

News

PPKM Minimalisir Paparan Covid-19 di Wilayah Industri di DIY
Gubernur Ganjar Pranowo mengumumkan Upah Minimum Provinsi (UMP) Jawa Tengah tahun 2023. Foto: Humas Jateng

News

UMP Jateng 2023 Naik 8,01 Persen, Menjadi Rp1.958.169,69, Pekerja dengan Kualifikasi Ini Dapat Lebih
PD Muhammadiyah Kabupaten Magelang melakukan rapat pleno secara daring. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

News

Muhammadiyah Imbau Warga Salat Idul Adha di Rumah