Home / Peristiwa

Senin, 28 November 2022 - 13:50 WIB

Sudah Dua Tahun Diusut Polisi, Total Korban KSP Sejahtera Bersama Ada 2.350 Orang, Kerugian Capai Rp940,8 Miliar

Karopenmas Divhumas Polri, Brigjen Pol Dr Ahmad Ramadhan, SH., MH., M.Si. Foto: Divhumas Polri

Karopenmas Divhumas Polri, Brigjen Pol Dr Ahmad Ramadhan, SH., MH., M.Si. Foto: Divhumas Polri

NYATANYA.COM, Jakarta – Penyidik Dittipideksus Bareskrim Polri masih mengusut kasus dugaan penipuan dan penggelapan dana nasabah KSP Sejahtera Bersama senilai Rp249 miliar dari total dana Rp6,7 triliun, dengan korban sebanyak 2.350 orang.

Dari kasus tersebut, dua orang berinisial IW dan DZ yang menjabat sebagai ketua pengawas dan anggota pengawas KSP Sejahtera Bersama sudah ditetapkan sebagai tersangka

Karopenmas Divhumas Polri, Brigjen. Pol. Dr. Ahmad Ramadhan, S.H., M.H., M.Si., menjelaskan, total korban dalam kasus ini mencapai 2.350 orang. Terdiri dari satu korban dari 23 laporan polisi sebanyak 1.512 orang, dengan total kerugian sebesar Rp660,4 miliar.

Baca juga   Polri Usut Dugaan Tindak Pidana Penggelapan dan Pencucian Uang Kasus Auto Trade Gold

Kedua, korban tambahan dari posko korban pengaduan KSP SB sebanyak 838 orang dengan total kerugian sebesar Rp280,3 miliar.

“Kasus ini berawal dari adanya laporan polisi sebanyak 23 laporan sejak Juli 2020 hingga Juni 2022 lalu. Sehingga, sudah dua tahun kasus ini diusut Korps Bhayangkara. Karena KSP SB diduga telah melakukan tindak pidana menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan tanpa izin usaha dari pimpinan Bank Indonesia, otoritas jasa keuangan, maupun lembaga berwenang lainnya,” jelasnya dikutip dari tribratanews.polri.go.id.

Baca juga   Gubernur Khofifah Takziyah Keluarga Sertu Eka dan Bidan Sri, Korban Serangan di Yalimo

Terkait kasus ini, untuk kedua tersangka itu dipersangkakan Pasal 46 undang-undang Nomor 10 tahun 1998 tentang perubahan atas undang-undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang perbankan dan pasal 378 KUHP dan atau pasal 374 KUHP subsider.

Pasal 372 KUHP dan Pasal 3, Pasal 4 dan Pasal 5 Undang-Undang nomor 8 tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Timur menyatakan jajarannya berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 31 paket narkoba jenis sabu-sabu, dan 40 butir psikotropika jenis dobel L ke dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tulungagung. (Foto: ANTARA)

Peristiwa

Konangan, Upaya Penyelundupan Narkoba di Lapas Tulungagung Terbongkar
Tim tangkap buronan (Tabur) Kejaksaan Agung mengamankan terpidana kasus penipuan atas nama Joko Haryono alias Joko yang merupakan buronan asal Kejaksaan Negeri Medan. (Foto: Tangkapan Layar Video Puspenkum)

Peristiwa

Dibekuk di Jakarta, Kejagung Amankan Buronan Kasus Penipuan di Medan
Wagub Gus Yasin menyampaikan, usai mendapat laporan, langsung menuju lokasi dan mengoordinasikan upaya penanganan. Dari koordinasi yang dilakukan, Pemprov Jateng, Pemkab Banyumas, dan pihak desa, sepakat melakukan pembangunan bronjong pondasi sekitar 100 meter. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Warga Karangduren Laporkan Abrasi Sungai, Gus Yasin Koordinasikan Penanganan
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengapresiasi inisiatif Polres Pemalang yang menyiapkan gerai vaksinasi di Pos Lalu Lintas Pemalang. Di gerai ini, warga bisa datang malam hari untuk menerima vaksin. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Ganjar Apresiasi Si Sambeng, Layani Vaksinasi Sampai Malam dan Sediakan Hadiah Undian
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat menilik kegiatan yang digagas warga RW 07 Kampung Ratmakan, Kelurahan Ngupasan, Kemantren Gondomanan Kota Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Peringati Hari Anak Sedunia, Kampung Ratmakan Gelar Ragam Acara
Rumah rusak di Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang akibat angin kencang. (Foto:humas/beritamagelang)

Peristiwa

Rumah Edi Sarwana Rusak Parah Diterjang Angin Kencang di Magelang
Tugu 66 sebelumnya berlokasi di kawasan Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan sejak tahun 1992, dan sekarang telah berdiri kokoh di lokasi baru di Taman Menteng, Jakarta Pusat. Foto: PPID DKI Jakarta

Peristiwa

Gubernur DKI Resmikan Reokasi Tugu 66 Taman Menteng

Peristiwa

Kecelakaan Maut di Exit Tol Colomadu Pagi Tadi, Satu Orang Meninggal Dunia