Home / News

Kamis, 30 September 2021 - 21:56 WIB

Sudah Lebihi Target, Kuota Vaksin di Surakarta akan Dialihkan ke Soloraya

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Keraton Kasunanan Surakarta didampingi Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Keraton Kasunanan Surakarta didampingi Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

NYATANYA.COM, Surakarta – Sudah melebihi target yang ditentukan, sebagian kuota vaksin di Kota Surakarta akan dialihkan ke wilayah di sekitarnya, khususnya Soloraya. Hal itu untuk mendorong capaian vaksinasi di sekitar Surakarta.

Saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Keraton Kasunanan Surakarta, Rabu (29/9/2021), Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan, capaian vaksinasi di Kota Surakarta telah melebihi target yang ditentukan. Karena itu sebagian kuota vaksin akan dialihkan ke kabupaten lain.

“Solo dan sekitarnya perlu lebih banyak yang divaksinasi, Bapak Presiden ingin (capaiannya) 70 persen di bulan September. Memang yang lebih penting guru-guru, guru-guru itu belum semuanya divaksin jadi itu yang harus diutamakan. Kalau anak-anak umumnya yang terkena itu kecil sekali. Ya walaupun kena biasanya tanpa gejala dan nggak masuk rumah sakit,” kata Budi Gunadi.

Baca juga   Tim Gabungan Jemput Bola Warga Kacangan yang Belum Vaksin

Ditambahkan, saat ini sebagian kuota vaksin dialihkan ke daerah lain di Soloraya, karena target vaksinasi di Kota Surakarta telah melampaui target yang ditentukan. Pemkab Surakarta juga akan membuka layanan vaksinasi bagi warga yang memiliki KTP non-Surakarta, namun bekerja atau berdomisili di kota tersebut.

“Kalau Solo kan sudah lebih, jadi kami kasihnya mungkin ke kabupaten lain atau juga kasih ke Solo tetapi untuk KTP non-Solo,” ujarnya.

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming, mengatakan pemerataan vaksinasi aglomerasi Soloraya harus dikejar, untuk segera mencapai target vaksinasi. Sekaligus, memulihkan kondisi Kota Solo dari pandemi.

“Kami sempat berdiskusi masalah pemerataan vaksin di Soloraya, di Solo kan sudah cukup tinggi (tingkat vaksinasinya) biar kabupaten sekitar mengejar juga. Tadi sudah cukup banyak (yang melakukan vaksinasi), kabupaten sekitar sudah 50% semua, sudah cukup banyak,” ucap Gibran.

Baca juga   PON Papua Jadi Momentum Kebangkitan UMKM dan Milenial

Ia menegaskan, persentase capaian vaksinasi Covid-19 di Soloraya sangat mempengaruhi wilayah aglomerasi, sehingga diharapkan kabupaten-kabupaten di sekitar Kota Surakarta dapat mengejar capaian vaksinasi.

“Yang jelas pemerataan aglomerasi. Solo tidak bisa sendirian, nggak bisa berdiri sendiri. Kalau Solo tinggi yang lain belum mengejar ya percuma. Lansia, adik-adik yang sekolah, (umur) 12 tahun ke atas kan masih mengejar terus tiap hari. Bisa dikejar. Pokoknya total pencapaiannya sudah 115 (persen) kayaknya. Kan KTP luar Solo dibantu TNI Polri,” ujar Gibran. (*)

Share :

Baca Juga

Sejumlah anggota kepolisian berjaga di lokasi penyekatan jalan pintu masuk Kota Singkawang di Jalan Kalimantan Kelurahan Condong Singkawang Barat, Selasa (13/7/2021). Penyekatan dalam rangka Pemberlakuan Pembatasan kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dilaksanakan selama 24 jam mulai tanggal 13 sampai dengan 20 Juli 2021 dengan melibatkan personel TNI, Polri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kota Singkawang. (Foto: MC Kota Singkawang/Eko)

News

Mendagri Terbitkan Instruksi Perpanjangan PPKM
Begini penampakan awan panas guguran Gunung Merapi, Minggu (15/8/2021) pukul 00.43 WIB. (Foto:BPPTKG)

News

Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas Dini Hari Tadi
Gerhana Bulan total. Foto: nyatanya.com/istimewa

News

Catat, 26 Mei 2021 Terjadi Super Blood Moon
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfi saat pers conference di Klaten. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

News

Kapolda Jateng Minta Perketat Pintu Penyekatan Masuk Klaten
Rekaman awan panas guguran Merapi tanggal 5 Agustus 2021 pukul 08.05 WIB. (Foto: BPPTKG)

News

Gunung Merapi 5 Kali Semburkan Awan Panas ke Arah Barat Daya
Wapres Maruf Amin saat menutup PON XX Papua 2021 di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Sentani Timur, Jumat (15/10/2021). (Foto:PON XX Papua 2021/M Solihin)

News

Wapres: Kesuksesan PON Papua Cermin Kuatnya Persatuan dan Kesatuan Bangsa
Bupati Klaten Sri Mulyani memimpin salah satu tim mengunjungi SDN 3 Klaten, SMPN 6 Klaten, dan SDN 1 Klaten. (Foto: Diskominfo Klaten)

News

Cegah Klaster PTM, Pemkab Klaten Terjunkan Tim Khusus Pantau Prokes
(Ilustrasi:nyatanya.com)

News

Meledak, Hari Ini Yogya Tambah 791 Kasus Positif Covid-19