Home / News

Selasa, 5 April 2022 - 11:04 WIB

Sudah Makin Terkendali, Daerah PPKM Level 1 dan 2 Meningkat

Foto: ANTARA

Foto: ANTARA

NYATANYA.COM, Jakarta – Pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) wilayah Jawa-Bali karena pandemi Covid-19 masih terjadi.

Kebijakan tersebut diatur melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 20 Tahun 2022, yang berlaku selama dua minggu mulai 4 April hingga 18 April 2022.

Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Bina Administrasi Wilayah Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Bina Adwil Kemendagri), Safrizal ZA, melalui keterangan tertulisnya, Senin (4/4/2022).

“Perpanjangan PPKM di awal Ramadan ini kita harapkan menjadi pertanda baik, karena sudah semakin banyak daerah yang berada di Level 1,” kata Safrizal.

Menurut Safrizal, sesuai Inmendagri Nomor 20 Tahun 2022 itu jumlah daerah yang berada di PPKM level 1 mengalami kenaikan yang sebelumnya hanya 6 daerah, kini menjadi 20 daerah.

Baca juga   Menlu RI: KTT ASEAN akan Sepakati Koridor Perjalanan

“Kenaikan jumlah daerah juga terjadi pada PPKM level 2, yaitu dari 83 daerah menjadi 99 daerah,” katanya.

Safrizal menyebutkan, jumlah daerah yang berada di PPKM level 3, dari yang sebelumnya 39 daerah menjadi hanya 9 daerah.

“Tdak ada daerah yang berada di level 4,” ujarnya.

Safrizal menuturkan, terdapat perubahan substansi pada pengaturan operasional pada pusat perbelanjaan/mal/pusat perdagangan, hingga warung makan dan restoran/kafe di daerah dengan status Level 2.

Sedangkan, pada Inmendagri Nomor 18 Tahun 2022 diatur pusat perbelanjaan/mal/pusat perdagangan, hingga warung makan dan restoran/kafe hanya dapat beroperasi maksimal pukul 21.00 Waktu Indonesia Barat (WIB), saat ini diatur untuk dapat buka sampai dengan pukul 22.00 WIB.

Baca juga   Kasus Pertama Omicron Ditemukan di Indonesia, Ini Identitasnya

“Selain perubahan pengaturan jam operasional pusat perbelanjaan, kita juga ingin menyampaikan adanya perubahan terhadap pengaturan untuk syarat pertandingan olahraga dengan adanya penekanan vaksinasi booster untuk penonton,” kata Safrizal.

Safrizal menambahkan, pada pelaksanaan pertandingan olahraga, penonton yang akan menyaksikan langsung di tempat acara disyaratkan vaksin booster atau maksimal vaksin dosis kedua dengan menyertakan hasil negatif antigen pada hari pertandingan.

Sedangkan untuk seluruh pemain, ofisial, kru media, dan staf pendukung yang hadir diberikan keringanan dengan diperkenankan minimal vaksin dosis kedua dan hanya menggunakan syarat antigen pada hari pertandingan.

(N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Ilustrasi: nyatanya.com

News

Kasus Aktif Covid-19 Lebih dari 5.000, PPKM Kembali Diperpanjang
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, menyaksikan secara langsung proses vaksinasi bagi ibu hamil di Auditorium Grha Sabha Pramana. (Foto: Humas Pemda DIY)

News

1.110 Ibu Hamil Ikuti Vaksinasi Covid-19 di UGM
Sekolah terpadu dengan pengasuhan foster care dengan konsep asrama menjadi wacana dalam pertemuan antara Gubernur dan Sekda DIY dengan Kepala DP3AP2 Yogyakarta, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY serta OPD terkait pada Selasa (12/4/2022). Foto: Humas Pemda DIY

News

Atasi Kejahatan Jalanan, Pemprov DIY Rancang Boarding School Berbasis Foster Care di Pundong
Kerusakan bangunan SDN Cugenang akibat gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Senin (21/11/2022). Foto: BPBD Kab Cianjur

News

Tuntaskan Pencarian Korban Tertimbun Longsor Akibat Gempa Bumi, Pemkab Cianjur Tambah Alat Berat
Ketua DPR RI Puan Maharani meresmikan penataan kawasan Gunung Kemukus. (Foto: Istimewa)

News

Bakal Jadi Ikon Wisata Sragen, Puan Resmikan Penataan Kawasan Gunung Kemukus
Bupati Yuni mengajarkan cara mencuci tangan yang benar kepada murid TK Pertiwi Sine 1. (Foto: Diskominfo Sragen)

News

Sasar 34.000 Siswa SMP, Vaksinasi Pelajar di Sragen Terus Dikebut
Ilustrasi Tugu Yogyakarta. (Foto: Agoes Jumianto)

News

Bangkit Bersama di Tengah Perlambatan Ekonomi, DIY – Sultra Tandatangani MoU Pembangunan Daerah
Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo deklarasi Generasi Muda Sleman Berinovasi dan Kreatif (Idaman Asik) di Lapangan Pemda Kabupaten Sleman, Kalurahan Tridadi, Sleman, Jumat (25/3/2022). Foto: Humas Sleman

News

Deklarasi Idaman Asik Demi Generasi Muda Sleman Inovatif dan Kreatif