Home / News

Sabtu, 2 Juli 2022 - 19:02 WIB

Sudah Menyebar di 22 Provinsi, Pemerintah Tetapkan Status Keadaan Tertentu Darurat PMK

Pemerintah Indonesia melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menetapkan Status Keadaan Tertentu Darurat Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak melalui Surat Keputusan Kepala BNPB Nomor 47 Tahun 2022. Foto: BNPB

Pemerintah Indonesia melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menetapkan Status Keadaan Tertentu Darurat Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak melalui Surat Keputusan Kepala BNPB Nomor 47 Tahun 2022. Foto: BNPB

NYATANYA.COM, Jakarta – Pemerintah Indonesia melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menetapkan Status Keadaan Tertentu Darurat Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak melalui Surat Keputusan Kepala BNPB Nomor 47 Tahun 2022.

“Menetapkan Keputusan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana tentang penetapan status keadaan tertentu darurat penyakit mulut dan kuku, bunyi Surat Keputusan Kepala BNPB Nomor 47 Tahun 2022,” demikian bunyi surat keputusan yang ditanda tangani oleh Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto, pada keterangan yang diterima InfoPublik, Sabtu (2/7/2022).

Dalam surat keputusan tersebut ada enam poin yang ditetapkan yakni;

Kesatu, menetapkan status keadaan tertentu darurat Penyakit Mulut dan Kuku.

Kedua, penyelenggaraan Penanganan darurat pada masa status keadaan tertentu darurat Penyakit Mulut dan Kuku sebagaimana dimaksud pada diktum Kesatu dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Baca juga   Pertama di Dunia, Pemerintah Kembangkan Kawasan Industri Hijau di Kaltara

Ketiga, penyelenggaraan penanganan darurat sebagaimana dimaksud pada diktum Kedua dilakukan dengan kemudahan akses sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan mengenai penanggulangan bencana.

Keempat, Kepala Daerah dapat menetapkan status keadaan darurat penyakit mulut dan kuku untuk percepatan penanganan penyakit mulut dan kuku pada daerah masing-masing.

Kelima, segala biaya yang dikeluarkan sebagai akibat ditetapkannya keputusan ini dibebankan pada APBN, Dana Siap Pakai yang ada pada Badan Nasional Penanggulangan Bencana, dan sumber pembiayaan lainnya yang sah dan tidak mengikat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Adapun yang Keenam adalah Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan sampai dengan tanggal 31 Desember 2022, dengan ketentuan apabila dikemudian hari terdapat kekeliruan akan dilakukan perbaikan sebagaimana mestinya.

Kasus PMK Menyebar di 22 Provinsi

Menurut data dari Isikhnas Kementan, Jumat (1/7) pukul 12.00 WIB, angka penularan PMK telah mencapai 233.370 kasus aktif yang tersebar di 246 wilayah kabupaten/kota di 22 provinsi.

Baca juga   Musda GPdI DIY, Panom Loloskan tetapi MP Mendiskualifikasi Pdt Samuel Tandiassa sebagai Calon Ketua MD, Begini Kronologinya

Adapun lima wilayah provinsi dengan kasus tertinggi yakni Jawa Timur 133.460 kasus, Nusa Tenggara Barat 48.246 kasus, Jawa Tengah 33.178 kasus, Aceh 32.330 kasus dan Jawa Barat 32.178 kasus.

Berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan PMK, jumlah total akumulasi kasus meliputi 312.053 ekor hewan ternak yang sakit, 73.119 ekor hewan ternak dinyatakan sembuh, 3.839 ekor hewan ternak dipotong bersyarat dan sebanyak 1.726 ekor hewan ternak mati karena PMK.

Sebagai bentuk upaya penanganan darurat wabah PMK, pemerintah terus meningkatkan percepatan pelaksanaan vaksinasi untuk hewan ternak guna meningkatkan kekebalan dan mencegah terjadinya kematian. Adapun jumlah hewan ternak yang telah divaksin telah mencapai 169.782 ekor.

(JR/N1)

Share :

Baca Juga

Penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST) hibah sebidang tanah seluas 493 m² dan 2.769 m² dari KPK untuk Kementerian Agama. (Foto: Biro Humas Kemenag)

News

Kemenag Terima Hibah Tanah dari KPK
Tersangka tragedi Kanjuruhan saat di Mapolda Jatim. Foto: Ist/selalu.id

News

Polisi Tahan 6 Tersangka Tragedi Stadion Kanjuruhan Malang
Semakin berkurangnya donatur, Pemprov Jateng bantu sejumlah panti asuhan di Semarang. (Foto:Humas Jateng)

News

Donatur Berkurang, Panti Asuhan di Semarang Terima Bantuan dari Pemprov
Foto: Angkasa Pura II

News

Inilah Persiapan Transportasi Udara Hadapi Masa Angkutan Nataru 2022/2023
Presiden Joko Widodo. Foto: BPMI Setpres

News

Konektivitas Pembayaran Digital di ASEAN Bukti Konkret Presidensi G20 Indonesia
Sekretaris Jenderal KPU RI Bernad D. Sutrisno. Foto: kpu.go.id

News

Koalisi Masyarakat Sipil Siap Kawal Pemilu 2024 yang Berintegritas
Dosen UMY, Sri Ani (baju batik) foto bersama dengan sebagian peserta kegiatan penguatan literasi digital di TK ABA Jambidan, Bantul. (Foto:istimewa)

News

Wujud Pengabdian Untuk Masyarakat, Tingkatkan Kompetensi Para Guru 
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. (Foto:MC.TMG)

News

Kementan Dorong Temanggung Jadi Kawasan Super Prioritas Pertanian