Home / News

Senin, 13 September 2021 - 09:54 WIB

Sudah Meresahkan, Pemkab Akan Laporkan Pemalsu Akun Facebook Bupati Klaten

Facebook palsu mengatasnamakan Bupati Klaten Sri Mulyani. (Foto: Dok Diskominfo Klaten)

Facebook palsu mengatasnamakan Bupati Klaten Sri Mulyani. (Foto: Dok Diskominfo Klaten)

NYATANYA.COM, Klaten – Nama Bupati Klaten Sri Mulyani dicatut oleh oknum tak bertanggung jawab untuk akun Facebook palsu. Hal ini selain meresahkan masyarakat Klaten khususnya, juga tidak dibenarkan oleh hukum dan undang-undang.

Menyikapi hal ini Pemkab Klaten akan melakukan upaya hukum terkait pihak yang melakukan pemalsuan akun Facebook atas nama Bupati Klaten. Hal ini dilakukan untuk menegakkan hukum atas dugaan pelanggaran sekaligus pembelajaran etika bermedia sosial.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Klaten Amin Mustofa menjelaskan kasus pemalsuan akun Facebook dengan foto Bupati Klaten Sri Mulyani pernah terjadi awal tahun 2021. Dikuatirkan akun tersebut disalahgunakan orang tidak bertanggungjawab.

“Sepekan terakhir kami banyak menerima pertanyaan masyarakat terkait munculnya Facebook dengan profil Bupati Klaten. Kami tegaskan Bupati Sri Mulyani tidak punya akun media sosial Facebook. Beliau hanya punya akun Twitter dan Instagram. Kasus ini tidak bisa dibiarkan. Pemerintah akan melakukan upaya hukum. Kami sudah kordinasi dengan Bagian Hukum agar ada upaya hukum” tegas Amin dalam keterangan resminya, Sabtu (11/9/2021).

Baca juga   Sudah Layani 1.453 Orang, “Bus Vaccine Mobile” Pemprov Jateng Terus Bergerak

Dijelaskan Amin, saat ini sedang mengumpulkan bukti-bukti. Dan masyarakat yang merasa dirugikan atau mengetahui hal ini untuk melaporkan.

“Kami menunggu laporan masyarakat yang mengetahui kasus ini. Tolong hubungi kanal aduan Matur Ibu Klaten di website Pemkab Klaten. Kami sedang kumpulkan bukti–bukti,” tambahnya.

Sedangkan Kepala Sub Bagian Bantuan Hukum dan Hak asasi Manusia Trisna Tirtana saat dihubungi menjelaskan dirinya sedang mempersiapkan upaya hukum.

Baca juga   Aktivitas Gunung Merapi Meningkat, Sampai Malam Ini Sudah 11 Kali Muntahkan Awan Panas Guguran

”Ada indikasi pemalsuan data pribadi. Kami dengan jajaran Dinas Kominfo sedang mengumpulkan bukti–bukti yang ada. Kalau sudah dipandang cukup kami akan melakukan upaya pelaporan hukum. Karena kasus ini bukan sekali terjadi,” tandasnya.

Beredar di kalangan masyarakat platform pertemanan Facebook yang menggunakan foto profil Bupati Klaten Sri Mulyani. Dari percakapan yang ada banyak menyangkut tugas dan jabatan Bupati Klaten. padahal dipastikan Bupati Klaten Sri Mulyani tidak mempunyai akun media sosial berbentuk Facebook. Pemalsuan akun Facebook Bupati Klaten Sri Mulyani ini akan ditindaklanjuti dengan upaya hukum agar tidak ada pihak yang dirugikan. (*)

Share :

Baca Juga

Sejumlah barang bukti rokok ilegal disita petugas. (Foto: Diskominfo Demak)

News

Tim Yustisi Demak Sita 48.180 Batang Rokok Ilegal
Tes usap (swab) antigen secara acak kepada karyawan toko di Temanggung. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

News

Tim Terpadu Penegakan PPKM Lakukan Tes Antigen di Pertokoan
PMI Kabupaten Klaten menyampaikan klarifikasi terkait informasi pejabat Pemerintah Kabupaten Klaten yang mendapatkan vaksin Covid-19 dosis ketiga. (Foto: Diskominfo Klaten)

News

PMI Bantah Beri Vaksin ke Pejabat Pemkab Klaten
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Fenomena Sirkulasi Eddy, Yogya Masih Akan Hujan
Kondisi Gunung Merapi Senin (21/6/2021) pukul 06.37 WIB. (Foto:nyatanya.com/BPPTKG)

News

Pagi Ini Merapi 2 Kali Luncurkan Awan Panas
Kepala Desa Tegalgiri Ngateman (kanan) di sela kegiatan vaksinasi bagi 200 warganya. (Foto: Foto: Diskominfo Boyolali)

News

Percepatan Vaksinasi, Pemkab Boyolali Mulai Sasar Warga Desa
Logo Provinsi Jawa Tengah. (Ilustrasi: nyatanya.com)

News

‘Gedor Lakon’, Gerakan Donor Plasma Konvalesen di Jawa Tengah
Menurut Haryati, bahan pangan yang mengalami fluktuasi harga di antaranya adalah cabai rawit dan minyak goreng. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

News

Jelang Idul Adha, Stok Pangan Dipastikan Aman