Home / Gayahidup

Senin, 21 November 2022 - 13:33 WIB

Suguhkan Fesyen Terbaiknya, 13 Desainer Tutup Gelaran AIRA Fashion On The Spot 2022

Busana rancangan Tari Made yang berbicara tentang alam. Foto: Agoes Jumianto

Busana rancangan Tari Made yang berbicara tentang alam. Foto: Agoes Jumianto

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pameran Seni Kriya 2022, AIRA Fashion On The Spot (AFOTS) tuntas sudah digelar selama empat hari berturut dari 17 – 20 November 2022 di Atrium Jogja City Mall.

Tampil di malam terkahir, Minggu (20/11/2022) sebanyak 13 fashion designer dari berbagai daerah di Jawa dan Bali.

Mereka adalah Indiferyto Paket Pesta & Boutique (Sleman), Louis Ang (Bantul) x Bemberg, Ferry Setiawan (Semarang), Indriya Aryanto (Cilacap), Tari Made (Bantul) x Bemberg, Dimas Santoesa (Semarang), Aldion Supriyono x Batik UmiyLasega (Semarang).

Busana pengantin koleksi Indiferyto Paket Pesta & Boutique. Foto: Agoes Jumianto

Kemudian Dinas Perindustrian Semarang (Elkana Gunawan, Pratesthi, Aning Lumos), Uzy Fauziah (Sukoharjo), Sakamade Boutique by Tari Made (Bantul), Lemospires by Puthut Ardianto & Herlina Kristanti (Yogyakarta), Tika Setya x Uzy Fauziah (Sleman), dan Gege Dejong (Bali).

Berbeda dengan usungan para desainer hari sebelumnya, yang lebih banyak mengusung hijab syari, pada edisi terakhir diwarnai kejutan-kejutan dalam konsep dan gaya fesyen rancangan mereka.

Busana pengantin koleksi Indiferyto Paket Pesta & Boutique. Foto: Agoes Jumianto

Ferry Setiawan membawa 10 outfit yang terdiri 2 untuk cowok dan 8 busana wanita. Dimana kesemuanya bertema natural.

“Berbeda dari karya-karya saya sebelumnya, kali ini jauh dari batik, tenun maupun adiwastra. Rancangan saya ini bisa di-combaine untuk pecinta fesyen muslim maupun non muslim bisa menikmatinya,” ungkap Ferry Setiawan dalam sesi pers conference jelang fashion show.

Baca juga   Intensitas Curah Hujan Tinggi, Warga Yogya Diminta Waspada

Bagi Ferry Setiawan, Yogyakarta menjadi istimewa karena diakui pasar fashion karyanya memang banyak disukai pasar Yogyakarta. Tak heran jika ia begitu ngotot menunjukkan rancangan terbaiknya di ajang AFOTS 2022.

Karya Dimas Santoesa. Foto: Agoes Jumianto

Tak cuma Ferry Setiawan, tiga fashion designer yang tergabung dalam utusan Dinas Perindustrian Kota Semarang, Elkana Gunawan, Pratesthi, Aning Lumos bahkan sengaja berkolaborasi dengan menyuguhkan karya yang secara khusus mengusung tema Malioboro berbasis ecoprint.

Sedangkan Aldion Supriyono (Semarang) mengangkat Batik khas Kalimantan Lamandau dalam karyanya kali ini yang terinspirasi motif Lamandau yang kaya akan flora dan faunanya.

“Saya terinspirasi dengan cerita dewa dewi yang berjudul Mahatala Jata, dewa dewi yang memiliki dua gender. Jadi konsep bajunya bisa dipakai untuk pria dan juga wanita,” terang Aldion.

Tak kalah wah, adalah koleksi busana pengantin yang diusung Indiferyto Paket Pesta & Boutique yang memfasilitasi perajin-perajin kecil di wilayah Prambanan, Klaten.

Baca juga   All New Aerox 155 Connected Version Hadir dengan Striping Baru
Busana rancangan Tari Made yang terinspirasi dari burung hantu. Foto: Agoes Jumianto

Demikian halnya Tari Made dengan brand Sakamade Boutique yang mengusung 20 outfit yang dibagi dua, Tari Made X Bemberg serta manshow yang kesemuanya berbicara tentang alam.

“Semua desain batik ini sala kerjakan sendiri secara handmade, khusus yang dikerjakan bersama Bemberg semua menggunakan kain sutera dengan motif bunga. Sementara yang manshow saya menambahkan lambang burung hantu, tidak seseram namanya. Secara filosofi burung hantu adalah burung yang penuh bijaksana, melambangkan kecerdasan,” beber Tari Made.

Para fashion designer yang mengusung karyanya di hari terakhir gelaran AFOTS 2022 di Jogja City Mall, Minggu (20/11/2022). Foto: Agoes Jumianto

Pameran Seni Kriya 2022 dan AIRA Fashion On The Spot (AFOTS) yang dibesut PT Aira Mitra Media dan Rumah Pentas ini memang tak melulu memamerkan rancangan busana para desainer, tetapi juga membangun jaringan dan pemasaran yang bisa dilakukan dalam ajang ini.

Apalagi di ajang ini dihadirkan pula para buyer dari Negara Oman, Yaman dan Sudan sehingga bisa melihat langsung produk-produk Indonesia khususnya seni kriya termasuk fesyen, dan melahirkan transaksi.

(Aja)

Share :

Baca Juga

Komunitas Mapstrack Jakarta ini sengaja datang ke Magelang menjajal rute gowes di lereng bukit Menoreh yang menantang dan eksotik. (Foto: Humas/beritamagelang)

Gayahidup

Mapstrack, Komunitas Gowes Jakarta Taklukkan Rute Tumpeng Menoreh
Acara pre-launch Wuling EV yang bertajuk Electrify Your World yang berlangsung pada hari ini di Laguna Atrium, Central Park, Jakarta pada Rabu (1/6/2022) lalu. Foto: wuling.id

Gayahidup

Mantap, Wuling EV Resmi Jadi Official Car Partner KTT G20
All New Daihatsu Sirion. Foto: Ist

Gayahidup

Baru Meluncur, Segini Jumlah Pembeli All New Daihatsu Sirion, Tipe R Paling Banyak Diminati
(Foto: Humas Jateng)

Gayahidup

Yoghurt ‘Yompimpah’, Jamu Peningkat Imun Buatan Mahasiswa Unsoed

Gayahidup

Virgo, Hari Ini Kamu Dapat Mengharapkan Sebuah Pendapatan yang Spektakuler
(Foto: Istimewa)

Gayahidup

Ini Daftar Daerah yang Mendapatkan Perangkat TV Digital STB Gratis untuk Warga Miskin
Aprilia SR-GT Sport 200. Foto: Ist

Gayahidup

Ini Spek dan Harga Aprilia SR-GT 200, Matik Bongsor yang Mengaspal di Indonesia

Gayahidup

Taurus, Ambil Nafas Dalam-dalam Jika Kamu Merasa Akan Meledak