Home / News

Minggu, 9 Juni 2024 - 18:50 WIB

Suhu Arab Saudi Panas, PPIH Kloter 65 SUB Mojokerto Rutin Pantau Kesehatan Jemaah

Ketua rombongan kloter 65 SUB Mojokerto sekaligus koresponden Nyatanya.com memberikan pendampingan kepada jemaah lansia.  (Foto: Muhammad Sirojuddin)

Ketua rombongan kloter 65 SUB Mojokerto sekaligus koresponden Nyatanya.com memberikan pendampingan kepada jemaah lansia. (Foto: Muhammad Sirojuddin)

NYATANYA.COM, Mekkah – Pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 2024 saat ini, pemerintah berharap seluruh jemaah tidak mengalami sakit berat ketika menjalani ibadah yang menuntut ketahanan fisik di tengah cuaca panas Arab Saudi.

Sehingga, pemerintah melalui Pusat Kesehatan (Puskes) Haji Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI memantau kesehatan para jemaah yang memiliki riwayat penyakit (komorbid) seperti hipertensi, diabetes dan jantung. Pemantauan kesehatan ini dibagi dalam sejumlah kategori risiko, yakni risiko tinggi, sedang, dan rendah.

Pemantauan kesehatan juga lebih difokuskan terhadap para jemaah lansia. Apalagi saat ini mengingat suhu (cuaca) di Arab Saudi cukup panas dan menyengat, yaitu mencapai 43 derajat celcius. Secara otomotas para jemaah rentan akan dihidrasi.

Baca juga   Pemerintah Antisipasi Lonjakan Pemudik dan Maksimalkan Capaian Vaksinasi

Terkait hal tersebut, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kloter 65 SUB Kabupaten Mojokerto juga telah mengantisipasi kondisi cuaca yang cukup panas itu.Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua rombongan calon jemaah haji koletr  65 SUB Mojokerto, Muhammad Sirojuddin S.Ag sekaligus koresponden Nyatanya.com dari Kota Mekkah, Minggu (9/6/2024).

Dilaporkannya, bahwa seluruh PPIH Kloter 65 SUB Kabupaten Mojokerto terus melakukan pemantauan serta pendampingan terhadap para jemaah, khususnya jemaah para lansia sehubungan dengan kondisi cuaca yang cukup panas di Arab Saudi.

Baca juga   Capaian Vaksin Ibu Hamil di Kendal Baru 38,79 Persen

“Alhamdulillah, hingga saat ini seluruh jemaah haji dari Kloter 65 SUB Kabupaten Mojokerto sehat. Tim medis (kesehatan) senantiasa melakukan pemantauan secara berkala terhadap jemaah, utamanya para lansia. Harapan kami, dengan kondisi suhu yang cukup panas idi Arab Saudi ini jemaah tetap dapat menjaga kesehatan dengan baik, dengan cara mengikuti seluruh anjuran-anjuran yang disampaikan oleh tim kesehatan, sehingga mampu melaksanaan seluruh proses ibadah dengan baik, khusuk dan lancar,” papar Muhammad.  (Laporan langsung koresponden Muhammad Sirojuddin)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi. Foto: Ist

News

Bareskrim Polri Periksa Dua Perusahaan Farmasi Terkait Kasus Gagal Ginjal Akut
Foto: BPMI Setpres

News

Presiden Anugerahkan Bintang Bhayangkara Naraya kepada Tiga Anggota Polri
Foto: Antara

News

Enam Posko Bantuan STB Disiapkan bagi Rumah Tangga Miskin
Foto: Pixabay

News

Target Indonesia Bebas Malaria di 2030
Pencarian korban APG Gunung Semeru terus dilakukan oleh Tim SAR BPBD dan para relawan. Sampai saat ini sudah ada 22 korban meninggal dunia dan 54 korban luka yang sudah mendapatkan perawatan di sejumlah fasilitas kesehatan di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. (Foto: MC Kab. Lumajang/Fd)

News

Proses Pencarian Korban Erupsi Semeru Terus Dilakukan, Meninggal Jadi 22 Orang
Rumah Sakit lapangan yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan penanganan kesehatan pengungsi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (22/11/2022). Foto: BNPB

News

Update! 268 Warga Meninggal Dunia Akibat Gempa Cianjur, Teridentifikasi 122 Jenazah, Hilang 151 Orang
Kasi Humas Polresta Yogyakarta AKP Sujarwo menjelaskan, rombongan pemotor yang bentrok di Jalan Urip Sumoharjo merupakan alumni dari salah satu SMP Negeri di Kota Jogja. (Humas Polres Jogja/tangkap layar X Merapi Uncover)

News

Konvoi Motor Berujung Keributan, 4 Pemuda Diamankan Polisi di Jalan Urip Sumoharjo Jogja
(Ilustrasi/nyatanya.com)

News

Hari Ini 780 Orang Positif Covid-19 di DIY Sembuh