Home / Peristiwa

Selasa, 22 Juni 2021 - 14:10 WIB

Sukoharjo Genjot Vaksinasi untuk Lansia

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani saat meninjau pelaksanaan vaksinasi untuk lansia. Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani saat meninjau pelaksanaan vaksinasi untuk lansia. Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng

NYATANYA.COM, Sukoharjo – Pemerintah Kabupaten Sukoharjo terus menggenjot vaksinasi untuk lanjut usia di wilayahnya, sebagai upaya untuk menekan penyebaran Covid-19. Seperti pelaksanaan di Kecamatan Grogol, Baki dan Weru, Senin (21/6/2021), yang dipantau Bupati Sukoharjo, Etik Suryani.

Dalam kesempatan itu, bupati berpesan pada lansia yang tengah divaksin untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) usai divaksin. Ia mengatakan, dengan pantauan seperti itu akan diketahui antusiasme warga lansia untuk mendapatkan vaksin corona. Terlebih, Pemkab Sukoharjo menargetkan vaksinasi lansia segara rampung, karena lansia merupakan usia rentan.

“Saya harap masyarakat Sukoharjo semua sehat karena saat ini angka kasus corona masih naik turun. Yang penting, sehabis vaksin tetap menjalan prokes 5M, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas,” pesan Etik.

Baca juga   Peringati Hari Pramuka, Wabup Ikuti Upacara Virtual dan Ziarah

Ia mengatakan, vaksin bukanlah obat, sehingga harus tetap menjalankan prokes meski sudah divaksin dan berperilaku hidup bersih dan sehat. Untuk masyarakat yang belum mendapat vaksin, bupati meminta untuk bersabar karena saat ini pemberian vaksin diprioritaskan untuk lansia.

Terkait dengan klaster hajatan, ia mengatakan Pemkab Sukoharjo sudah mengambil kebijakan dengan melarang kegiatan hajatan. Untuk pernikahan hanya diperbolehkan ijab qobul dengan peserta maksimal 10 orang, dan memiliki surat hasil tes swab antigen.

Baca juga   Kembangkan Varietas Padi Srimulyo, Mahasiswa Turun ke Sawah

“Kebijakan ini bukan berarti kami melarang pernikahan. Kami hanya ingin masyarakat Sukoharjo sehat dan tidak terpapar corona karena sudah ada klaster hajatan,” tegas Etik.

Hingga 19 Juni 2021, tenaga kesehatan yang mendapat dosis pertama vaksin sebanyak 9.515 orang, dan dosis kedua 9.066 orang. Sedangkan untuk petugas layanan publik, dosis pertama 25.251 orang, dan dosis kedua 8.801 orang. Untuk lanjut usia, dosis pertama sudah diberikan pada 35.012 orang, dan untuk dosis kedua 18.482 orang. (*)

Share :

Baca Juga

Polres Blora Polda Jawa Tengah melalui Satuan Lalu Lintas menggelar sosialisasi tentang larangan menggunakan knalpot brong kepada pemilik bengkel knalpot serta beberapa toko penjual knalpot, Jumat (14/1/2022). (Foto:MC Kab. Blora/Teguh)

Peristiwa

Polantas Polres Blora Sosialisasi Larangan Gunakan Knalpot Brong Sepeda Motor
Koptu Ridwan lakukan Komsos patroli shelter covid-19. FOTO : nyatanya.com/istimewa

Peristiwa

Babinsa Koramil Tegalrejo Patroli Shelter Covid-19
Wakil Walikota Surakarta Teguh Prakosa membuka Festival kuliner “Keplek Ilat Creative Food”. (Foto: nyatanya.com/Diskominfo Solo)

Peristiwa

Festival Kuliner “Keplek Ilat Creative Food”, Upaya Berdayakan UMKM
Acara dialog Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) bertajuk "Indonesia Bidik Raja Industri Halal". (Foto: Tangkapan Layar Youtube FMB9)

Peristiwa

Indonesia Harus Menjadi Raja Industri Halal Dunia
Bupati Sukoharjo Etik Suryani menyerahkan santunan uang duka kepada ahli waris. Foto: MC Kab.Skh

Peristiwa

Dinsos Sukoharjo Salurkan Santunan Uang Duka untuk 3.378 Ahli Waris
SM menunjukkan bukti surat laporan polisi atas dugaan perzinaan JU dan oknum ASN berinisial SR. (Foto: Istimewa)

Peristiwa

Ditawari Rp 15 Juta Berdamai, Isteri Bersikukuh Kasuskan Suami dan Oknum ASN
Vaksinasi massal yang digelar Polres Batang bekerjasama dengan TNI, Pemkab, dan Kejaksaan Negeri Batang. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Batang)

Peristiwa

11 Ribu Vaksin untuk Puskesmas Batang Didistribusikan
Ilustrasi pemungutan suara. Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS masa bakti 2021/2022 di SMK Bhumi Phala Parakan di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah menerapkan pemungutan suara secara elektronik atau e-voting, Selasa (7/12/2021). (Foto: MC.TMG)

Peristiwa

Ajar Berdemokrasi, Pemilihan Ketua OSIS di Sekolah Ini Pakai e-Voting