Home / Peristiwa

Sabtu, 30 April 2022 - 16:40 WIB

Sungai Silutung Meluap, Ratusan Rumah di Situbondo Terendam Banjir

Petugas BPBD Kabupaten Situbondo melakukan kaji cepat dilapangan di Desa Semiring, Kecamatan Mangaran, Situbondo, Jawa Timur, Kamis (28/4/2022). (Foto: BPBD Kabupaten Situbondo)

Petugas BPBD Kabupaten Situbondo melakukan kaji cepat dilapangan di Desa Semiring, Kecamatan Mangaran, Situbondo, Jawa Timur, Kamis (28/4/2022). (Foto: BPBD Kabupaten Situbondo)

NYATANYA.COM, Situbondo – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo melaporkan banjir yang melanda wilayahnya pada Kamis (28/4/2022) dini hari.

Sebanyak 139 rumah warga di Kecamatan Mangaran, Situbondo, Provinsi Jawa Timur terendam banjir, peristiwa ini terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi dan meluapnya Sungai Silutung.

Selain rumah warga, banjir ini juga berdampak pada sektor pertanian, yakni pupuk urea milik warga ikut terendam banjir. Ketinggian muka air saat terjadi banjir berkisar antara 50 – 90 sentimeter.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Ph.D. menjelaskan, hasil kaji cepat dilapangan mencatat sedikitnya 139 KK di Desa Semiring yang terletak di Kecamatan Mangaran juga terdampak. Kondisi banjir juga dilaporkan sudah surut, tidak ada korban jiwa atas kejadian ini.

Baca juga   Dianggap Peduli Budaya, Tokoh Adat Tobelo Ini Serahkan Baju Adat untuk Ganjar

“BPBD Kabupaten Situbondo menggandeng Pemerintah Desa setempat, Tni, Polri, Dinsos, dan warga untuk melakukan koordinasi terkait upaya percepatan penanganan darurat,” ujar Muhari dalam keterangan resminya, Sabtu (30/4/2022).

Berdasarkan informasi prakiraan cuaca BMKG untuk wilayah Situbondo hari ini, Sabtu (30/4/2022) berpotensi turun hujan dengan intensitas ringan disertai petir, dengan kecepatan angin berkisar 10 – 30 KM/Jam.

Baca juga   Presiden: Proses Evakuasi Korban Gempa Cianjur Jadi Prioritas

Meski demikian, para pemerintah desa setempat dan masyarakat diminta untuk tetap siaga dan waspada terhadap potensi adanya banjir susulan apabila terjadi hujan berdurasi lama.

Merujuk hasil analisa InaRISK, Kabupaten Situbondo memiliki potensi risiko banjir dengan kategori sedang hingga tinggi.

Oleh karena itu, BNPB menghimbau masyarakat untuk melakukan mitigasi bencana serta meningkatkan kesiapsiagaan.

Mengingat masa peralihan musim (pancaroba) dapat mimicu terjadinya potensi risiko bencana hidrometeorologi yang dipicu faktor cuaca.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Foto: PPID DKI Jakarta

Peristiwa

Gubernur dan Wagub DKI Gelar Perpisahan dengan Seluruh ASN Jakarta
Walikota Afzan Arslan Djunaid saat meninjau Lapas Kelas IIA Pekalongan yang ikut terendam banjir. (Foto: Dinkominfo Kota Pekalongan)

Peristiwa

Banjir di Kota Pekalongan Juga Genangi Lapas Kelas IIA
Gebyar Sumpah Pemuda, dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022, pada Jumat (28/10/2022), digelar di kawasan pedestrian Jalan Malioboro. Foto: Humas Pemkot Yogya

Peristiwa

Gebyar Sumpah Pemuda, Beri Ruang Kreasi dan Apresiasi Pemuda Kota Yogya
Aparat gabungan wilayah Kecamatan Gatak menggelar patroli menyapa warga masyarakat, memberikan imbauan, edukasi dan sosialisasi Prokes. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkab Sukoharjo)

Peristiwa

Aparat Gabungan Gatak Tak Henti Patroli Prokes
Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq melihat pelaksanaan vaksinasi perdana bagi pelajar. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

Peristiwa

Vaksinasi Pertama bagi Remaja di Kabupaten Pekalongan
Driver ojek makanan yang viral mengaku korban klitih di Blimbingsari, ternyata cuma omong kosong. (Foto: Istimewa)

Peristiwa

Viral Driver Ojek Food Jadi Korban Klitih di Blimbingsari, Ternyata Cuma Apus-apus
Tim Damkar Kota Yogyakarta membantu evakuasi mobil BPBD Kota Yogya yang terlibat kecelakaan. (Foto:nyatanya.com/@damkarjogja113)

Peristiwa

Iringi Ambulans Covid-19, Mobil BPBD Yogya Kecelakaan di Simpang Galeria
Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang Sarwoko Mugiyono. (Foto: MC Kab Rembang)

Peristiwa

Pemkab Rembang Siapkan Mobil Vaksin Khusus Wisatawan