Home / Plus

Senin, 9 Agustus 2021 - 20:02 WIB

Super Hero Beri Bantuan dan Hibur Anak-anak yang Isoman

Danar dan Pipit menjadi Super Hero agar anak-anak senang dan terhibur di tengah pandemi. (Foto: dokumentasi pribadi)

Danar dan Pipit menjadi Super Hero agar anak-anak senang dan terhibur di tengah pandemi. (Foto: dokumentasi pribadi)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Meningkatnya penyebaran virus Covid-19 menambah keprihatinan kita. Tak pilih-pilih, semua bisa terpapar virus ini. Isolasi mandiri (isoman) menjadi wajib bagi penderita yang OTG maupun bergejala ringan. Tak jarang dari mereka adalah anak-anak yang harus diam di rumah lantaran isoman.

Dari keprihatinan ini, sepasang suami istri dari Sukoharjo, Danar dan Pipit tergelitik untuk berbuat sesuatu untuk meringankan beban bagi anak-anak yang harus isoman di rumah.

Melalui program ‘Super Isoman’, mereka menyambangi rumah anak-anak yang sedang menjalani isoman di sekitar Sukoharjo dan Solo.

Yang unik, Danar dan Pipit menghibur anak-anak dengan memakai kostum super hero, seperti Superman, Batman, Spiderman, Gundala, dan sebagainya.

Super Isoman datang memberi bantuan dan hiburan. (Foto: dokumentasi pribadi)

Selain itu, mereka juga memberikan snack, makanan sego berkat dan balon. Tak lupa Danar mendongeng buat mereka. Ajakan menjaga prokes selalu disampaikan dengan gaya jenakanya.

Baca juga   Ajak Generasi Milenial, Komunikotavisual Peringati Hari Lahir Pancasila dengan Doodle Art

“Anak-anak sangat bahagia dapat ketemu super hero idolanya. Tentu kegembiraan ini dapat meningkatkan imun saat isoman,” ujar pria yang punya nama lengkap Agus Widanarko, SE. MH. M.Si.

Danar dikenal sudah beberapa tahun terjun di masyarakat untuk kegiatan kepedulian sosial. Diawali sebagai penyuluh kampanye anti narkoba, ia kerap memberikan penyuluhan ke seluruh Indonesia. Atas prestasinya itu, ia pernah meraih penghargaan dari Presiden RI tahun 2014 yang lalu.

Empat tahun lalu, Danar kepikiran menggunakan kostum berbeda saat memberikan penyuluhan, karena penyuluhannya juga merambah anak-anak sekolah, dari TK hingga SMA, tentu dengan materi yang berbeda.

“Bagi anak-anak, pesan lebih mudah tersampaikan jika disampaikan oleh super hero idola mereka,” tambah Danar.

Baca juga   Resmi Diluncurkan, Pasar UMKM Jumat Berkah Digelar Tiap Pekan di Balaikota Yogya
Danar dan Pipit menjadi Super Hero agar anak-anak senang dan terhibur di tengah pandemi. (Foto: dokumentasi pribadi)

Mulai saat itulah kostum menjadi sangat penting buat Danar dan Pipit. Sekitar 20 kostum mereka punyai saat ini, baik kostum super hero luar maupun lokal, seperti Hanoman, Gaotkaca, Gundala, dan lain-lain.

Menjelang hari raya Idul Adha Juli lalu, melalui program Superban (Super Qurban), misalnya, mereka mampu mengumpulkan donatur untuk ikut berkurban. 7 ekor kambing dikirimkan di beberapa panti asuhan sekitaran Sukoharjo, untuk berbagi kegembiraan di hari Idul Adha.

“Kami bukan orang-orang super, tapi setidaknya berusaha menjadi ‘hero’ untuk lingkungan kita. Semoga yang kami lakukan ini dapat memotivasi masyarakat. Saat pandemi ini merupakan saat yang tepat untuk menjadi ‘pahlawan’ buat keluarga dan masyarakat terdekat kita,” ucap Danar mengakhiri obrolan. (AgR)

Share :

Baca Juga

Sambatan atau gotong royong salah satu kearifan lokal yang ada di wilayah Kabupaten Blora sampai saat ini masih terpelihara dengan baik. (Foto: MC Kab. Blora/Teguh)

Plus

Tradisi Sambatan Bangun Rumah di Desa Nglekir Bogorejo Blora Masih Terpelihara
Pelayanan KRS yang dilaksanakan oleh Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Jawa 3 itu membuka layanan informasi dan bantuan teknis dari perencanaan rumah sampai perawatan rumah. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Plus

Ingin Bangun Rumah? Klinik Rumah Swadaya Layani Konsultasi Gratis
Pengelolaan sampah eco enzy merupakan salah satu upaya untuk memanfaatkan limbah rumah tangga. Foto: Humas Pemkot Yogya

Plus

Rumah Eco Enzyme Olah Sisa Buah dan Sayur Jadi Aneka Manfaat
Budidaya tumbuhan keladi sedang menjadi primadona pecinta tanaman hias. Motif daunnya yang warna-warni dan cantik membuat tanaman ini banyak diminati masyarakat. Kini Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta tengah mengembangkan budidaya tanaman keladi melalui kultur jaringan. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Plus

DPP Kota Yogya Kembangkan Tanaman Keladi Langka dengan Kultur Jaringan
Bukan hanya laris saja, kripik pisang bermerek @bananacrackers1 miliknya juga sudah sampai di sejumlah kota di Indonesia. Foto: Diskominfo Jateng

Plus

Modal Rp50 Ribu, Bisnis Kripik Pisang di Klaten Omsetnya Kini Jutaan Rupiah Gegara Ini
Kegiatan PKM yang diselenggarakan UGM di Desa Pakunden, Ngluwar, Magelang. Dok.UGM/Tasya Sekaranti Anjani

Plus

Perkuat Ketahanan Masyarakat, UGM Laksanakan Program PKM di Ngluwar Magelang
Rahayu Nur Hayati, Duta Arsip DIY 2022. Foto: Ist

Plus

Ini Pengalaman Duta Arsip DIY 2022 Rahayu Nur Hayati Pandu Wisata Virtual
Kampung panca tertib Notoprajan Kelurahan Notoprajan Kemantren Ngampilan melakukan panen sayur hasil pemanfaatan lahan kosong, Selasa (11/1/2022). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Plus

Panen Sayur Kampung Notoprajan Penuhi Kebutuhan Gizi Warga