Home / News

Kamis, 25 November 2021 - 17:35 WIB

Surplus Neraca Perdagangan pada Oktober 2021 Catat Rekor Tertinggi

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto: InfoPublik)

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto: InfoPublik)

NYATANYA.COM, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, mengatakan bahwa surplus neraca perdagangan pada Oktober 2021 sebesar USD5,7 miliar, merupakan rekor tertinggi dalam 20 tahun terakhir.

“Secara kumulatif, yakni Januari-Oktober 2021, surplus neraca perdagangan mencapai USD30,8 miliar, tertinggi dalam 14 tahun terakhir,” kata Menkeu dalam Konferensi Pers APBN KITA pada Kamis (25/11/2021).

Ditambahkannya, ekspor juga mengalami peningkatan sebesar 53,35 persen (years on years/yoy). Tingginya ekspor ini didukung oleh kenaikan harga komoditas dan volume ekspor migas dan non-migas.

Baca juga   Selama PPKM Darurat, Malioboro Gelap Mulai Pukul 20.00 WIB

“Ekspor migas naik 9,91 persen (month-to-month/mtm) dan 66,84 (yoy), sementara ekspor nonmigas naik 6,75 perden (mtm) dan 52,75 persen (yoy),” ujar Menkeu.

Meski demikian, lanjut Menkeu, impor juga mengalami pertumbuhan yang tinggi, yakni sebesar 51,06 persen (yoy). Tingginya impor ini terutama didorong oleh pertumbuhan impor barang modal dan bahan baku dan penolong yang mengindikasikan menguatnya aktifitas sektor manufaktur.

Dari sisi Neraca Pembayaran, Menkeu mengungkapkan bahwa pada kuartal III-2021, Neraca Pembayaran Indonesia mencatatkan surplus sebesar USD10,69 miliar. Tingginya surplus ini didukung perbaikan transaksi berjalan dan meningkatnya surplus transaksi modal dan finansial.

Baca juga   Gunung Merapi Kembali Semburkan Awan Panas

Transaksi Berjalan mencatatkan surplus sebesar USD4,5 miliar (1,49 persen PDB), yang di dukung neraca barang yang meningkat, seiring terjaganya permintaan negara mitra dagang dan kenaikan harga komoditas.

Menkeu mengeaskan, cadangan devisa di akhir Kuartal III-2021 mengalami peningkatan, menjadi sebesar USD146,9 miliar. “Angka ini setara dengan pembiayaan 8,6 bulan impor dan pembayaran ULN pemerintah,” ujar Menkeu.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Vaksinasi yang digelar alumni AKPOL angkatan 1995 eks yon Patriatama di halaman parkir Unit Teater dan Pentas Ramayana Prambanan. (Foto: media_twc)

News

Vaksinasi Pelajar dan Pelaku Wisata di Prambanan Targetkan 3.000 Dosis
Haryadi Suyuti dan Heroe Poerwadi turun langsung ke lapangan melihat pelaksanaan PPKM Darurat di Kota Yogyakarta. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

News

Selama PPKM Darurat, Malioboro Gelap Mulai Pukul 20.00 WIB
Kabid Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Pengolaan Data Sistem Informasi Kesehatan (P2P dan PDSIK) Lana Unwanah. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Dinkes Siapkan Rencana Vaksinasi Anak di Kota Yogya
Sri Sultan meminta agar para penambang pasir yang menggunakan alat berat di sekitar lereng Gunung Merapi harus segera berhenti beroperasi. (Foto: Humas Pemda DIY)

News

Sri Sultan: Hentikan Penambangan Pasir di Lereng Gunung Merapi!
Bupati Sukoharjo Etik Suryani melakukan pantauan vaksinasi di Graha PGRI, Senin (18/10/2021). (Foto: MC Kab Sukoharjo)

News

Sentra Vaksin Sukoharjo Mulai Layani Warga Luar Daerah
Ilustrasi BST. (Foto:nyatanya.com/Ignatius Anto)

News

BST Cair! Cek Siapa Tahu Anda Salah Satunya yang ‘Kecipratan’ Rp300.000/bulan
Logo Pemerintah Kabupaten Sleman. (nyatanya.com)

News

Bupati Sleman: Di Rumah Saja untuk Memutus Rantai Penyebaran Covid-19
Ilustrasi aktivitas PKL dan pertokoan di Malioboro mulai bergeliat, meski masih sepi. Foto diambil hari pertama PPKM Darurat diberlakukan 3 Juli 2021. (Foto:nyatanya.com/Agoes Jumianto)

News

Hari Pertama PPKM Darurat Positif Covid-19 DIY Meroket, Tambah 1.358 Kasus