Home / Peristiwa

Sabtu, 4 September 2021 - 13:17 WIB

Susun Masterplan, Wonogiri Siapkan Diri Menjadi ‘Smart City’

Bimbingan Teknis Penyusunan Masterplan Smart City yang digelar Pemkab Wonogiri. (Foto: Humas Kab Wonogiri)

Bimbingan Teknis Penyusunan Masterplan Smart City yang digelar Pemkab Wonogiri. (Foto: Humas Kab Wonogiri)

NYATANYA.COM, Wonogiri – Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan salah satu alternatif solusi untuk permasalahan pembangunan daerah yang semakin kompleks. Di era digitalisasi media, Pengembangan Kota Cerdas (Smart City) menjadi alternatif solusi Pembangunan Daerah Jangka Menengah hingga Panjang.

Pemerintah Kabupaten Wonogiri terpilih menjadi salah satu dari 48 kabupaten/kota di Indonesia sebagai daerah yang ditetapkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dalam Program Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City).

Hal ini kemudian ditindaklanjuti dengan ditandatanganinya Nota Kesepakatan antara Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo dengan Pemkab Wonogiri dan diterbitkannya Keputusan Bupati Wonogiri Nomor 555/151/HK/2021 tentang Pembentukan Dewan dan Tim Pelaksana Smart City Kabupaten Wonogiri.

Konsep Smart City ini sendiri bertujuan untuk memberikan pelayanan publik yang lebih transparan, efektif, efisien, dan akuntabel. Pembangunan berbasis Smart City membutuhkan dukungan dari segenap elemen, utamanya perangkat daerah. Oleh sebab itu, Pemkab Wonogiri menggelar Bimbingan Teknis Penyusunan Masterplan Smart City yang rencananya akan digelar dalam empat tahap.

Baca juga   Selama PPKM Darurat Dishub Kota Gencar Lakukan Operasi

Tahap pertama dilaksanakan selama dua hari, yakni Jumat (3/9/2021) dan Sabtu (4/9/2021) di Ruang Khayangan Kompleks Sekretariat Daerah Kabupaten Wonogiri. Hadir sebagai narasumber dari dalam kegiatan tersebut Maykada Harjono dari Kemenkominfo dan Andriari Grahitandaru dari Pusat teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) Balai Pengkajian dan Penerapan Teknologi. Peserta yang hadir dalam kegiatan ini adalah utusan dari organisasi perangkat daerah dan Kecamatan se-Kabupaten Wonogiri.

Baca juga   Serahkan BST, Ganjar: Gunakan Model Gotong Royong Insyaallah Semua Dapat

Wakil Bupati Wonogiri Setyo Sukarno menuturkan bahwa Smart City menjadi salah satu bagian dari Misi Kabupaten Wonogiri, yakni menjadikan masyarakat Wonogiri pintar sekaligus meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui penguatan dan pemantapan kualitas pendidikan berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi. Setyo Sukarno berpesan agar peserta dapat berpartisipasi aktif dalam Bimtek Penyusunan Masterplan Smart City ini.

“Dalam pelaksanaan Gerakan menuju Smart City, diperlukan adanya panduan atau Masterplan agar Pemkab Wonogiri mampu mengimplementasikan konsep Smart City sesuai karakter dan potensi yang dimiliki. Karenanya, kami menghimbau kepada peserta Bimbingan teknis untuk dapat mengemukakan ide, gagasan, bertukar pikiran dan pengetahuan demi mewujudkan kabupaten Wonogiri yang cerdas,” terang Setyo Sukarno. (*)

Share :

Baca Juga

Bupati Kulonprogo menyerahkan secara simbolis rumah bantuan GKPY kepada Warji. (Foto: Humas Pemkab Kulonprogo)

Peristiwa

GKPY Wujudkan Mimpi Warji Miliki Rumah Sendiri
Bupati Sukoharjo, Etik Suryani bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sukoharjo menyerahkan bantuan perbaikan RTLH kepada Ngatmi. (Foto: Humas Kab Sukoharjo)

Peristiwa

Sambangi Warga, Bupati Sukoharjo Serahkan Bantuan Rehab RTLH
Manajemen Indomaret area Purwodadi memberikan bantuan paket sembako kepada PKL terdampak PPKM Level 4. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Grobogan)

Peristiwa

Indomaret Bagikan Paket Sembako bagi PKL di Purwodadi
Selain ASN di lingkungan Provinsi Jateng, Peni juga mengatakan aksi borong cabai dari petani juga akan dilakukan oleh ASN di daerah. Hal ini dilakukan untuk membantu petani agar tidak merugi. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Bantu Petani, Ganjar Perintahkan ASN Jateng Borong Cabai
Bupati Semarang Ngesti Nugraha saat menerima bantuan penanganan Covid-19 dari Bank Jateng Cabang Ungaran. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Kab. Semarang)

Peristiwa

Dua Minggu PPKM Darurat, Kasus Positif Turun 27 Persen
Ganjar Pranowo usai penandatanganan berita acara serah terima jabatan Ketua Umum Indonesiapersada.id dari ketua lama Saifullah Yusuf di Pasuruan Jawa Timur. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Ganjar Pranowo Tancap Gas Majukan Radio Daerah se-Indonesia
Gubernur DIY menandatangani naskah persetujuan bersama Raperda Tahun Anggaran 2020. (Foto: nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Gubernur Tandatangani Naskah Persetujuan Pertanggungjawaban APBD DIY 2020
Heroe Poerwadi saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang diinisiasi oleh shelter mandiri Warungboto Tangguh. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Shelter Mandiri Warungboto Tangguh Gelar Vaksinasi Massal