Home / Peristiwa

Minggu, 12 September 2021 - 22:57 WIB

Swadaya Masyarakat Rp1 M Selesaikan Jembatan Mbongos

Bupati Semarang Ngesti Nugraha meresmikan jembatan Mbongos yang menghubungkan Desa Kemambang dan Wirogomo. (Foto: Diskominfo Kabupaten Semarang)

Bupati Semarang Ngesti Nugraha meresmikan jembatan Mbongos yang menghubungkan Desa Kemambang dan Wirogomo. (Foto: Diskominfo Kabupaten Semarang)

NYATANYA.COM, Semarang – Setelah menunggu selama lima tahun lebih, akhirnya masyarakat Desa Kemambang dan Wirogomo Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang bisa bernafas lega. Pasalnya, impian mereka untuk membangun jembatan penghubung antardesa jadi kenyataan.

Kades Kemambang Heru Susanto menyampaikan, pembangunan jembatan panjang 12 meter dan lebar 4 meter diselesaikan selama empat bulan. Pembiayaan berasal dari dana APBN senilai Rp600 juta melalui Program Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) tahun 2021.

Baca juga   Pasar Ir Soekarno Jadi Percontohan Prokes, Pasar Lain Menyusul

“Antusias warga sangat besar. Mereka merelakan tanah miliknya untuk akses jalan tanpa ganti rugi. Swadaya masyarakat berupa tanah dari kedua desa itu mencapai Rp1 miliar,” terangnya usai peresmian Jembatan Mbongos yang menghubungkan Desa Kemambang dan Wirogomo, Sabtu (11/9/2021).

Heru yakin, keberadaan jembatan akan dapat meningkatkan taraf kehidupan warga kedua desa. Pasalnya di sekitar jalan penghubung sampai ke jembatan itu terdapat areal persawahan dan lahan pertanian milik warga.

Baca juga   Distan Pangan Antisipasi Dampak Hujan Abu Vulkanik Merapi

“Jembatan Mbongos itu mempermudah aktivitas warga kedua desa, terutama di sektor pertanian. Hubungan sosial juga semakin erat, karena transportasi menjadi lebih mudah,” ujar Heru.

Bupati Semarang Ngesti Nugraha, menyampaikan terima kasih atas perhatian anggota DPR RI Muchammad Herviano yang berperan merealisasikan aspirasi warga.

“Diharapkan jembatan ini dapat meningkatkan tingkat perekonomian warga sekitar,” kata bupati saat meresmikan jembatan tersebut yang ditandai dengan pengguntingan pita. (*)

Share :

Baca Juga

Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengunjungi sejumlah warga yang tengah menjalani isolasi mandiri. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Kunjungi Warga Isoman, Bupati Karanganyar Bagikan Jamu
Sejumlah pasien OTG yang semula menempati GOR Gelarsena mulai dipindahkan ke tempat isolasi terpusat Asrama Haji Donohudan, Boyolali. (Foto:nyatanya.com/Humas Klaten)

Peristiwa

51 Pasien OTG Asal Klaten Dipindahkan Ke Isolasi Terpusat Donohudan
Komandan Kodim (Dandim) 0735/Surakarta, Letkol Inf Wiyata Sempana Aji dan Wakil Walikota Surakarta Teguh Prakosa. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Surakarta)

Peristiwa

TMMD Reguler ke-111 Selesai, Teguh Prakosa Berpesan Agar Dirawat dan Dipelihara dengan Baik
Sekda Jateng, Prasetyo Aribowo. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemprov Jateng)

Peristiwa

Pemprov Jateng Segera Turun Tangan Bantu Warga Pendukung Proyek Bendungan Bener
Walikota Gibran Rakabuming memberangkatkan bantuan paket sembako untuk warga terdampak di Surakarta. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Gibran Berangkatkan 1.000 Paket Sembako dari Akpol Angkatan 91 untuk Warga Terdampak
Kegiatan vaksinasi di SMA Kolese De Britto. (Foto:nyatanya.com/istimewa)

Peristiwa

Sambut Tahun Ajaran Baru, SMA Kolese De Britto Vaksin 1.000 Siswa dan Keluarganya
Kapolres Magelang AKBP Ronald A Purba menyerahkan bantuan PPKM Darurat pada para wartawan. (Foto:nyatanya.com/Humas Magelang)

Peristiwa

Polres Magelang Serahkan Bantuan PPKM Darurat untuk Wartawan
Babinsa Koramil Tegalrejo menyambut kedatangan Wawali saat kunker ke wilayah Kelurahan Bener. (Foto: Koramil 02/Tegalrejo)

Peristiwa

Vaksinasi Massal di Kelurahan Bener, Babinsa Sambut Kedatangan Wawali