Home / Peristiwa

Jumat, 11 Februari 2022 - 11:41 WIB

Tagana DIY Gandeng Perempuan untuk Siaga Bencana

Tagana Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan diksusi bersama komunitas di Kalurahan Kepuharjo, Kapanewon Cangkringan pada Kamis (10/2/2022) di aula Kalurahan Kepuharjo dan dihadiri oleh komunitas perempuan Kepuharjo. (Foto: MC Sleman)

Tagana Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan diksusi bersama komunitas di Kalurahan Kepuharjo, Kapanewon Cangkringan pada Kamis (10/2/2022) di aula Kalurahan Kepuharjo dan dihadiri oleh komunitas perempuan Kepuharjo. (Foto: MC Sleman)

NYATANYA.COM, Sleman – Taruna Siaga Bencana (Tagana) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan diksusi bersama komunitas di Kalurahan Kepuharjo, Kapanewon Cangkringan pada Kamis (10/2/2022) di aula Kalurahan Kepuharjo dan dihadiri oleh komunitas perempuan Kepuharjo.

Dipilihnya komunitas perempuan karena tema kegiatan kali ini adalah perlindungan sosial korban bencana alam dan sosial dalam program penanganan bencana, terutama untuk perempuan.

Baca juga   Sah! Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Resmi Menjadi Suami Istri, Mas Kawin Logam Mulia 10, 12, 20, dan 22 Gram, Ini Maknanya

“Dalam situasi tanggap darurat bencana, perempuan termasuk ke dalam kaum rentan yang harus menjadi prioritas yang harus diselamatkan terlebih dahulu,” jelas Heri Paryana dari Tagana DIY.

Lebih lanjut Heri mengatakan walaupun menjadi prioritas saat evakuasi namun ketika di barak pengungsian perempuan menjadi motor penggerak utama termasuk di dapur umum, pelayanan kesesehatan dan banyak hal lain yang bisa terlibat.

Baca juga   Pemilihan Lurah di Kalurahan Trihanggo Masuki Tahap Kampanye Dialogis

Ia juga percaya kalau perempuan-perempuan di Kepuharjo sebenarnya sudah tangguh bencana karena sudah mengalami langsung kejadian erupsi Merapi 2010.

“Namun situasi sekarang yang juga ada Covid-19 membuat rencana kontigensi dan mitigasi berubah. Harus menerapkan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Heri berharap, dengan adanya kegiatan ini, peran perempuan ketika terjadi bencana, khususnya bencana erupsi Merapi bisa semakin meningkat.

(N1)

Share :

Baca Juga

Bupati Bantul saat meninjau Kelompok Ternak Pandan Mulyo. (Foto: Humas Bantul)

Peristiwa

Masuk Sektor Unggulan, Ternak Sapi Jadi Perhatian Bupati
Pemkab Kulon Progo meraih penghargaan dari Ombudsman RI sebagai Kabupaten Berpredikat Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik Tahun 2021. Penghargaan diserahkan langsung oleh Robert Na Endy Jaweng Anggota Ombudsman RI kepada Bupati Kulon Progo Sutedjo di ruang Menoreh Kantor Bupati Kulon Progo, Selasa, (15/2/2022). (Foto: MC Kab.Kulon Progo)

Peristiwa

Kulon Progo Raih Penghargaan Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik Tahun 2021
Enam orang nelayan asal Sumatra Utara yang ditangkap oleh Otoritas Malaysia dipulangkan melalui Pelabuhan Penyeberangan Internasional Batam Centre, sedangkan 2 nelayan lainnya dipulangkan melalui Bandara Soekarno-Hatta. (Foto: Dok.KKP)

Peristiwa

Delapan Nelayan Indonesia yang Ditangkap Otoritas Malaysia Dipulangkan
Walikota Haryadi Suyuti saat menerima Direktur Utama PGN M. Haryo Yunianto, Selasa (15/2/2022) di Ruang Yudhistira Balaikota Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Penggunaan Jargas untuk Rumah Tangga di Kota Yogya akan Disosialisasikan
Mahfud MD. Foto: YouTube Kemenko Polhukam

Peristiwa

SP3 Kasus Pemerkosaan Pegawai Kemenkop dan UKM Dibatalkan! Proses Hukum Berlanjut
Sunanto pemilik warung kopi bersama para pelajar yang memanfaatkan fasilitas wifi untuk mengikuti pembelajaran sekolah yang dilakukan secara daring. (Foto: Diskominfo Kab Boyolali)

Peristiwa

Pandemi, Warung Kopi Ini Jadi Tempat Sekolah Daring
Paguyuban pendorong gerobak Malioboro, Senin (7/2/2022) melakukan audiensi dengan Pemkot Yogyakarta terkait nasib mereka pasca relokasi PKL ke Teras Malioboro. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pendorong Gerobak Malioboro Nganggur Pasca Relokasi PKL, Begini Langkah Pemkot Yogya
Ketua TP PKK Kabupaten Kudus Mawar Hartopo menyerahan bantuan kepada lansia terdampak Covid-19. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Kudus)

Peristiwa

PKK Kudus Salurkan Bantuan untuk Lansia Terdampak Pandemi