Home / News

Rabu, 15 Juni 2022 - 12:28 WIB

Tahanan Korupsi Meningkat, KPK Tambah Kapasistas Rutan di Mako Puspomal TNI

Ketua KPK Firli Bahuri dalam audiensi KPK bersama Polisi Militer Angkatan Laut (Puspomal) TNI, di Gedung Merah Putih KPK. Foto: Dok KPK

Ketua KPK Firli Bahuri dalam audiensi KPK bersama Polisi Militer Angkatan Laut (Puspomal) TNI, di Gedung Merah Putih KPK. Foto: Dok KPK

NYATANYA.COM, Jakarta – Penambahan kapasitas Rumah Tahanan (Rutan) dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyusul meningkatnya jumlah tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi yang ditangani.

Hal itu disampaikan Ketua KPK Firli Bahuri dalam audiensi KPK bersama Polisi Militer Angkatan Laut (Puspomal) TNI, di Gedung Merah Putih KPK.

“Penyediaan fasilitas rumah tahanan oleh Puspomal TNI ini sebagai wujud sinergi KPK bersama aparat penegak hukum lainnya dalam menjalankan tugas pemberantasan korupsi,” kata Firli, seperti dalam keterangan tertulis yang diterima InfoPublik, Rabu (15/6/2022).

Ruang tahanan baru tersebut akan ditempatkan di Cabang Rumah Tahanan Kelas 1 Jakarta Timur KPK di Mako Puspomal, Jalan Boulevard Bukit Gading Raya Jakarta Utara.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, mengatakan penambahan ini untuk meningkatkan kualitas layanan rumah tahanan.

“KPK sebetulnya tidak ingin menambah ruang tahanan. Namun kian hari tersangka dugaan tindak pidana korupsi kian bertambah,” ungkap Alex.

Baca juga   Naik ke Penyidikan, Kejagung Periksa 11 Saksi Kasus Korupsi Proyek Satelit Kemhan

Senada dengan Alex, Wakil Ketua KPK lainnya, Nawawi Pomolango mengapresasi pemberian fasilitas ruang tahanan kepada KPK dalam mendukung upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.

“Fasilitas ini betul-betul membantu kerja pemberantasan korupsi,” ujar Nawawi.

Ruang tahanan baru KPK di Mako Puspomal TNI dibangun untuk kapasitas 16 orang tahanan. Rencananya, ruang tahanan tersebut akan digunakan bagi tahanan laki-laki.

Saat ini, KPK memiliki tiga Rutan yaitu Rutan Merah Putih di Jalan Kuningan Persada Kavling 4, Setiabudi, Jakarta Selatan; Rutan Guntur di Jalan Sultan Agung, Jakarta Selatan; serta Rutan C1 Gedung KPK lama, Jalan HR Rasuna Said Kavling C1 Setiabudi, Jakarta Selatan.

Rumah Tahanan Gedung Merah Putih KPK terisi 19 tahanan pria dari total kapasitas untuk 25 orang tahanan, untuk ruang tahanan wanita telah terisi 8 orang dan kapasitasnya telah penuh.

Baca juga   KPK Tangkap Tangan 9 Tersangka Suap Proyek dan Lelang Jabatan Kota Bekasi, Salah Satunya Walikota

Kemudian di Rutan Guntur terdapat 21 orang tahanan dari kapasitas 32 orang dan 13 tahanan dari 19 kapasitas di Rutan C1 Gedung KPK C1.

Komandan Pusat Polisi Militer AL (Danpuspomal) Laksamana Muda TNI Edwin menyatakan merasa senang dan suatu kehormatan pihaknya dapat turut serta membantu KPK dalam pemberantasan korupsi.

“Ke depannya, kami akan selalu mendukung dan membantu KPK,” ujarnya.

Kerja sama KPK dan Danpuspomal TNI juga terjalin dalam kegiatan pendidikan antikorupsi.

KPK akan melakukan kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis (bimtek) antikorupsi bagi para anggota Danpuspomal TNI beserta keluarganya, guna menumbuhkan budaya antikorupsi.

(PYE/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Tercatat secara kumulatif hingga Selasa (19/10), Polres Magelang telah berhasil memvaksinasi sebanyak 100.307 orang. Dengan rincian 56.788 orang vaksin dosis 1, ditambah 43.391 orang vaksin dosis 2, dan sebanyak 128 orang vaksin dosis 3. (Foto: Humas/beritamagelang)

News

Capaian Vaksinasi Covid-19 Polres Magelang Tembus 100 Ribu Orang
Foto: ANTARA

News

OJK Tegaskan Komitmen Mewujudkan Stabilitas, Pertumbuhan dan Penguatan IJK

News

Covid-19 Omicron di Indonesia Menjadi 572 Kasus, Hampir Setengahnya Selesai Isolasi
Foto: Pemkotmgl

News

Perkuat Toleransi, Pemkot Magelang Luncurkan “Rela Bersiaga”
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/aww

News

Foto: Dampak Gempa di Pasaman Barat
Menkominfo Johnny Gerard Plate, dan Dewan Pers tengah menjajaki model payung hukum rancangan aturan hak-hak penerbit (publisher right). (Foto: Wahyu/InfoPublik)

News

Menkominfo-Dewan Pers Jajaki Model Payung Hukum Publisher Right
Foto: Angkasa Pura I

News

AP I Prediksikan Lonjakan Penumpang Lebaran 2022 Mencapai 452 Persen
Ilustrasi kedatangan vaksin di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. (Foto: Riyadhy Budhy Nugraha/InfoPublik)

News

Indonesia Kembali Terima Kedatangan 5 Juta Dosis Vaksin Sinovac