Home / Wisata

Rabu, 4 Januari 2023 - 12:46 WIB

Tahun Ini Temanggung Fokus Kembangkan Wisata Alam, Lima Kecamatan Jadi Prioritas

Salah satu tempat wisata alam di Kabupaten Temanggung. Tahun 2023 ini Pemkab setempat akan fokus mengembangkan wisata alam. Foto: MC TMG

Salah satu tempat wisata alam di Kabupaten Temanggung. Tahun 2023 ini Pemkab setempat akan fokus mengembangkan wisata alam. Foto: MC TMG

NYATANYA.COM, Temanggung – Pada tahun 2023 ini, Pemerintah Kabupaten Temanggung melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar), fokus mengembangkan wisata alam.

Hal ini dikarenakan wisata alam di wilayah tersebut berpotensi besar diangkat ke kancah nasional hingga internasional.

“Di Temanggung selama ini masih dominan wisata alam, dan wisata buatan hanya Pikatan Water Park dan beberapa kolam renang lokal. Karena wisata alam masih mendominasi, maka di tahun 2023 ini kita masih mengembangkan wisata alam itu,” kata Kepala Dinbudpar Temanggung, Saltiyono Atmaji, saat dikonfirmasi Rabu (4/1/2023) disitat dari portal resmi Pemprov Jateng.

Atmaji menyebutkan, terdapat lima kecamatan yang potensi alamnya dapat diangkat ke kancah nasional hingga internasional, yakni Kecamatan Kledung, Ngadirejo, Tretep, Bejen, dan Wonoboyo.

“Di Kecamatan Kledung saat ini sudah ada Wisata Alam Posong, Sigandul View, dan Embung Kledung, yang mampu menarik kunjungan wisatawan dari luar daerah. Sementara di Kecamatan Ngadirejo sudah ada wisata kolam renang, Wisata Umbul Jumprit dan Situs Liyangan, sedangkan di Kecamatan Bejen, Tretep dan Wonoboyo, sudah ada Wisata Alam Kembang Arum dan pendakian Gunung Prahu,” imbuhnya.

Baca juga   Eks Taman Rekreasi Mendut Bakal Dibangun Kampung Mataram Kuno

Dijelaskan, guna pengembangan destinasi di lima kecamatan tersebut, Pemkab terus memperbaiki insfrastruktur pendukung berupa pelebaran dan pembangunan akses jalan menuju lokasi wisata tersebut.

Bahkan, Pemkab juga gencar melakukan promosi melalui media sosial, maupun event-event kesenian dan budaya.

“Pada tahun 2023 ini, pembangunan jalan akses ke lokasi wisata itu dari Kecamatan Ngadirejo hingga Sibajag. Di situ kan sekarang menjadi akses wisatawan luar daerah yang akan ke Dieng. Jadi kita manfaatkan itu agar wisatawan tidak hanya berkunjung ke Dieng, melainkan juga singgah dan menikmati destinasi yang kita punya, seperti Sibajag Green Canyon, Wisata Umbul Jumprit, dan juga rest area Jumprit yang baru selesai dibangun,” tegasnya.

Baca juga   Cegah Air Hujan, Candi Retno Kini Diberi Atap Peneduh

Saltiyono menyebutkan, pada libur Natal dan Tahun Baru 2023, kunjungan wisatawan di beberapa destinasi wisata di Temanggung sebanyak 35 ribu orang. Jumlah terbanyak kunjungan wisata ke Sigandul View dan Wisata Alam Posong di Kecamatan Kledung, yang mencapai lebih dari 20 ribu orang.

“Libur Natal dan Tahun Baru 2023 itu awalnya kita perkirakan 20 ribu orang, namun pada kenyataannya mencapai 35 ribu orang. Dari jumlah itu, kunjungan terbanyak ada di Sigandul View dan Wisata Alam Posong yang mencapai 20 ribu lebih, sisanya itu tersebar di beberapa destinasi, seperti Pikatan Water Park, Kolam Renang Simpleng, Wisata Botorono, dan Situs Liyangan,” pungkasnya.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Bupati Semarang H Ngesti Nugraha menyapa seorang bocah yang ikut tampil pada penampilan tarian perdana Rawa Pening Performing Art 2021. (Foto: MC Kab Semarang)

Wisata

Rawa Pening Performing Art 2021, Momentum Kebangkitan Pariwisata
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno. (Foto: InfoPublik)

Wisata

Hotel Tak Bisa Naikkan Tarif Seenaknya, Pemerintah Berlakukan Ambang Batas Harga Hunian Jelang MotoGP Mandalika
Wakil Bupati Bantul, Joko B. Purnomo saat meninjau pelaksanaan vaksinasi pelaku wisata di Goa Selarong. (Foto: Humas Kab. Bantul)

Wisata

Giliran Pelaku Wisata Goa Selarong Disasar Vaksin Covid-19
(nyatanya.com/Media Center Keraton Yogyakarta)

Wisata

Penutupan Wisata Keraton Yogyakarta Diperpanjang
Pemberian penghargaan kepada para juara pemilihan duta wisata Kabupaten Kendal Sinang dan Sinok 2021. (Foto: Diskominfo Kendal)

Wisata

Sinok dan Sinang 2021 Didorong Terlibat dalam Pembangunan di Kendal
Ganjar Pranowo saat menjajal offroad di Gunung Slamet. Foto: Humas Jateng

Wisata

Jajal Offroad Lereng Gunung Slamet, Ganjar Pranowo Rasakan Sensasi Ini
Salah satu potensi pengembangan pariwisata bahari di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil di Indonesia adalah wisata selam kapal tenggelam yang akan menawarkan petualangan baru bagi para penyelam dan memberikan gambaran sekilas tentang kehidupan masa lalu manusia karena kapal karam adalah Time Capsule bersejarah. (Foto: KKP/infopublik)

Wisata

KKP Teliti Arkeologi Maritim untuk Optimalkan Wisata Bahari Tidore
Masjid Tiban Wonokerso di Desa Sendangrejo, Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri. (Foto: Diskominfo Jateng)

Wisata

Jejak Wali Songo di Masjid Wonokerso Wonogiri, Cikal Bakal Pembangunan Masjid Demak