Home / News

Jumat, 10 September 2021 - 11:41 WIB

Tak Ada Korban Jiwa, Sawah Setinggi 250 Meter Longsor di Wonosobo

BPBD Kabupaten Wonosobo bersama warga membantu proses evakuasi tanah sawah yang longsor hingga mengakibatkan terputusnya saluran irigasi. (Foto: Diskominfo Wonosobo)

BPBD Kabupaten Wonosobo bersama warga membantu proses evakuasi tanah sawah yang longsor hingga mengakibatkan terputusnya saluran irigasi. (Foto: Diskominfo Wonosobo)

NYATANYA.COM, Wonosobo – Hujan lebat yang mengguyur sebagian wilayah Wonosobo, Rabu (8/9/2021) malam mengakibatkan tanah sawah seluas 50 meter persegi dengan tinggi mencapai 250 meter di Dusun Buaran, Desa Gunturmadu Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo longsor.

Meski tak ada korban jiwa, namun saluran irigasi terputus akibat tertutup tanah longsor. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonosobo bergerak cepat membantu proses evakuasi tanah sawah yang longsor hingga mengakibatkan terputusnya saluran irigasi.

Kepala Pelaksana BPBD Wonosobo, Bambang Triyono, menyebut akibat longsor yang terjadi setelah hujan lebat semalam sebelumnya itu, persawahan seluas sekitar 1 hektar terancam tidak teraliri air.

“Bersyukur sekali pada hari ini kami bersama relawan tanggap bencana, DPU PR serta warga setempat berhasil mengevakuasi longsoran tanah sawah bengkok Kades ini, sehingga saluran irigasi yang sempat terputus sudah dapat berfungsi kembali”, ungkap Bambang, Kamis (9/9/2021).

Baca juga   PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko Raih Joglosemar Tourism Awards 2021/2022

Bambang mengakui BPBD langsung terjun ke lokasi bencana setelah menerima laporan dari perangkat Desa setempat, bahwa terjadi musibah longsor yang menimpa tanah sawah milik warga RT 06 RW 03 bernama Subarman, serta tanah bengkok Kades.

Akibat longsornya tanah sawah tersebut, Bambang menyebut ada kerugian material senilai kurang lebih 50 Juta Rupiah karena tanah yang longsor sepanjang lebih dari 50 meter dan tinggi mencapai 250 meter.

“Korban jiwa tidak ada karena kejadian musibah adalah malam hari sehingga tidak ada warga yang berada di persawahan tersebut, namun demikian untuk korban kerugian materi cukup signifikan”, lanjutnya.

Selain membantu proses evakuasi tanah longsor, pada hari yang sama, Bambang juga mengaku pihaknya mendampingi Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat bertemu dengan korban kebakaran di lingkungan Jambon, Desa Wonoroto Kecamatan Watumalang.

Baca juga   Hebat! Ini Desa Pertama yang Memiliki Shelter Pasien Covid-19

“Kebakaran di Desa Wonoroto menimpa rumah milik Sukarto di RT 03 RW 08, yang mengakibatkan kerugian materiil senilai kurang lebih 30 Juta Rupiah dan tidak menimbulkan korban jiwa”, terang Bambang.

Dari keterangan pemilik rumah, kebakaran tersebut menurut Bambang diakibatkan oleh api yang berada di tungku dapur korban belum dimatikan saat ditinggal ke kebun.

Bupati bersama Camat Watumalang Amir Ma’ruf dan jajaran Forkompimca setempat menurut Bambang memberikan wejangan agar kejadian serupa jangan sampai terulang lagi, warga mesti lebih berhati-hati dan waspada terhadap setiap potensi-potensi kebakaran.

“Bapak Bupati juga memberikan santunan dan bantuan untuk meringankan beban keluarga korban kebakaran dalam bentuk bahan pokok dan sejumlah peralatan pendukung rumah tangga,” tandasnya. (*)

Share :

Baca Juga

(Ilustrasi:nyatanya.com)

News

Hari Ini 2.942 Warga DIY Sembuh Covid-19
Logo Pemda DIY. (nyatanya.com)

News

Pemda DIY Salurkan Dana Hibah Rp16,45 M untuk Koperasi
Sejumlah siswa SMAN 6 Semarang mulai ikuti pembelajaran tatap muka. Pihak sekolah tidak mewajibkan anak didiknya untuk membeli seragam baru. (Foto: Diskominfo Jateng)

News

Respons Imbauan Ganjar, SMAN 6 Semarang Tak Wajibkan Siswanya Beli Seragam
Pemkab Banyumas dan Cilacap sepakat jalin kerjasama tangani Covid-19. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Banyumas)

News

Banyumas-Cilacap Kolaborasi Tangani Covid-19
Awan panas guguran Gunung Merapi pukul 15.13 WIB. (Foto: nyatanya.com/BPPTKG)

News

Hari Ini Gunung Merapi 4 Kali Semburkan Awan Panas
Ganjar Pranowo. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda Jateng)

News

Jaga Pasokan Aman, Ganjar Bentuk Satgas Oksigen
Sebagian panitia dan nara sumber workshop foto bersama. Foto: nyatanya.com/Sulis

News

Kementrian Pemuda dan Olahraga Gelar Workshop Kreativitas Pemuda
Foto: nyatanya.com/istimewa

News

Dalam Sehari Sudah 13 Kali Gempa Guncang Banten