Home / News

Sabtu, 15 Januari 2022 - 20:42 WIB

Tak Berpotensi Tsunami, Gempabumi Tektonik Magnitudo 4,1 Bangkalan Dirasakan Warga Surabaya

(Foto: BMKG)

(Foto: BMKG)

NYATANYA.COM, Surabaya – Gempa berkekuatan Magnitudo 4,1 dirasakan di Kota Surabaya pada pukul 15.18 WIB. Gempa berasal dari kedalaman 14 kilometer ini mengguncang pada skala II MMI, mulai dari Bangkalan, Surabaya sampai Juanda di Sidoarjo, dan Sumenep.

Hasil analisa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menujukkan bahwa episenter gempabumi terletak pada koordinat 7.25° LS dan 112.92° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 23 km Tenggara Bangkalan Jatim, pada kedalaman 14 km.

Kepala Stasiun Geofisika Tretes, Djati Cipto Kuncoro, dalam keterangan persnya, di grup info publik BMKG, Sabtu (15/1/2022), menyampaikan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat patahan lokal RMKS Fault.

Baca juga   'Sambal Pedas Terasi' Dipakai Pemkot Yogya untuk Kelola Sampah, Mau Tau?

Sementara berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Bangkalan III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu), Juanda, Surabaya Timur, Surabaya Utara, Sumenep II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

“Gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” terangnya.

Baca juga   Cegah Banjir Mangkang Wetan, Ganjar Minta BBWS Bikin Tanggul Sementara

Dikatakannya, dalam perkembangannya hingga pukul 15.56 WIB dan hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Namun, ia mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Masyarakat diminta menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” tuturnya.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Foto: ANTARA

News

Jelang Pendaftaran Parpol Peserta Pemilu 2024, Bawaslu Kunjungi KPU karena Hal Ini
Direktorat Jenderal Pajak (DJP) memastikan data DJP termasuk data wajib pajak yang disimpan oleh DJP, dalam kondisi aman dan dapat diakses sebagaimana biasanya. (Foto: ANTARA)

News

Data Wajib Pajak Dipastikan Aman, Ini Saran Direktorat Jenderal Pajak
Foto: Humas Jateng

News

Terungkap! Pembebasan Lahan Jadi Kendala, Ganjar Bentuk Timsus Percepatan Pembanguan Tol Semarang-Demak
Penampakan aktivitas Gunung Merapi Rabu (23/6/2021) pukul 21.40 WIB.(Foto:nyatanya.com/BPPTKG)

News

Baru Saja, Gunung Merapi 2 Kali Luncurkan Awan Panas
Polisi menata barang bukti sabu saat pemusnahan barang bukti narkoba dan mengungkapkan Operasi Tumpas Narkoba Semeru di Polrestabes Surabaya, Jawa Timur, Jumat (24/9/2021). (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

News

Polri dan BNN Lacak Aliran Dana Bisnis Narkoba Rp120 Triliun
Anggota DPR RI Andika Pandu Puragabaya sosialisasikan 4 Pilar di Dlingti, Bantul. (Foto: Istimewa)

News

Bentengi Generasi Muda Nilai Pancasila, Andika Pandu Puragabaya Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Hari ini 39 Pasien Covid-19 di Magelang Sembuh
Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti menabuh gong menandai peresmian Logo HUT Ke-265 Kota Jogja. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

“Tanggap Tanggon Tuwuh”, Logo HUT Ke-265 Kota Jogja Diluncurkan