Home / Peristiwa

Jumat, 23 Juli 2021 - 22:40 WIB

Tamanan, Rubrik Ramah Anak dari Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta menghadirkan Rubrik Tamanan sebagai bentuk Kepedulian Keraton Yogyakarta terhadap pendidikan anak. (Foto:nyatanya.com/kratonjogja.id)

Keraton Yogyakarta menghadirkan Rubrik Tamanan sebagai bentuk Kepedulian Keraton Yogyakarta terhadap pendidikan anak. (Foto:nyatanya.com/kratonjogja.id)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Peringatan Hari Anak Nasional pada tanggal 23 Juli tahun ini terasa berbeda. Kondisi pandemi membatasi berbagai aktivitas, sehingga berdampak pada perkembangan anak untuk mengeksplorasi dunia luar.

Melihat kondisi demikian, Keraton Yogyakarta meluncurkan rubrik baru sebagai media alternatif bermain dan belajar di rumah, bernama ‘Tamanan’.

Kepedulian Keraton Yogyakarta terhadap pendidikan sudah dimulai sejak pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono I (1755-1792). Di dalam catatan sejarah, Sultan mendirikan Sekolah Tamanan sebagai pusat pendidikan anak di dalam lingkungan keraton pada tahun 1757. Tidak hanya kemampuan praktis yang diajarkan, Sekolah Tamanan juga mendidik Putra Dalem dengan pelajaran olah rasa termasuk tata krama.

Baca juga   PMI Purbalingga Terima Bantuan Konsentrator Oksigen

Terinspirasi dari hal tersebut, pada peringatan Hari Anak Nasional tanggal 23 Juli 2021, Keraton Yogyakarta menghadirkan rubrik ramah anak bertajuk “Tamanan”.

Rubrik Tamanan menghadirkan kartu bergambar untuk melatih kemampuan anak sebagai upaya pematangan fungsi otak. (Foto:nyatanya.com/kratonjogja.id)

Dalam keterangan resminya yang dirilis kratonjogja.id, Jumat (23/7/2021) dijelaskan, tema perdana yang diangkat ‘Tamanan’ adalah mengenalkan ragam hewan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Jawa.

Rubrik Tamanan menghadirkan kartu bergambar (flashcard). Setiap kartu memuat gambar dan informasi nama hewan dalam dua bahasa. Di samping itu, terdapat informasi mengenai sebutan untuk nama anak hewan dalam bahasa Jawa.

Tujuan pembuatan kartu bergambar ini adalah untuk melatih kemampuan anak sebagai upaya pematangan fungsi otak. Manfaat lainnya, anak dapat mengembangkan daya ingat, melatih konsentrasi, memperkaya perbendaharaan kata, dan membantu menumbuhkan minat baca.

Baca juga   'Pray From Home', Yogyakarta Panjatkan Doa Minta Perlindungan Hadapi Pandemi

Kartu bergambar ini juga dapat digunakan untuk mempererat hubungan emosional antara anak dengan orang tua. Perihal ini terjalin melalui interaksi aktif ketika orang tua mengajari anak saat belajar mengenai berbagai inromasi tentang binatang.

Kedepannya, berbagai tema seperti percakapan sederhana dalam bahasa Jawa, aksara Jawa, serta berbagai materi tentang budaya Jawa berbasis keluarga secara berkala akan terus ditampilkan. (*)

Share :

Baca Juga

Paskibraka Tahun 2021 Kota Yogyakarta resmi dikukuhkan. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Besok Pagi Siap Bertugas, Paskibraka Kota Yogya Dikukuhkan
Kelompok Wanita Tani Purwotani panen hasil tanam hidroponik. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Kelompok Wanita Tani Purwotani Panen Hidroponik
Seluruh pasar di Kabupaten Rembang akan buka kembali, tiap hari Jumat. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Seluruh Pasar di Rembang Mulai Buka, Tapi…
Tak cuma obat dan vitamin gratis, Pemkot Pekalongan juga membagikan oksigen dan cairan infus bagi warga isoman. (Foto: Diskominfo Kota Pekalongan)

Peristiwa

Dari Paket Obat, Oksigen dan Infus Gratis Dibagikan kepada Warga Isoman
Kubis dari tanah Ngablak banyak diminati masyarakat luar daerah. (Foto:nyatanya.com/Humas Magelang)

Peristiwa

Kubis Ngablak Diminati Konsumen Luar Daerah
Peti jenazah produksi mantan aktivis mahasiswa UGM. (Foto:nyatanya.com/@anang_batas)

Peristiwa

Prihatin Melonjaknya Kasus Corona, Mantan Aktivis Gelanggang Mahasiswa UGM Patungan Bikin Peti Jenazah
Heroe Poerwadi saat distribusi KKS di Kantor Kemantren Gondokusuman. (Foto:Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogya Distribusikan Tambahan Kartu Keluarga Sejahtera
Annisa sempat terkejut saat mengetahui orang yang menanyainya adalah Gubernur Ganjar. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Rezeki Nomplok, Annisa Dapat Sepeda dari Ganjar